Minggu, 05 November 2017

45 Istilah JNE / Kode Status Pengiriman JNE dalam Tracking Resi Lengkap 2017

Enjang.com - Kali ini saya akan menjelaskan berbagai macam Istilah JNE atau Kode pengiriman JNE. Istilah-istilah dalam Tracking resi tentunya sudah tidak asing kita temui ketika kita berbelanja secara online. Saat berbelanja online kita akan menggunakan jasa kurir, salah satunya adalah JNE atau Jalur Nugraha Ekakurir.

JNE memang menjadi pilihan favorit setiap aktivitas transaksi jual beli secara online. Hal ini dikarenakan JNE memiliki banyak cabang di seluruh kota-kota besar di Indonesia bahkan sampai pedesaan. Kondisi ini tentunya meningkatkan kepercayaan pemakai jasa baik penjual maupun pembeli dalam menjamin keamanan pengiriman barang.

Pada saat kita memakai jasa atau memilih jasa ekspedisi JNE dalam pengiriman barang, biasanya kita akan mengenal berbagai kode atau istilah yang dinamakan Tracking Resi JNE. Tracking Resi ini berguna untuk mengecek sejauh mana barang atau paket kita kirim atau pesan telah berjalan. (silahkan cek pada situs resmi jne.co.id)
Istilah JNE
JNE

Bagi yang jarang atau baru saja menggunakan jasa ekspedisi Jalur Nugraha Ekakurir tentu akan bertanya berbagai istilah JNE saat mengecek langsung di website resmi JNE. Istilah JNE ini tertulis dalam kode-kode yang menjelaskan status keberadaan barang/paket yang dikirimkan.

Baca juga artikel kami tentang :

