Skip to main content

Perangkat gamelan Jawa Tengah

Perangkat gamelan Jawa Tengah. Menurut wujudnya gamelan Jawa tengah dibagi menjadi, yaitu :
1. Gamelan gedhe
2. Gamelan barut


Menurut suaranya juga dibagi menjadi 2, yaitu :
1. Gamelan Slendro
2. Gamelan Pelog


Nama dari alat musik gamelan secara garis besar ada 10, yaitu :
1. Kendhang
2. Gender
3. Rebab
4. Demung
5. Saron
6. Kethuk
7. Kenong
8. Gambang
9. Gong
10. Bonang


Tukang menabuh gamelan disebut "Niyaga". Sedangkan yang membawakan lagu atau menyanyi disebut Sinden, Pesinden atau Waranggana.


Menabuh atau memainkan gamelan harus paham wilet dan Pathet.
- Wilet adalah sambungan suara.
- Pathet bisa diartikan tinggi rendahnya suara.


Umumnya menabuh gamelan menurut waktu sebagai berikut :
1. Waktu sore ditabuh gending Pathet 6.
2. Waktu malam ditabuh gending Pathet 9.
3. waktu menjelang subuh ditabuh gending Pathet Manyura.


Yang disebut Laras adalah urutan suara atau nada. Jika anda pernah mendengar kata "dilaras" ini berarti suara tiap-tiap gamelan diurutkan tinggi rendahnya sesuai urutannya.


Gerong adalah menabuh gamelan sambil bernyanyi. Ini biasanya dilakukan para niyaga ketika memainkan gending yang menggunakan gerongan.


Bahan gamelan
Bahan gamelan yang paling bagus terbuat dari perunggu yang dicampur timah, seng dan kuningan. Sedangkan ricikan gamelan terdiri dari :
1. wilahan : gambang, gender, demung, saron, barung, peking, slenthem.
2. pencon : gong, kempul, kethuk, kenong, bonang.
3. sebulan : suling.
4. Terbuat dari kawat : rebab, clempung, siter.


Golongan gamelan
Gamelan uyon-uyon yang komplite ricikannya, yang bisa dibagi sebagai berikut :
1. Gamelan uyon-uyon madya ( di Surakarta disebut gamelan klenengan ), racikannya tidak komplit. Tanpa bedug, bonang, saron. Fungsinya : untuk klenengan dan tabuhan wayang.


2. Gamelan klenengan gadon, sama dengan gamelan uyon-uyon madya, tetapi tanpa kenong dan kempul, tanpa gong gantung tetapi menggunakan gong kemodong.


3. Gamelan Sengganen, ricikannya berwujud wilahan semua. Bonang, kethuk, kempul, kenong, gong dan lain-lain berwujud wilahan pencu.


4. Gamelan cilik, ricikannya juga berwujud wilahan semua, jadi seperti gamelan sengganen. Berdanya, gamelan sengganen yang dibuat dari perunggu, sedangkan gamelan cilik terbuat dari besi atau kuningan.


5. Gamelan Monggang, risikannya : bonang, rojeh, kenong, panontong, ketipung, gong gede. Tidak menggunakan bermacam laras, hanya menggunakan 3 macam laras saja, yaitu : laras panunggul, laras 5 dan laras 6.


Gamelan Monggang ada 2 macam, yaitu :


Monggang Gede, ditabuh/dibunyikan ketika ada upacara jumenengan dan pada waktu miyose ratu tedak ing Sitinggil (saat grebeg)
Monggang Patalon, ditabuh/dibunyikan tiap hari Sabtu, saat miyose ratu tedak ing Sitinggil yang akan melihat latihan para prajurit.
6. Gamelan Kodok Ngorek, ricikannya : bonang, rijal, kecer, klintingan, gender, gambang, kenong, panontong, ketipung, gong. Dibunyikan ketika hari besar.


7. Gamelan Carabalen, ricikannya : panembung, kenong, kempul, ketipung, gong gede. Digunakan untuk mengiringi latihan perang atau beksan wireng.


