Skip to main content

Sanggahan teori abiogenesis dan Biogenesis

Sanggahan teori abiogenesis dan Biogenesis. Bagi anda yang sedang mencari informasi tentang teori Abiogenesis dan Biogenesis, berikut akan kita bahas satu-persatu.

Teori Abiogenesis

Teori ini dkemukakan oleh Aristoteles (300 sebelum Masehi). Ia berpendapat bahwa makhluk hidup terjadi begitu saja dari benda mati. Pendapat ini didukung oleh penemuan Leewenhoek. Dengan mikroskop buatannya sendiri, ia berhasil melihat jasad renik dalam air selokan, air hujan, air rendaman jerami dan lain-lain.

Needam, seorang pendeta bangsa Irlandia juga menganut teori ini. Ia mengadakan percobaan-percobaan dengan berbagai rebusan padi-padian, daging dan sebagainya yang disimpan dalam botol tertutup rapat. Ternyata benda-benda dalam botol tersebut dapat menimbulkan jasad renik.

Teori Biogenesis

Teori ini muncul setelah beberapa ahli melakukan percobaan. Hasilnya terbukti bahwa teori abiogenesis tidak benar. Ahli-ahli yang melakukan percobaan tersebut antara lain, yaitu :

1. Francesco Redi
teori Francesco Redi
teori Francesco Redi
Ia melakukan percobaan dengan tiga buah tabung kaca yang masing-masing diisi dengan sekerat daging. Tabung 1 dibiarkan terbuka, tabung 2 ditutup rapat dan tabung 3 ditutup kain kasa. Beberapa hari kemudian pada tabung 1 akan terlihat adanya larva, pada tabung 2 dan pada tabung 3 sama sekali tidak terdapat larva.

Dari percobaan ini ia ia menyimpulkan bahwa larva lalat bukan berasal dari daging yang membusuk, melainkan dari telur lalat yang ditinggalkan pada keratan daging yang membusuk.

2. Lazzaro Spallananzani
Ia membantah pendapat Aris toteles dan Needam dengan mengatakan bahwa perebusan dan penutupan botol-botol berisi air rebusan daging yang dilakukan oleh Needam tidak sempurna. Dalam percobaannya, Spallananzani menggunakan air kaldu yang diisikan ke dalam beberapa tabung reaksi. Sebagian tabung yang berisi air kaldu ini dibiarkan begitu saja tanpa dipanaskan.

Kemudian tabung ditutup dengan sumbat gabus yang dirapatkan dengan lilin cair. Sebagian tabung yang lain setelah diisi air kaldu dididihkan selama 15 menit kemudian ditutup dengan sumbat gabus yang dirapatkan dengan lilin cair.

Setelah beberapa hari ia mendapatkan bahwa pada tabung yang ditutup rapat dan air kaldunya dididihkan tidak mengalami perubahan. Pada tabung yang terbuka dan pada tabung yang air kaldunya tidak dididihkan, air kaldunya berubah menjadi keruh karena adanya bakteri-bakteri.
teori Lazzaro Spallananzani
teori Lazzaro Spallananzani

Kesimpulan dari percobaan ini adalah bahwa bakteri timbul bukan dengan begitu saja, melainkan karena ada spora bakteri yang mengotori air kaldu, kemudian spora ini tumbuh menjadi bakteri.

Percobaan Spallananzani ini juga mendapat sanggahan dari beberapa orang yang berpendapat bahwa tidak adanya kehidupan dalam tabung yang tertutup rapat adalah karena tidak ada tenaga dari udara yang masuk ke dalam tabung untuk menimbulkan kehidupan.

3. Louis Pasteur
Percobaan yang dilakukan Louis Pasteur menyempurnakan percobaan Spallananzani. Pasteur menggunakan botol (labu) yang tutupnya disambung dengan satu pipa yang melengkung seperti leher angsa, sehingga memungkinkan masuknya udara ke dalam botol yang berisi air kaldu.

teori Louis Pasteur
teori Louis Pasteur
Baca juga: Teori Urey dan teori Oparin

Dengan cara inilah Pasteur berhasil membuktikan bahwa tidak ada kehidupan yang dapat timbul dari benda mati. Hasil percobaan ini diungkapkan dalam suatu slogan Omne vivum ex ovo, Omne vivum ex ivo yang artinya "Adanya kehidupan berasal dari telur, adanya telur berasal dari kehidupan.

