Skip to main content

Bapak ibu, janganlah kalian bercerai

Bapak ibu, janganlah kalian bercerai. Tak salah orang berkata bahwa kehidupan ini bak roda berputar. Begitu juga kehidupan berumah tangga. Berbagai rasa melengkapi di sana. Bahagia, sedih, gembira, suka duka dan seabrek rasa melengkapi sebuah kehidupan rumah tangga.

Dari sana banyak hal yang bisa kita pelajari, mulai bagaimana kita harus berkomunikasi dengan pasangan hingga bagaimana menyelesaikan suatu masalah dengan pasangan.

Saat kehidupan berumah tangga dalam keadaan tercukupi baik rohani maupun materi, tentunya kehidupan akan terasa sangat menyenangkan untuk dijalani bersama. Semua serba indah. Tetapi bagaimana jika kehidupan berumah tangga serba kekurangan? Apakah yang anda rasakan dan lakukan untuk itu?

Bagi  seorang ibu dan bapak rumah tangga yang memang benar-benar bertekad bulat ingin membangun sebuah rumah tangga tangga yang damai sentosa, saya kira kekurangan bukanlah satu alasan untuk berlari dari keluarga. Justru hal tersebut adalah pembelajaran. Mereka akan selalu belajar memahami apa yang terjadi, bagaimana menghadapi dan bagaimana menyelesaikannya dengan bijak.

Tetapi, bagi seorang ibu ataupun bapak yang memang tak punya tekad bulat untuk membangun sebuah rumah tangga yang kuat, biasanya mereka tidak betah dengan keadaan tersebut, sebagai jalan pintas mencari pelarian. Minuman, kehidupan malam, hingga mencari wanita idaman lain ataupun pria idaman lain. Sesaat mereka akan melupakan segala permasalahan yang ada. Mereka tak pernah berfikir bagaimana nantinya keluarga dan anak-anak.

Satu pengalaman yang menerpa kehidupan keluarga dekat saya. Sebut saja namanya Budi. Sejak SD ayah dan ibunya bercerai, masing-masing baik bapak maupun ibunya telah mempunyai keluarga sendiri. karena sesuatu hal dia memilih hidup dibawah bimbingan kakeknya. Dalam hal ekonomi tak kekurangan, apapun yang ia minta dapat terpenuhi. Apalagi om maupun buliknya selalu memberinya uang sekali waktu.

Namun, apa yang terjadi? Setelah dia menginjak usia dewasa, kenakalannya menjadi. Mulai dari mabuk, perkelahian, balap motor liar selalu mengisi hari-harinya. Dia baik dengan saya, sayapun belum berusaha menasehatinya. Suatu saat dia habis mabuk, dan main ke tempat saya. Dia ngoceh sambil tertawa-tawa, akupun berusaha mengimbanginya dengan ikut tertawa.

Selang beberapa saat dia terdiam, entah apa yang dia fikirkan. Tiba-tiba ia berteriak tertahan dalam bahasa Jawa. Yang intinya dia menyesali mengapa Bapak Ibunya dulu harus bercerai? Kata itu berulang kali dia ucapkan. Saya berusaha meredam dengan pelan. Saya katakan bahwa suatu saat hal itu ada hikmah tersendiri yang akan membuat hidupmu lebih baik. Sedikit demi sedikit ia pun reda dan singkat kata ia pamit pulang.

Dari kejadian itu saya merenung, sekarang saya mengerti mengapa anak itu nakal dan suka bertindak sesuka hatinya, ternyata perceraian bapak ibunyalah yang menyebabkan ia begitu. Kehidupan ekonomi yang serba cukup belum tentu membuat seseorang bisa hidup damai dan bahagia. Kasih sayang dari orang tua lebih utama.

Semoga secuil pengalaman ini menjadikan wacana.

Popular posts from this blog

75 istilah ekonomi lengkap

Setelah sebelumnya admin telah memberikan informasi tentang istilah bidang kesenian dan kebudayaan, selanjutnya admin akan menuliskan info tentang istilah ekonomi lengkap. Dalam artikel tentang ekonomi atau berita ekonomi indonesia sering kita dengar istilah-istilah yang kurang kita mengerti, atau sebenarnya kita mengetahui maksudnya namun tak mampu menjelaskan atau menjabarkannya secara rinci kepada orang lain.

Untuk itu, berikut kami tuliskan daftar istilah dalam bidang ekonomi dalam 75 istilah ekonomi : Aset : kekayaan.Akumulasi : proses penambahan modal (uang tunai, mesin-mesin, dsb.Bankir : orang yang memperdagangkan uang ; cukong.Bank : kantor penyimpanan, perkreditan keuangan.Banker : direktur bank.Barter : perdagangan dengan saling menukar barang.Bonanza : sumber rejeki (keuntungan, kebahagiaan).Bonus : honor tambahan di luar gaji (uang ekstra).Brankas : lemari tempat menyimpan uang, barang-barang berharga.Bursa : tempat memperjualbelikan saham.Butik : toko yang menjual barang…

67 Istilah Pertanian Lengkap

Dalam bidang pertanian dikenal banyak istilah pertanian yang biasa diterapkan dalam kalimat yang tentunya berhubungan dengan dunia pertanian. Namun, meski kita sering mendengar dan tahu maksud istilah tersebut, saat kita ditanya dan disuruh mendeskripsikan ternyata kesulitan. Untuk itu, kali ini Enjangcom akan memberikan informasi tentang istilah-istilah dalam bidang pertanian dan penjelasannya. Istilah-istilah tersebut kami rangkum dalam 67 istilah pertanian, selengkapnya sebagai berikut : Agrobisnis : melakukan usaha perdagangan dalam bidang hasil-hasil pertanian.Agraria : urusan pertanian atau tanah pertanian.Airdas : pengairan dasar.Amubu : alat memupuk dan menabur.Amuru : alat memupuk dan menggaru.Apiani : peternak lebah.Agrisilvikultur : pertanian rakyat yang dilakukan di areal kehutanan.Agroindustri : industri di bidang pertanian.Ammonifikasi : proses peruraian bahan organik oleh mikro-organisme menjadi amoniak.Benih : bibit tanaman yang akan ditebar, diternak, dan lain-lain.Da…

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain. Selain koperasi, ada beberapa badan usaha lain yang bergerak dalam bidang ekonomi, antara lain toko, firma, persekutuan komanditer (CV), dan perseroan Terbatas (PT). Usaha yang dilakukan koperasi berbeda dengan yang dilakukan badan usaha lain tersebut.
Perbedaan koperasi dengan badan usaha lain ada tujuh, yang tentu saja jika dibandingkan lebih menguntungkan koperasi, perbedaan yaitu sebagai berikut :
NoKoperasiBadan Usaha Lain1Mengutamakan kesejahteraan anggotaMengutamakan kepentingan perusahaan2Keanggotaan bersifat sukarelaKeanggotaan terbatas3Modal dari simpanan anggotaModal dari penjualan saham, perorangan, atau kelompok4Berbadan hukumAda yang tidak berbadan hokum5Pengurus dipilih anggotaPengurus ditentukan oleh pemegang saham6Terdapat pembagian SHU menurut jasa anggotaTidak ada pembagian SHU7Keuangan bersifat terbukaKeuangan bersifat tertutup
Dari, ketujuh perbedaan tersebut, mungkin anda terdorong untuk mendirikan usaha koperasi? Jika…