Proses Kegiatan Ekonomi dan Contoh Kegiatan Ekonomi

Proses kegiatan ekonomi - Kegiatan ekonomi berlangsung karena adanya kebutuhan manusia. Kegiatan ekonomi masyarakat terdiri atas kegiatan konsumsi, produksi dan distribusi. Ketiga kegiatan ekonomi tersebut saling berhubungan satu sama lain.

Pengertian Proses Kegiatan Ekonomi

Kegiatan Konsumsi berupa pembelian suatu barang dan jasa yang dilakukan golongan masyarakat konsumen. Keberadaan barang dan jasa tersebut dihasilkan atau diproduksi oleh golongan masyarakat produsen (kegiatan produksi).

Setelah kegiatan produksi, barang atau jasa hasil produksi disalurkan atau didistribusikan (kegiatan distribusi) oleh pelaku-pelaku ekonomi seperti pedagang, grosir, dan perusahaan transportasi. Jadi, kegiatan distribusi merupakan bentuk kegiatan ekonomi untuk menyampaikan barang dan jasa produksi dari golongan masyarakat produsen ke golongan masyarakat konsumen.

Proses Kegiatan Ekonomi
Proses Kegiatan Ekonomi

Dari pengertian ketiga kegiatan ekonomi diatas maka akan dapat diambil pengertian proses kegiatan ekonomi. Proses kegiatan ekonomi adalah sebuah proses ekonomi baik kegiatan konsumsi, produksi, distribusi yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup atau meningkatkan ekonomi individu/perusahaan.

Contoh proses kegiatan ekonomi misalnya pada sektor pertanian. Para petani memproduksi padi dengan menanamnya di sawah. Setelah dipanen, padi disalurkan (didistribusikan) ke konsumen melalui para pedagang beras. Beras yang telah dibeli konsumen kemudian dikonsumsi sebagai makanan pokok.

Pengertian Kegiatan Ekonomi (Produksi, Distribusi, Konsumsi)

1. Kegiatan Produksi

Kegiatan Produksi merupakan kegiatan ekonomi pertama (awal). Dalam kegiatan produksi terjadi proses produksi barang dan jasa dengan cara mengkombinasikan factor-faktor produksi yang ada sampai barang dan jasa terbentuk atau siap dikonsumsi. Faktor-faktor produksi berupa alam, tenaga kerja, modal, dan kewirausahaan.

2. Kegiatan Distribusi

Kegiatan Distribusi merupakan kegiatan ekonomi kedua setelah kegiatan produksi. Setelah barang dan jasa diproduksi oleh para produsen, barang dan jasa tersebut disalurkan/didistribusikan ke tangan konsumen agar dimanfaatkan dengan baik.

3. Kegiatan Konsumsi

Kegiatan Konsumsi merupakan kegiatan ekonomi ketiga. Dengan kegiatan distribusi, barang dan jasa sampai ke tangan konsumen sehingga barang dan jasa tersebut bisa dimanfaatkan, dipakai, dan digunakan (dikonsumsi) masyarakat konsumen.

Pelaku Kegiatan Ekonomi

Kegiatan ekonomi selalu diikuti proses pemindahan kepemilikan (alur) barang dan jasa serta diikuti alur uang sebagai kebalikan prose barang dan jasa. Kegiatan ekonomi biasanya diperankan oleh pelaku ekonomi berdasarkan jenis rumah tangga.

Dengan demikian, kegiatan ekonomi dalam perekonomian Negara dilakukan oleh pelaku ekonomi Negara. Berikut ini kegiatan ekonomi yang dilakukan pelaku ekonomi:
a. Rumah Tangga Produsen (RTP)
b. Rumah Tangga Konsumen (RTK)
c. Rumah Tangga Pemerintah/Government (RTG)
d. Rumah Tangga Luar Negeri (RTLN)

Keempat pelaku ekonomi ini saling berhubungan dengan cara melakukan transaksi sehingga terjadi arus barang dan arus uang. Pada artikel selanjutnya kita akan membahas lebih jelas tentang pelaku kegiatan ekonomi dan kegiatan ekonomi masyarakat.

Demikian penjelasan secara lengkap mengenai Proses Kegiatan Ekonomi dan contohnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bisa menjelaskan dengan jelas apa itu proses kegiatan ekonomi yang terjadi dalam masyarakat Indonesia. Enjang.com

Related Posts

Previous
Next Post »

0 komentar