Skip to main content

10 tips merawat kinerja Windows Vista

10 tips merawat kinerja Windows Vista. Seperti benda apapun, komputer juga butuh perawatan, bukan hanya dari segi fisik tetapi juga system piranti lunak di dalamnya. Dengan perawatan yang rutin dan teratur, system pada komputer anda akan bekerja lebih maksimal.

Untuk yang awam biasanya menggunakan komputer asal bisa hidup dan bisa digunakan itu sudah dianggapnya komputer baik-baik saja, mereka tidak menyadari betapa banyak program yang berjalan yang memberatkan kinerja komputer.

Dari sekian banyak program yang berjalan terkadang menimbulkan crash yang tak diketahui. Hingga pada suatu saat sangking kronisnya windows tak sanggup lagi booting barulah si pengguna kelabakan, wuih... kaya  penyakit aja ya... he hee....

10 tips merawat kinerja Window

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk merawat Windows Vista, seperti membersihkan hardisk, melakukan defragment dan sebagainya.
Diantaranya sebagai berikut :

1. Peningkatan Performa

Anda bisa meningkatkan kemampuan komputer dengan Ready Boost. Fitur ini memungkinkan anda menambah memori dari perangkat eksternal seperti USB Flashdrive atau hardisk eksternal.
Langkahnya :
- Colokan ke USB.
- Secara standar, AutoPlay akan muncul begitu anda menyolokan perangkat tersebut. Jika belum muncul coba tunggu beberapa saat.
- Pada menu yang muncul pilihlah "speed up my system".
- Selesai.

Perbedaan performa mungkin tidak akan terlalu terasa jika Flashdrive anda lebih kecil dari RAM yang terpasang pada system. Untuk itu disarankan Flashdrive yang memorynya lebih besar dari RAM yang terpasang. Selain itu ada tipe Flashdrive yang belum cocok untuk Ready Boost sehingga tidak berpengaruh banyak pada kinerja system.

2. Mematikan Service Tertentu

Ada kalanya anda butuh untuk mematikan service tertentu yang sedang berjalan pada Windows Vista terlalu banyak service yang berjalan memang bisa memberatkan kinerja komputer.

Langkahnya sebagai berikut :
- Star Menu.
- Ketikkan Administrative Tool lalu tekan enter.
- Klik Service.
- Perhatikan daftar yang muncul, klik kanan nama service yang anda anggap tidak perlu lalu klik stop.
Hati-hati melakukan ini karena ada beberapa service yang mungkin sebenarnya anda butuhkan, anda harus jeli.

3. Menambah /Mengurangi Virtual Memory

Jika punya ruang harddisk cukup besar, anda bisa menambahkan virtual memory Windows Vista. Apalagi jika anda punya harddisk ekstra.

Hati-hati dalam melakukan langkah ini, pastikan anda memang memiliki cukup ruang pada  harddisk. Jika tidak yakin jangan ubah virtual memory anda.

Langkahnya sebagai berikut :
- Star Menu.
- Klik kanan pada icon computer, lalu klik Properties.
- Klik Advanced System Settings.
- Klik Advanced, lalu klik tombol setting
- Pada jendela performance Option klik tombol change.
- Pada jendela Virtual memory hilangkan tanda centang di sisi tulisan Automatically Manage paging file size for all drivers.
- Pilih drive yang akan digunakan untuk virtual memory.
- Klik Custom Size, lalu masukkan besarnya Paging File pada Initial size dan Maximum size.    Hati-hati melakukan ini, jika tak yakin pilih System Managed Size.
- Klik Set, lalu klik OK.
- Restart Komputer.
Rasakan perubahannya.

4. Membersihkan Harddisk

Semakin lama harddisk anda mungkin akan makin penuh. Salah satu yang menyebabkan penuhnya harddisk selain dari file milik anda adalah file sementara yang muncul akibat berjalannya sebuah program atau pada saat mengakses situs internet.

Cara membersihkan langkahnya sebagai berikut :
- Aktifkan Start Menu.
- Klik All Program>Accssories>System Tools> Disk Cleanup.
- Klik drive yang ingin dibersihkan, klik OK.
- Klik untuk memberi centang pada kotak yang berisi file sementara yang ingin dihapus.
- Klik OK, selesai dech...

