Skip to main content

Nusa Lembongan wisata andalan Pemda Klungkung

Nusa Lembongan wisata andalan Pemda Klungkung. Perairan yang mempertemukan pulau Nusa Ceningan dengan Lembongan disaat air surut menyuguhkan pemandangan eksotik. Ratusan perahu nelayan tertambat menebar pesona tersendiri. Perahu-perahu tersebut milik para nelayan Ceningan dan Lembongan yang digunakan untuk mencari ikan atau atau disewakan untuk wisata hilir mudik dari Ceningan ke Lembongan dan sebaliknya.

Alternatif lain dari Ceningan ke Lembongan dan sebaliknya adalah dengan melalui jembatan sepanjang 200 meter. Mobilitas penduduk kedua pulau tersebut menjadi mudah dengan adanya jembatan tersebut.

Pantai Nusa Lembongan Klungkung

Nusa Lembongan merupakan salah satu pulau andalan pemda Klungkung untuk pariwisata. Berada kira-kira 11 kilometer dari Pulau Bali. Kondisi alamnya masih asli dan terjaga. Misalnya kawasan pariwisata hutan Manggrove.

Luas lahan Manggrove sekitar 200 hektar, para wisatawan dapat menikmati pemandangan alam menggunakan jungkung atau perahu menyusuri hutan di sisi timur pulau Lembongan. Hijaunya pemandangan alam akan memikat mata siapapun untuk melihatnya.

Pantai Nusa Lembongan Klungkung

Manggrove atau pohon bakau di pulau ini berjenis rawa dan mendengan. Hutan ini dilindungi oleh peraturan adat atau yang sering disebut awik-awik. Awik-awik adalah semacam peraturan adat yang melarang siapapun menebang pohon manggrove. Bila peraturan dilanggar sangsinya selain denda uang yang telah ditentukan juga harus menjaga dan membersihkan pura selama 1 minggu.

Hamparan pasir putih di pulau ini terlihat sangat indah. Di sana juga terdapat wisata taman laut yang dihiasi dengan indahnya hamparan terumbu karang yang asri.Pulau Lembongan termasuk dalam gugusan kepulauan Nusa Penida Kabupaten Klungkung, Bali. Memiliki panjang 4,6 km dengan lebar 1,5 km. 90% Masyarakat Lembongan menggantungakan hidupnya dengan menjadi petani rumput laut. Nusa Lembongan merupakan penghasil rumput laut laut terbesar setelah Penida.

Baca juga : Sarang walet di Nusa Ceningan

Petani setempat menanamnya di perairan dangkal antara Ceningan dan Lembongan. Jenisnya spinosum dan cotoni. Namun yang banyak dijumpai di pulau ini jenis cotoni. Selain dijadikan agar menjadi bahan dasar obat-obatan dan kosmetik.

Popular posts from this blog

75 istilah ekonomi lengkap

Setelah sebelumnya admin telah memberikan informasi tentang istilah bidang kesenian dan kebudayaan, selanjutnya admin akan menuliskan info tentang istilah ekonomi lengkap. Dalam artikel tentang ekonomi atau berita ekonomi indonesia sering kita dengar istilah-istilah yang kurang kita mengerti, atau sebenarnya kita mengetahui maksudnya namun tak mampu menjelaskan atau menjabarkannya secara rinci kepada orang lain.

Untuk itu, berikut kami tuliskan daftar istilah dalam bidang ekonomi dalam 75 istilah ekonomi : Aset : kekayaan.Akumulasi : proses penambahan modal (uang tunai, mesin-mesin, dsb.Bankir : orang yang memperdagangkan uang ; cukong.Bank : kantor penyimpanan, perkreditan keuangan.Banker : direktur bank.Barter : perdagangan dengan saling menukar barang.Bonanza : sumber rejeki (keuntungan, kebahagiaan).Bonus : honor tambahan di luar gaji (uang ekstra).Brankas : lemari tempat menyimpan uang, barang-barang berharga.Bursa : tempat memperjualbelikan saham.Butik : toko yang menjual barang…

67 Istilah Pertanian Lengkap

Dalam bidang pertanian dikenal banyak istilah pertanian yang biasa diterapkan dalam kalimat yang tentunya berhubungan dengan dunia pertanian. Namun, meski kita sering mendengar dan tahu maksud istilah tersebut, saat kita ditanya dan disuruh mendeskripsikan ternyata kesulitan. Untuk itu, kali ini Enjangcom akan memberikan informasi tentang istilah-istilah dalam bidang pertanian dan penjelasannya. Istilah-istilah tersebut kami rangkum dalam 67 istilah pertanian, selengkapnya sebagai berikut : Agrobisnis : melakukan usaha perdagangan dalam bidang hasil-hasil pertanian.Agraria : urusan pertanian atau tanah pertanian.Airdas : pengairan dasar.Amubu : alat memupuk dan menabur.Amuru : alat memupuk dan menggaru.Apiani : peternak lebah.Agrisilvikultur : pertanian rakyat yang dilakukan di areal kehutanan.Agroindustri : industri di bidang pertanian.Ammonifikasi : proses peruraian bahan organik oleh mikro-organisme menjadi amoniak.Benih : bibit tanaman yang akan ditebar, diternak, dan lain-lain.Da…

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain. Selain koperasi, ada beberapa badan usaha lain yang bergerak dalam bidang ekonomi, antara lain toko, firma, persekutuan komanditer (CV), dan perseroan Terbatas (PT). Usaha yang dilakukan koperasi berbeda dengan yang dilakukan badan usaha lain tersebut.
Perbedaan koperasi dengan badan usaha lain ada tujuh, yang tentu saja jika dibandingkan lebih menguntungkan koperasi, perbedaan yaitu sebagai berikut :
NoKoperasiBadan Usaha Lain1Mengutamakan kesejahteraan anggotaMengutamakan kepentingan perusahaan2Keanggotaan bersifat sukarelaKeanggotaan terbatas3Modal dari simpanan anggotaModal dari penjualan saham, perorangan, atau kelompok4Berbadan hukumAda yang tidak berbadan hokum5Pengurus dipilih anggotaPengurus ditentukan oleh pemegang saham6Terdapat pembagian SHU menurut jasa anggotaTidak ada pembagian SHU7Keuangan bersifat terbukaKeuangan bersifat tertutup
Dari, ketujuh perbedaan tersebut, mungkin anda terdorong untuk mendirikan usaha koperasi? Jika…