Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

10 macam gangguan pada sistem pencernaan

1 Juni 2015 | Biologi
10 macam gangguan pada sistem pencernaan. Apabila anda menelan sepotong makanan maka katup tenggorokan akan menutup bagian atas dari batang tenggorokan. Makanan lalu meluncur turun ke kerongkongan dan ke dalam sistem pencernaan. Akan tetapi, proses tersebut dapat menuju ke jalan yang salah. Jika suatu saat anda secara tidak sengaja menarik nafas pada saat menelan makanan, maka katup tenggorokan akan membuka.
Akibatnya makanan masuk ke batang tenggorokan sehingga anda akan merasa tercekik dan menjadi sulit bernafas. Itulah yang disebut tersedak.
10 istilah gangguan pencernaan
Seperti pada sistem organ lainnya, sistem pencernaan dapat mengalami gangguan. Gangguan tersebut biasanya diakibatkan karena kekurangan satu atau beberapa bahan makanan. Beberapa gangguan pada sistem pencernaan adalah sebagai berikut :
1. Gastritis
Berarti peradangan mukosa lambung. Gangguan tersebut sangat umum pada manusia, terutama usia lanjut. Jenis gangguan tersebut dapat disebabkan oleh infeksi bakteri mukosa lambung.
2. Ulkus peptikum
Umumnya terjadi pada pangkal usus dua belas jari yang disebabkan sekresi cairan lambung berlebihan dan sebagian masuk ke dalam usus dua belas jari, sehingga menjadi asam.
3. Kegagalan pankreas
Penyebab gangguan pencernaan yang paling berat adalah kegagalan pankreas menyekresikan cairannya ke dalam usus dua belas jari. Kegagalan tersebut dapat menyebabkan lemak, karbohidrat, dan protein sebagian besar tidak dicerna karena tidak disekresi enzim dari pankreas. Tidak dicernanya sari makanan menyebabkan makanan tidak dapat diserap dalam usus halus sehingga feses yang diekskresikan banyak mengandung lemak.
4. Malabsorpsi oleh usus kecil
Sering disebut sariawan, gangguan tersebut dapat disebabkan oleh beberapa penyakit yang dapat menurunkan absorpsi makanan dalam usus walaupun makanan telah dicerna dengan baik.
5. Konstipasi atau sembelit
Gangguan tersebut karena pelannya pergerakan tinja dalam usus besar yang sering berhubungan dengan tinja kering dan keras dalam kolon desenden. Penyerapan cairan berlangsung lama sehingga susah buang air besar karena proses kekurangan cairan.
6. Megakolon
Gangguan tersebut dapat disebabkan konstipasi yang begitu parah, sehingga terjadi penumpukan feses dalam kolon, akibat gangguan tersebut yang bersangkutan dapat membuang feses seminggu sekali.
7. Diare
Terjadi akibat pergerakan yang cepat dari materi tinja. Diare dapat disebabkan entritis, diare psikogenik, dan kolitis ulserativa.
8. Muntah
Merupakan salah satu usaha saluran pencernaan membersihkan dirinya sendiri ketika hampir semua bagian atas saluran pencernaan terinfeksi secara luas, mengembang atau sangat terangsang.
9. Mual
Merupakan salah satu gejala awal muntah.
10. Apendiksitis
Infeksi atau peradangan yang terjadi pada usus buntu (umbai cacing).
Diet makanan tidak sehat dapat menimbulkan penyakit pada tubuh kita, pserti penyakit kardiovaskular dan kanker.
Itulah 10 macam gangguan pada sistem pencernaan, semoga menambah pengetahuan kita semua untuk menjaga selalu kesehatan pencernaan.

Related For 10 macam gangguan pada sistem pencernaan