Skip to main content

Tips meringankan print output pada CorelDRAW

Tips meringankan print output pada CorelDRAW. Berdasarkan pengalaman terdahulu, suatu saat saya pernah ngeprint undangan di CorelDRAW. Karena belum pengalaman, setelah selesai mendesain langsung saja saya print.

aya tunggu hampir seperempat jam, ternyata loading pengiriman datanya belum juga usai, padahal jumlah undangannya lumayan banyak. Terpaksa ngprint saya cancel.

Saya berfikir, kenapa ya begitu berat loading printya? Ternyata banyaknya efek dan image pada sebuah desain mempengaruhi beratnya output print. Hemmm... padahal undangan harus segera dicetak.

Beberapa saya utak-utik untuk mencari solusi. Pertama saya coba convert ke bitmap ternyata hasil outpunya tidak memuaskan, kedua saya coba export to JPEG selain memakan memory banyak hasilnyapun tak begitu memuaskan.

He hee... pusing, tapi mengasyikkan lhoh. Langkah berikutnya saya coba file tersebut saya jadikan PDF. Wow, ternyata sukses. Selain ukuran filnye lebih kecil, hasil outputnyapun tidak mengecewakan. Sampai sekarangpun teknik ini masih saya pakai.

Jika anda belum pernah melakukan hal seperti di atas, caranya sebagai berikut :

1. Buka CorelDRAW.

2. Buka file cdr anda yang anda anggap paling berat.

3. Klik menu File, pilih Publish To PDF.

4. Setelah muncul jendela baru, pilih folder di mana anda menyimpannya, beri nama file PDFnya, lalu klik Save.

5. Tunggu prosesnya beberapa saat hingga selesai.

6. Tutup CorelDRAW anda. Jika sekarang anda ingin langsung mengeprintnya, anda tidak perlu lagi membuka CorelDRAW. Buka file PDF yang anda simpan tadi, dan anda dapat langsung mengeprintya. Dijamin akan sangat ringan.

Jika ada rekan yang punya tips lain share di sini ya, mari berbagi. Selamat mencoba

Popular posts from this blog

75 istilah ekonomi lengkap

Setelah sebelumnya admin telah memberikan informasi tentang istilah bidang kesenian dan kebudayaan, selanjutnya admin akan menuliskan info tentang istilah ekonomi lengkap. Dalam artikel tentang ekonomi atau berita ekonomi indonesia sering kita dengar istilah-istilah yang kurang kita mengerti, atau sebenarnya kita mengetahui maksudnya namun tak mampu menjelaskan atau menjabarkannya secara rinci kepada orang lain.

Untuk itu, berikut kami tuliskan daftar istilah dalam bidang ekonomi dalam 75 istilah ekonomi : Aset : kekayaan.Akumulasi : proses penambahan modal (uang tunai, mesin-mesin, dsb.Bankir : orang yang memperdagangkan uang ; cukong.Bank : kantor penyimpanan, perkreditan keuangan.Banker : direktur bank.Barter : perdagangan dengan saling menukar barang.Bonanza : sumber rejeki (keuntungan, kebahagiaan).Bonus : honor tambahan di luar gaji (uang ekstra).Brankas : lemari tempat menyimpan uang, barang-barang berharga.Bursa : tempat memperjualbelikan saham.Butik : toko yang menjual barang…

67 Istilah Pertanian Lengkap

Dalam bidang pertanian dikenal banyak istilah pertanian yang biasa diterapkan dalam kalimat yang tentunya berhubungan dengan dunia pertanian. Namun, meski kita sering mendengar dan tahu maksud istilah tersebut, saat kita ditanya dan disuruh mendeskripsikan ternyata kesulitan. Untuk itu, kali ini Enjangcom akan memberikan informasi tentang istilah-istilah dalam bidang pertanian dan penjelasannya. Istilah-istilah tersebut kami rangkum dalam 67 istilah pertanian, selengkapnya sebagai berikut : Agrobisnis : melakukan usaha perdagangan dalam bidang hasil-hasil pertanian.Agraria : urusan pertanian atau tanah pertanian.Airdas : pengairan dasar.Amubu : alat memupuk dan menabur.Amuru : alat memupuk dan menggaru.Apiani : peternak lebah.Agrisilvikultur : pertanian rakyat yang dilakukan di areal kehutanan.Agroindustri : industri di bidang pertanian.Ammonifikasi : proses peruraian bahan organik oleh mikro-organisme menjadi amoniak.Benih : bibit tanaman yang akan ditebar, diternak, dan lain-lain.Da…

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain. Selain koperasi, ada beberapa badan usaha lain yang bergerak dalam bidang ekonomi, antara lain toko, firma, persekutuan komanditer (CV), dan perseroan Terbatas (PT). Usaha yang dilakukan koperasi berbeda dengan yang dilakukan badan usaha lain tersebut.
Perbedaan koperasi dengan badan usaha lain ada tujuh, yang tentu saja jika dibandingkan lebih menguntungkan koperasi, perbedaan yaitu sebagai berikut :
NoKoperasiBadan Usaha Lain1Mengutamakan kesejahteraan anggotaMengutamakan kepentingan perusahaan2Keanggotaan bersifat sukarelaKeanggotaan terbatas3Modal dari simpanan anggotaModal dari penjualan saham, perorangan, atau kelompok4Berbadan hukumAda yang tidak berbadan hokum5Pengurus dipilih anggotaPengurus ditentukan oleh pemegang saham6Terdapat pembagian SHU menurut jasa anggotaTidak ada pembagian SHU7Keuangan bersifat terbukaKeuangan bersifat tertutup
Dari, ketujuh perbedaan tersebut, mungkin anda terdorong untuk mendirikan usaha koperasi? Jika…