Kopi Bukan Penyebab Kanker, Minuman Panaslah Pemicunya

Kopi Bukan Penyebab Kanker - Anda pecandu kopi? Jika ya, berarti tak beda dengan saya he he.. Belum lama ini WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) mencabut klaim dan mengklarifikasi bahwa kopi adalah penyebab kanker, yang konon katanya mengandung karsinogen. Kok, gampang ya main cabut aja. Padahal terlanjur banyak orang mempercayai hal tersebut selama hampir 25 tahun, sejak tahun 1991.

Kopi aman untuk dikonsumsi disimpulkan setelah 23 ilmuwan dari WHO melalui IARC (Agen Internasional untuk Penelitian Kanker) kembali menganalisis 1000 studi yang manyatakan bahwa kopi berisiko kanker.

Gambar Kopi Bukan Penyebab Kanker

Namun sangat mengejutkan, ternyata hasilnya bertolak belakang dengan pernyataan yang dikeluarkan 25 tahun lalu. Tidak ada bukti yang kuat dan bisa dipegang bahwa kopi adalah penyebab kanker. Pernyataan WHO ini dipublikasikan di Lancet Oncology.

Owen Yang mengungkapkan: "Saya tak yakin kopi menduduki peringkat pertama sebagai penyebab kanker, tak ada bukti kuat". Dia adalah seorang ahli epidemiologi di Universitas Oxford yang sebelumnya pernah memelajari kemungkinan adanya hubungan antara kopi dan kanker. Namun, harap diketahui bahwa Owen bukanlah bagian dari kelompok ahli IARC.

Kabar terbaru yang dihimpun dari IARC menemukan bawah mengkonsumsi minuman yang terlalu panas dapat memicu kanker. IARC meneliti beberapa negara seperti Tiongkok, Iran, dan beberapa wilayah di Amerika Selatan yang konon katanya penduduknya memiliki kebiasaan minum teh herbal dengan suhu sangat panas, yaitu di atas 65-70 derajat Celsius.

Wakil kepala program IARC Dana Loomis mengklasifikasi karsinogen mengungkapkan, mereka mulai menemukan hubungan dua hal tersebut setelah melihat pertumbuhan pengidap kanker cukup tinggi menyerang negara-negara yang masyarakatnya gemar minum kopi. Dia mengatakan, bahwa minuman pada suhu di bawah 60 derajat celsius, minuman panas dapat memanaskan kulit.

Minuman yang sangat panas dapat menyebabkan cedera termal di tenggorokan yang kemudian memicu pertumbuhan tumor.

Untuk mencegah ini, sebelum kita menyantap makanan dan minuman yang panas hendaknya ditunggu terlebih dahulu agar makanan atau minuman tersebut dingin.

Bagaimana? Sudah tidak khawatir kan? Tetapi, saya juga masih berfikir, jangan-jangan pernyataan tersebut di cabut lagi. Semoga saja memang kopi bukanlah penyabab kanker.

Dilansir dari Metrotvnews. com
Kopi Bukan Penyebab Kanker, Minuman Panaslah Pemicunya
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *