Skip to main content

Tentang pembentukan sperma, ovum dan Fertilisasi

Tentang pembentukan sperma, ovum dan Fertilisasi. Semua anggota vertebrata berkembang biak secara generatif, yaitu melalui peleburan ovum dan sperma.
1. Cara pembentukan sperma
Sperma dibentuk oleh sepasang testis (kelenjar kelamin). Prosesnya disebut spermatogenesis. Dari satu sel yang bermeiosis akan terbentuk empat sel sperma hidup. Sperma ini selanjutnya akan disalurkan  dari testis melalui vasdeferens.

Pembentukan sperma dipengaruhi oleh hormon FSH (Follicle Stimulating Hormone) yang dihasilkan oleh kelenjar hipofisis. FSH ini merangsang testis untuk membentuk testosteron dan androsteron yang berfungsi untuk merangsang testis membentuk sperma.

2. Cara pembentukan ovum
Ovum dibentuk di dalam sapasang ovarium. Pada burung hanya terdapat satu ovarium, yaitu ovarium kiri. Sedangkan sebelah kanan rudiment. Dari satu sel yang bermeiosis terbentuk empat sel yang baru dan tiga sel, kemudian mati disebut polosit, dan satu lagi hidup disebut ovum.

Proses pembentukan ovum disebut oogenesis. Selanjutnya ovum akan disalurkan dari ovarium melalui tuba falopii (saluran telur). Keluarnya ovum dari ovarium disebut ovulasi.

Masaknya ovum dipengaruhi oleh hormon FSH. FSH merangsang terbentuknya folikel yang berisi telur yang sudah masak. Folikel terbentuk karena ovarium menghasilkan hromon estradiol estrogen yang dirangsang oleh FSH.

Di dalam folikel juga terdapat hormon progesteron yang berfungsi mempersiapkan uterus untuk pertumbuhan embrio. Setiap ovum memiliki cadangan makanan untuk pertumbuhan embrio.

3. Fertilisasi
Fertilisasi adalah peleburan antara ovum dan sperma. Fertilisasi biasanya didahului dengan kopulasi, yaitu penyampaian sperma pada ovum. Fertilisasi dibedakan menjadi dua, yaitu :
a. Fertilisasi eksternal, yaitu fertilisasi yang terjadi di luar tubuh makhluk hidup. Ini terjadi pada ikan dan katak.
b. Fertilisasi internal, yaitu fertilisasi yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup. Ini terjadi pada reptil, aves dan mamalia.

Berdasarkan  pertumbuhan embrionya vertebrata dapat dibedakan menjadi ovipar, vivipar dan ovovipar.

1) Ovipar, yaitu hewan bertelur dan ovumnya memiliki deutoplasma yang banyak sekali. Embrio tumbuh dengan seluruh makanannya yang berasal dari deutoplasma sampai tubuh menjadi sempurna. Ada juga ovum yang berdeutoplasma banyak, tetapi hanya cukup untuk pertumbuhan embrio sampai bentuk larva. Pertumbuhan selanjutnya terjadi di luar, misalnya pada katak.

2) Vivipar, yaitu hewan beranak dan ovumnya berdeutoplasma sedikit. Deutoplasma hanya cukup untuk pergerakan zigot sampai ke uterus. Untuk pertumbuhan zigot dalam uterus, makanan di ambil dari induknya melalui plasenta kemudian disalurkan melalui tali pusat, misalnya pada mamalia.

3) Ovovipar (beranak dan bertelur) embrio berkembang dalam tubuh induknya, tetapi tidak aa hubungan nyata dengan jaringan induk untuk keperluan pemberian makanan. Embrio tumbuh dengan makanan yang berasal dari deutoplasma. Induknya hanya menyalurkan O2 saja, misalnya pada kadal, ular dan ikan.

Popular posts from this blog

75 istilah ekonomi lengkap

Setelah sebelumnya admin telah memberikan informasi tentang istilah bidang kesenian dan kebudayaan, selanjutnya admin akan menuliskan info tentang istilah ekonomi lengkap. Dalam artikel tentang ekonomi atau berita ekonomi indonesia sering kita dengar istilah-istilah yang kurang kita mengerti, atau sebenarnya kita mengetahui maksudnya namun tak mampu menjelaskan atau menjabarkannya secara rinci kepada orang lain.

Untuk itu, berikut kami tuliskan daftar istilah dalam bidang ekonomi dalam 75 istilah ekonomi : Aset : kekayaan.Akumulasi : proses penambahan modal (uang tunai, mesin-mesin, dsb.Bankir : orang yang memperdagangkan uang ; cukong.Bank : kantor penyimpanan, perkreditan keuangan.Banker : direktur bank.Barter : perdagangan dengan saling menukar barang.Bonanza : sumber rejeki (keuntungan, kebahagiaan).Bonus : honor tambahan di luar gaji (uang ekstra).Brankas : lemari tempat menyimpan uang, barang-barang berharga.Bursa : tempat memperjualbelikan saham.Butik : toko yang menjual barang…

67 Istilah Pertanian Lengkap

Dalam bidang pertanian dikenal banyak istilah pertanian yang biasa diterapkan dalam kalimat yang tentunya berhubungan dengan dunia pertanian. Namun, meski kita sering mendengar dan tahu maksud istilah tersebut, saat kita ditanya dan disuruh mendeskripsikan ternyata kesulitan. Untuk itu, kali ini Enjangcom akan memberikan informasi tentang istilah-istilah dalam bidang pertanian dan penjelasannya. Istilah-istilah tersebut kami rangkum dalam 67 istilah pertanian, selengkapnya sebagai berikut : Agrobisnis : melakukan usaha perdagangan dalam bidang hasil-hasil pertanian.Agraria : urusan pertanian atau tanah pertanian.Airdas : pengairan dasar.Amubu : alat memupuk dan menabur.Amuru : alat memupuk dan menggaru.Apiani : peternak lebah.Agrisilvikultur : pertanian rakyat yang dilakukan di areal kehutanan.Agroindustri : industri di bidang pertanian.Ammonifikasi : proses peruraian bahan organik oleh mikro-organisme menjadi amoniak.Benih : bibit tanaman yang akan ditebar, diternak, dan lain-lain.Da…

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain. Selain koperasi, ada beberapa badan usaha lain yang bergerak dalam bidang ekonomi, antara lain toko, firma, persekutuan komanditer (CV), dan perseroan Terbatas (PT). Usaha yang dilakukan koperasi berbeda dengan yang dilakukan badan usaha lain tersebut.
Perbedaan koperasi dengan badan usaha lain ada tujuh, yang tentu saja jika dibandingkan lebih menguntungkan koperasi, perbedaan yaitu sebagai berikut :
NoKoperasiBadan Usaha Lain1Mengutamakan kesejahteraan anggotaMengutamakan kepentingan perusahaan2Keanggotaan bersifat sukarelaKeanggotaan terbatas3Modal dari simpanan anggotaModal dari penjualan saham, perorangan, atau kelompok4Berbadan hukumAda yang tidak berbadan hokum5Pengurus dipilih anggotaPengurus ditentukan oleh pemegang saham6Terdapat pembagian SHU menurut jasa anggotaTidak ada pembagian SHU7Keuangan bersifat terbukaKeuangan bersifat tertutup
Dari, ketujuh perbedaan tersebut, mungkin anda terdorong untuk mendirikan usaha koperasi? Jika…