Pada artikel ini, saya akan menjelaskan arti istilah JNE atau kode Tracking yang digunakan oleh JNE secara lengkap. Berikut ini 46 istilah-istilah JNE atau kode status pengiriman saat kita Tracking Resi Terbaru 2017:
  1. Manifested artinya barang/paket yang akan dikirim sudah diterima di tempat JNE dan sudah siap tinggal menunggu proses pengiriman.
  2. On-Process artinya status paket/barang sedang dalam proses pengiriman dan pada tahap ini biasanya sedikit lama menunggu update informasinya.
  3. On-Transit artinya paket atau barang yang dikirim sedang transit di kota lain dan diikutkan dengan jadwal pengiriman menuju kota tujuan.
  4. Received on Destination artinya status barang/paket sudah diterima di cabang JNE kota tujuan pengiriman, namun masih belum dikirim ke alamat tujuan pengiriman.
  5. Delivered artinya status paket/barang yang dikirim sudah diterima di alamat tujuan. Untuk penerima bila anda tidak di rumah segera hubungi orang dirumah kalian untuk konfirmasi, sedangkan buat pengirim tidak ada salahnya mengontak penerima menanyakan apakah paket/barang sudah sampai rumah.
  6. AU (Antar Ulang) artinya status barang atau paket anda sudah dibawa kurir untuk dikirim tapi karena belum sempat diantar pada hari sebelumnya maka akan dikirim kembali hari ini atau hari berikutnya.
  7. BA (Bad Address) artinya alamat tujuan pengiriman barang/paket tidak jelas atau salah. Hal ini bisa terjadi karena kesalahan pada penulisan alamat tujuan pengiriman.
  8. CC (Criss Cross) artinya paket/barang yang dikirim tertukar dengan paket milik orang lain.
  9. MR (Misroute) artinya pengiriman paket/barang kalian salah menggunakan jalur atau tujuan pengiriman yang salah. Pihak JNE akan segera membenarkan kesalahan baik jalur pengiriman paket yang digunakan atau tujuan pengiriman paket.
  10. Redelivery artinya paket/barang akan dikirimkan kembali oleh pihak JNE. Hal ini terjadi karena penerima tidak ada di rumah saat kurir mengantar paket.
  11. Cnee Unknown (consignee unknown) artinya Nama penerima atau orang yang menerima paket tidak dikenali. Hal ini bisa terjadi karena kesalahan dalam menuliskan nama penerima paket/barang yang kita kirim.
  12. CODA (Close Once Delivery Attempt) maksudnya adalah status paket telah dikirim oleh kurir JNE, namun alamat penerima salah atau alamat tidak ada. Jika muncul kode CODA, sebaiknya anda menghubungi kantor cabang JNE terdekat.
  13. NTH (Not at Home) arti atau maksudnya ketika paket/barang diantar kurir ke alamat tujuan, penerima tidak berada dirumah, bisa juga karena tidak ada orang yang menerima paket tersebut.
  14. Box Undel/BU (Box Undelivey) artinya adalah status paket pengiriman tidak terkirim atau sudah dikirim namun penerima tidak ada. Hal ini bisa terjadi jika kurir sudah sampai tujuan dan menghubungi penerima berkali-kali namun tidak direspon.
  15. Box Delay maksudnya barang/paket sudah berada di kantor JNE namun tidak dikirimkan karena alamat kurang lengkap atau membingungkan. Jika ini terjadi, segeralah mengambil di kantor pusat JNE kota setempat bukan di kantor cabangnya.
  16. Invalid Bag maksudnya status paket/barang kalian salah masuk tas pengiriman sehingga masuk pada jalur pengiriman yang salah. Jika ini terjadi, kalian hanya perlu menunggu update informasi dari pihak JNE.
  17. Status kosong artinya Tidak ada informasi berupa nama tujuan pengiriman maupun asal pengirim. Ini terjadi karena kesalahan menulis atau input data informasi paket di JNE asal pengiriman atau database sedang eror.
  18. Hold (HO) artinya paket atau barang kiriman ditahan oleh pihak JNE. Jika hal ini terjadi segera hubungi kantor cabang JNE terdekat.
  19. LBA (Luar Batas Antar) artinya paket/barang yang anda kirimkan memiliki tujuan pengiriman diluar batas. Hal ini bisa terjadi karena alamat pengiriman terletak di daerah terpencil atau jauh dari jangkauan. 
  20. Hand Over artinya paket atau barang anda sudah diterima oleh agen JNE terdekat dengan tujuan penerima paket.
  21. AU to OPS artinya barang/paket yang sebelumnya tidak sampai ke penerima. Barang tersebut diserahkan ke bagian Operasional JNE untuk dikirimkan kembali ke tujuan pengiriman.
  22. HVS (High value shipment) artinya barang atau paket yang dikirimkan termasuk kategori bernilai tinggi atau benda berharga.
  23. CL  (CLOSE) artinya saat kiriman paket atau barang diantar ke alamat tujuan, keadaannya tutup atau kosong.
  24. Pending Undel Artinya paket kalian tidak terkirim (Undelivered) dan biasanya masih ditunda (Pending) menunggu proses pengiriman berikutnya. Jika hal ini terjadi, silahkan ambil sendiri paket kalian di agen JNE terdekat.
  25. FW (forward) artinya paket atau barang kiriman kalian diteruskan ke agen JNE di kota tujuan lokasi pengiriman.
  26. HO to HVS artinya barang atau paket kiriman kalian ditahan (Hold) pada bagian pengiriman benda atau barang berharga (High Value Shipment).
  27. AU EX UNDEL artinya paket atau barang kalian akan dikirim ulang. Hal ini bisa terjadi karena sebelumnya tidak bisa diantar ke alamat tujuan pengiriman akibat beberapa faktor.
  28. Handover Closing artinya paket atau kiriman kalian sedang dalam proses pengiriman ke kota tujuan penerima paket.
  29. BT atau Batal artinya status paket kiriman anda dibatalkan atau tidak dikirim. Hal tersebut disebabkan ada masalah pihak JNE bersangkutan, biasanya akan dikirimkan kembali jika masalah telah selesai. Jadi anda hanya perlu menunggu barang sampai ke tujuan pengiriman.
  30. Hold Rusak artinya Kode ini muncul ketika paket atau barang ditahan karena telah terjadi kerusakan pada paket kiriman. Pihak JNE akan menginformasikan tempat barang/paket mengalami kerusakan.
  31. Ada Jadwal Antar maksudnya paket/barang kiriman kalian sudah diikutkan pada jadwal antar dan sedang menunggu giliran untuk dikirim oleh kurir.
  32. Lain-lain artinya status atau kode ini digunakan jika paket kiriman belum diketahui keadaannya atau tidak ada alasan khusus.
  33. HO to SHODIQ memiliki arti paket/barang kiriman kalian ditahan oleh JNE. Biasanya akan ada informasi pada bagian JNE yang mana barang ini ditahan.
  34. TLP Cnee NR artinya nomor telepon penerima paket sudah dihubungi kurir tapi tidak diangkat, selanjutnya barang tersebut dibawa kembali oleh kurir ke kantor cabang JNE terdekat.
  35. HVS Mobil To artinya menurut saya kode ini berarti paket atau barang bernilai tinggi (HVS) akan dikirim menggunakan mobil menuju alamat penerima paket.
  36. Box Hvs Seg artinya barang berharga atau bernilai tinggi sudah berada di agen JNE pada kode lokasi yang dituliskan di akhir status tracking resi.
  37. AS INFO SHIPP DI (AS KURIR) maksudnya barang atau paket kiriman kalian sudah berada di tangan kurir dan sedang dalam proses pengiriman menuju lokasi tujuan pengiriman paket.
  38. Box Safety HVS artinya paket kalian termasuk barang bernilai tinggi atau barang berharga dan dimasukkan dalam bagian yang aman untuk mencegah kerusakan dan menjaga keamanan paket.
  39. With Delivery Courier berarti barang kiriman kalian sedang dalam perjalanan diantar oleh kurir ke alamat penerima paket.
  40. Shipment Forwarded to Destination berarti barang atau paket kalian dikirim ke kantor JNE terdekat dengan kota tujuan atau sudah sampai di kota tujuan tempat lokasi penerima paket.
  41. Received at Ware House artinya Paket atau barang kiriman kalian sudah sampai gudang JNE terdekat dengan kota tujuan pengiriman.
  42. Departed From Transit artinya barang atau paket anda sudah berada di tempat transit milik JNE.
  43. Received at Sorting Center artinya barang atau paket kiriman kalian sedang disortir di tempat penyortiran sebelum dikirim ke lokasi tujuan.
  44. Shipment received by JNE counter officer at artinya barang atau paket kiriman kalian sudah diterima oleh JNE pusat. Setelah ini akan dijalurkan ke cabang terdekat dengan lokasi tujuan pengiriman paket.
  45. Nama Kota artinya lokasi barang atau paket kiriman saat cek resi (Tracking Resi).
Demikian 45 Istilah JNE atau Kode Status Pengiriman JNE dalam Tracking Resi Lengkap 2017. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kalian yang sedang merintis bisnis online atau berbelanja secara online.

Related Posts

45 Istilah JNE / Kode Status Pengiriman JNE dalam Tracking Resi Lengkap 2017
4/ 5
Oleh

Contact Me

Nama

Email *

Pesan *