Gamelan yang terkenal atau dikramatkan
Di Kraton Solo
1. Gamelan Sekaten Nagajenggot lan Kyai Jimat
2. Larasati
3. Pangasih
4. Gunturmadu
5. Kancilbelik
6. Kadukmanis
7. Manisrengga


Di Kraton Yogyakarta
1. Gamelan Sekaten Nagailaga dan Guntursari
2. Harjanagara
3. Harjamulya
4. Madukentir
5. Siratmadu
6. Medarsih
7. Mikatsih


Di Pura Mangkunegaran
1. Kanyutmesem
2. Udan asih
3. Udan arum
4. Udan riris
5. Lipur tamba neng


Di Pura Pakualaman
1. Pangawesari
2. Tlagamuncar
3. Gangsa P.B.X

Popular posts from this blog

75 istilah ekonomi lengkap

Setelah sebelumnya admin telah memberikan informasi tentang istilah bidang kesenian dan kebudayaan, selanjutnya admin akan menuliskan info tentang istilah ekonomi lengkap. Dalam artikel tentang ekonomi atau berita ekonomi indonesia sering kita dengar istilah-istilah yang kurang kita mengerti, atau sebenarnya kita mengetahui maksudnya namun tak mampu menjelaskan atau menjabarkannya secara rinci kepada orang lain.

Untuk itu, berikut kami tuliskan daftar istilah dalam bidang ekonomi dalam 75 istilah ekonomi : Aset : kekayaan.Akumulasi : proses penambahan modal (uang tunai, mesin-mesin, dsb.Bankir : orang yang memperdagangkan uang ; cukong.Bank : kantor penyimpanan, perkreditan keuangan.Banker : direktur bank.Barter : perdagangan dengan saling menukar barang.Bonanza : sumber rejeki (keuntungan, kebahagiaan).Bonus : honor tambahan di luar gaji (uang ekstra).Brankas : lemari tempat menyimpan uang, barang-barang berharga.Bursa : tempat memperjualbelikan saham.Butik : toko yang menjual barang…

67 Istilah Pertanian Lengkap

Dalam bidang pertanian dikenal banyak istilah pertanian yang biasa diterapkan dalam kalimat yang tentunya berhubungan dengan dunia pertanian. Namun, meski kita sering mendengar dan tahu maksud istilah tersebut, saat kita ditanya dan disuruh mendeskripsikan ternyata kesulitan. Untuk itu, kali ini Enjangcom akan memberikan informasi tentang istilah-istilah dalam bidang pertanian dan penjelasannya. Istilah-istilah tersebut kami rangkum dalam 67 istilah pertanian, selengkapnya sebagai berikut : Agrobisnis : melakukan usaha perdagangan dalam bidang hasil-hasil pertanian.Agraria : urusan pertanian atau tanah pertanian.Airdas : pengairan dasar.Amubu : alat memupuk dan menabur.Amuru : alat memupuk dan menggaru.Apiani : peternak lebah.Agrisilvikultur : pertanian rakyat yang dilakukan di areal kehutanan.Agroindustri : industri di bidang pertanian.Ammonifikasi : proses peruraian bahan organik oleh mikro-organisme menjadi amoniak.Benih : bibit tanaman yang akan ditebar, diternak, dan lain-lain.Da…

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain. Selain koperasi, ada beberapa badan usaha lain yang bergerak dalam bidang ekonomi, antara lain toko, firma, persekutuan komanditer (CV), dan perseroan Terbatas (PT). Usaha yang dilakukan koperasi berbeda dengan yang dilakukan badan usaha lain tersebut.
Perbedaan koperasi dengan badan usaha lain ada tujuh, yang tentu saja jika dibandingkan lebih menguntungkan koperasi, perbedaan yaitu sebagai berikut :
NoKoperasiBadan Usaha Lain1Mengutamakan kesejahteraan anggotaMengutamakan kepentingan perusahaan2Keanggotaan bersifat sukarelaKeanggotaan terbatas3Modal dari simpanan anggotaModal dari penjualan saham, perorangan, atau kelompok4Berbadan hukumAda yang tidak berbadan hokum5Pengurus dipilih anggotaPengurus ditentukan oleh pemegang saham6Terdapat pembagian SHU menurut jasa anggotaTidak ada pembagian SHU7Keuangan bersifat terbukaKeuangan bersifat tertutup
Dari, ketujuh perbedaan tersebut, mungkin anda terdorong untuk mendirikan usaha koperasi? Jika…