Popular posts from this blog

75 istilah ekonomi lengkap

Setelah sebelumnya admin telah memberikan informasi tentang istilah bidang kesenian dan kebudayaan, selanjutnya admin akan menuliskan info tentang istilah ekonomi lengkap. Dalam artikel tentang ekonomi atau berita ekonomi indonesia sering kita dengar istilah-istilah yang kurang kita mengerti, atau sebenarnya kita mengetahui maksudnya namun tak mampu menjelaskan atau menjabarkannya secara rinci kepada orang lain.

Untuk itu, berikut kami tuliskan daftar istilah dalam bidang ekonomi dalam 75 istilah ekonomi : Aset : kekayaan.Akumulasi : proses penambahan modal (uang tunai, mesin-mesin, dsb.Bankir : orang yang memperdagangkan uang ; cukong.Bank : kantor penyimpanan, perkreditan keuangan.Banker : direktur bank.Barter : perdagangan dengan saling menukar barang.Bonanza : sumber rejeki (keuntungan, kebahagiaan).Bonus : honor tambahan di luar gaji (uang ekstra).Brankas : lemari tempat menyimpan uang, barang-barang berharga.Bursa : tempat memperjualbelikan saham.Butik : toko yang menjual barang…

67 Istilah Pertanian Lengkap

Dalam bidang pertanian dikenal banyak istilah pertanian yang biasa diterapkan dalam kalimat yang tentunya berhubungan dengan dunia pertanian. Namun, meski kita sering mendengar dan tahu maksud istilah tersebut, saat kita ditanya dan disuruh mendeskripsikan ternyata kesulitan. Untuk itu, kali ini Enjangcom akan memberikan informasi tentang istilah-istilah dalam bidang pertanian dan penjelasannya. Istilah-istilah tersebut kami rangkum dalam 67 istilah pertanian, selengkapnya sebagai berikut : Agrobisnis : melakukan usaha perdagangan dalam bidang hasil-hasil pertanian.Agraria : urusan pertanian atau tanah pertanian.Airdas : pengairan dasar.Amubu : alat memupuk dan menabur.Amuru : alat memupuk dan menggaru.Apiani : peternak lebah.Agrisilvikultur : pertanian rakyat yang dilakukan di areal kehutanan.Agroindustri : industri di bidang pertanian.Ammonifikasi : proses peruraian bahan organik oleh mikro-organisme menjadi amoniak.Benih : bibit tanaman yang akan ditebar, diternak, dan lain-lain.Da…

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain. Selain koperasi, ada beberapa badan usaha lain yang bergerak dalam bidang ekonomi, antara lain toko, firma, persekutuan komanditer (CV), dan perseroan Terbatas (PT). Usaha yang dilakukan koperasi berbeda dengan yang dilakukan badan usaha lain tersebut.
Perbedaan koperasi dengan badan usaha lain ada tujuh, yang tentu saja jika dibandingkan lebih menguntungkan koperasi, perbedaan yaitu sebagai berikut :
NoKoperasiBadan Usaha Lain1Mengutamakan kesejahteraan anggotaMengutamakan kepentingan perusahaan2Keanggotaan bersifat sukarelaKeanggotaan terbatas3Modal dari simpanan anggotaModal dari penjualan saham, perorangan, atau kelompok4Berbadan hukumAda yang tidak berbadan hokum5Pengurus dipilih anggotaPengurus ditentukan oleh pemegang saham6Terdapat pembagian SHU menurut jasa anggotaTidak ada pembagian SHU7Keuangan bersifat terbukaKeuangan bersifat tertutup
Dari, ketujuh perbedaan tersebut, mungkin anda terdorong untuk mendirikan usaha koperasi? Jika…