5. Defragment Harddisk

Selama memakai komputer banyak sekali aktifitas yang anda lakukan, seperti simpan, hapus, copy dan pindah pada banyak file dalam harddisk. Proses-proses penulisan pada harddisk kadang menjadi berantakan, dan ini akan memperlambat system.

Dalam seperti versi windows sebelumnya, windows vista juga dilengkapi fasilitas defragment. Fungsi defragment ini untuk menata kembali file-file yang berantakan tersebut kembali pada tempatnya.

Langkahnya sebagai berikut :
- Aktifkan Start Menu.
- Klik All Program>Accssories>System Tools>Disk Defragmenter.
- Klik Defragment Now.
Lama dan tidaknya proses defragmenter tergantung ukuran harddisk dan banyaknya file.

6. Membersihkan hardisk lebih lanjut

Selanjutnya anda juga bisa menghapus restore point dan mengurangi jumlah program yang terpasang di Windows Vista. Ini akan membebaskan lebih banyak lagi ruang pada harddisk anda.

Langkahnya sebagai :
- Aktifkan Start Menu.
- Klik All Program>Accssories>System Tools>Disk Cleanup.
- Klik drive yang ingin dibersihkan, klik OK.
- Klik More Option.
- Klik tombol Clean Up untuk mengurangi program yang telah terpasang.
- Klik tombol Clean Up untuk menghilangkan Restore Point yang sudah lama.
- Klik OK.
Selesai.

7. Defragment Harddisk Otomatis

Jika anda pernah melakukan defragmentasi di Windows Vista, anda akan melihat sedikit perbedaan pada jendela pilihannya.

Untuk melakukan defragmentasi otomatis berikut langkahnya :
- Jalankan aplikasi defragment pada system seperti tips sebelumnya.
- Aktifkan Start Menu.
- Klik All Program>Accssories>System Tools>Disk Defragmenter.
- Klik Modify Schedule.
- Atur jadwalnya :

How Often : mengatur seberapa sering defragmentasi dilakukan
What Day : mengatur hari atau tanggal defragmentasi otomatis.
What time : mengatur jam defragmentasi otomatis.
- Klik OK, tunggu sampai proses selesai.

8. Membersihkan Folder Prefetch

Ada folder bernama Prefetch yang digunakan Windows Vista untuk menyimpan data tertentu. Setiap beberapa minggu file berekstensi .pdf di folder tersebut boleh anda hapus untuk mempercepat kinerja komputer.

Adapun langkahnya sebagai berikut :
- Aktifkan Windows Explorer.
- Klik Local Disk C.
- Klik folder windows yang terletak paling bawah sendiri pada Local Disk C, tepat di atas DATA D .
- Klik folder Prefetc.
- Cari dan pilih file-file berekstensi .pdf menggunakan tombol Ctrl/Shift.
- Tekan tombol Delete pada keyboard, OK.
- Selesai.

9. Mempartisi Harddisk

Ini adalah salah satu fasilitas baru windows dibanding versi Windows XP. Jika pada Windows XP untuk mempartisi harddisk membutuhkan piranti lunak seperti "Partition Magic" atau "Acronis Disk Director" untuk mengatur partisi, di Windows Vista fungsi itu sudah disertakan.

Langkahnya sebagai berikut :
- Klik Start>Control Panel, kemudian pada search box ketik 'partition'.
- Pilih "Create and Format harddisk Partition".
- Klik kanan pada area harddisk yang belum dialokasikan.
- Klik "New Simple Volume" untuk membuat partisi baru.
- Tentukan jenis partisi, label harddisk hingga ukuran partisi baru tersebut.
- Klik Next , tunggu sampai proses selesai.

10. Mengubah Ukuran Partisi Hardisk

Bukan hanya membuat partisi, Windows Vista juga memberikan kemampuan memperkecil atau memperbesar ukuran partisi yang sudah ada. Meski ada batasan seberapa kecil/besar anda bisa mengubah ukurannya.

Langkahnya sebagai berikut :
- Masuklah ke menu pengaturan "Create and Format harddisk Partition" seperti tips sebelumnya.
- Klik kanan pada partisi lalu pilih 'Shrink Volume' untuk mengecilkan ukuran partisi atau "Extend
Volume" untuk membesarkan sebuah partisi.

