Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

10 ciri makhluk hidup

12 Maret 2014 | Biologi

10 ciri makhluk hidup. Banyak percobaan yang dilakukan oleh para ahli untuk dapat menjawab pertanyaan, apakah yang dimaksud dengan hidup? Sampai sekarang pertanyaan ini belum juga bisa terjawab. Hidup atau kehidupan lebih mudah untuk dikenal daripada didefinisikan.

Makhluk hidup memperlihatkan ciri-ciri yang tidak diperlihatkan oleh benda tak hidup. Ciri-ciri tersebut adalah nutrisi, transportasi, respirasi, ekskresi, sintesis, pertumbuhan dan perkembangan, regulasi, iritabilita, reproduksi dan adaptasi. Setiap makhluk hidup melakukan kegiatan-kegiatan fungsional seperti yang diperlihatkan oleh ciri-cirinya. Marilah kita bahas satu persatu.

Ciri makhluk hidup

1. Nutrisi
Setiap makhluk hidup perlu makanan. Zat makanan yang diperoleh digunakan untuk menyususn tubuh dan untuk menghasilkan energi.

2. Transportasi
Zat-zat makanan yang diperoleh makhluk hidup perlu diedarkan ke seluruh tubuh. Untuk itulah di dalam tubuh makhluk hidup terjadi proses pengangkutan dan peredaran zat.

3. Respirasi
Untuk dapat menghasilkan energi, zat-zat makanan yang berupa organik harus dipecah menjadi senyawa-senyawa yang lebih sederhana. Proses ini terjadi dengan bantuan oksigen atau tanpa bantuan oksigen.

4. Ekskresi
Respirasi disamping menghasilkan energi, juga menghasilkan zat sisa/sampah yang bersifat racun bagi tubuh. Oleh karena itu harus dikeluarkan.

5. Sintesis
Merupakan proses penyusunan zat-zat baru pembentuk protoplasma dengan bantuan energi hasil respirasi.

6. Pertumbuhan dan perkembangan
Pertumbuhan terjadi sebagai akibat tambahnya zat-zat baru yang pada akhirnya juga akan menyebabkan pertambahan jumlah dan ukuran sel.

7. Regulasi
Agar proses-proses yang terjadi di dalam tubuh berlangsung teratur, diperlukan sistem pengaturan atau regulasi.

8. Iritabilita
Setiap makhluk hidup mempunyai kemampuan untuk memberikan reaksi terhadap rangsangan.

9. Reproduksi
Merupakan usaha makhluk hidup untuk mempertahankan jenisnya agar terhindar dari kepunahan.

10. Adaptasi
Juga merupakan usaha makhluk hidup untuk mempertahankan keberadaannya dengan cara menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Itulah 10 ciri makhluk hidup.

Related For 10 ciri makhluk hidup