Keterangan :
Angka yang dimasukkan adalah angka yang ingin ditambahkan atau dikurangi, bukan angka yang dituju.

Misalnya anda memiliki partisi 60 Gigabyte ingin dijadikan 40 Gigabyte. Maka setelah pilih 'Shrink Volume' anda perlu memasukkan angka 20 Gigabyte alias 20.000 Megabyte.
- Tunggu sampai proses selesai.
"Semoga berguna"

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai 10 tips merawat kinerja Windows Vista, semoga membantu pekerjaan anda.

Popular posts from this blog

67 Istilah Pertanian Lengkap

Dalam bidang pertanian dikenal banyak istilah pertanian yang biasa diterapkan dalam kalimat yang tentunya berhubungan dengan dunia pertanian. Namun, meski kita sering mendengar dan tahu maksud istilah tersebut, saat kita ditanya dan disuruh mendeskripsikan ternyata kesulitan. Untuk itu, kali ini Enjangcom akan memberikan informasi tentang istilah-istilah dalam bidang pertanian dan penjelasannya. Istilah-istilah tersebut kami rangkum dalam 67 istilah pertanian, selengkapnya sebagai berikut : Agrobisnis : melakukan usaha perdagangan dalam bidang hasil-hasil pertanian.Agraria : urusan pertanian atau tanah pertanian.Airdas : pengairan dasar.Amubu : alat memupuk dan menabur.Amuru : alat memupuk dan menggaru.Apiani : peternak lebah.Agrisilvikultur : pertanian rakyat yang dilakukan di areal kehutanan.Agroindustri : industri di bidang pertanian.Ammonifikasi : proses peruraian bahan organik oleh mikro-organisme menjadi amoniak.Benih : bibit tanaman yang akan ditebar, diternak, dan lain-lain.Da…

75 istilah ekonomi lengkap

Setelah sebelumnya admin telah memberikan informasi tentang istilah bidang kesenian dan kebudayaan, selanjutnya admin akan menuliskan info tentang istilah ekonomi lengkap. Dalam artikel tentang ekonomi atau berita ekonomi indonesia sering kita dengar istilah-istilah yang kurang kita mengerti, atau sebenarnya kita mengetahui maksudnya namun tak mampu menjelaskan atau menjabarkannya secara rinci kepada orang lain.

Untuk itu, berikut kami tuliskan daftar istilah dalam bidang ekonomi dalam 75 istilah ekonomi : Aset : kekayaan.Akumulasi : proses penambahan modal (uang tunai, mesin-mesin, dsb.Bankir : orang yang memperdagangkan uang ; cukong.Bank : kantor penyimpanan, perkreditan keuangan.Banker : direktur bank.Barter : perdagangan dengan saling menukar barang.Bonanza : sumber rejeki (keuntungan, kebahagiaan).Bonus : honor tambahan di luar gaji (uang ekstra).Brankas : lemari tempat menyimpan uang, barang-barang berharga.Bursa : tempat memperjualbelikan saham.Butik : toko yang menjual barang…

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain. Selain koperasi, ada beberapa badan usaha lain yang bergerak dalam bidang ekonomi, antara lain toko, firma, persekutuan komanditer (CV), dan perseroan Terbatas (PT). Usaha yang dilakukan koperasi berbeda dengan yang dilakukan badan usaha lain tersebut.
Perbedaan koperasi dengan badan usaha lain ada tujuh, yang tentu saja jika dibandingkan lebih menguntungkan koperasi, perbedaan yaitu sebagai berikut :
NoKoperasiBadan Usaha Lain1Mengutamakan kesejahteraan anggotaMengutamakan kepentingan perusahaan2Keanggotaan bersifat sukarelaKeanggotaan terbatas3Modal dari simpanan anggotaModal dari penjualan saham, perorangan, atau kelompok4Berbadan hukumAda yang tidak berbadan hokum5Pengurus dipilih anggotaPengurus ditentukan oleh pemegang saham6Terdapat pembagian SHU menurut jasa anggotaTidak ada pembagian SHU7Keuangan bersifat terbukaKeuangan bersifat tertutup
Dari, ketujuh perbedaan tersebut, mungkin anda terdorong untuk mendirikan usaha koperasi? Jika…