Skip to main content

Cara mengatasi error pada hardware vista

Cara mengatasi error pada hardware vista. Windows vista telah dirancang sedemikian rupa untuk meminimalisir error-error hardware. Namun demikian, ini bukan jaminan penuh tidak akan terjadi masalah. Berbagai masalah bisa saja terjadi dengan beragam bentuk. Mulai dari rusaknya piranti, korupnya dirver, faktor kompatibilitas dan sebagainya. Pada posting ini saya mengajak belajar anda untuk menanggulangi berbagai permasalahan hardware yang terjadi.

Strategi pertama agar terhindar dari error-error hardware, pastikan menset Automatic Updating pada Windows. Dengan demikian komputer dapat menginstall dan mengupdate sendiri driver-driver hardware secara otomatis ketika komputer terkoneksi dengan internet.

Langkah mengatasi error pada hardware vista

Jika hardware tidak bekerja meski telah mengaktifkan update Automatic Updating, set windows Update untuk mengecek driver-driver terbaru ke pabrik pembuat dan menginstalnya. Untuk menginstal driver secara manual langkahnya sebagai berikut:
1. Dari Control Panel, klik System and Maintenance dan klik Device Manager.
2. Dalam Device Manager, cari peranti yang ingin diupdate, lalu klik ganda nama peranti tersebut.
3. Klik tab Update Driver.

Jika pabrik tidak menawarkan driver versi vista untuk peranti kita, coba instal dengan versi XP. Biasanya peranti dapat bekerja dengan baik, tetapi mungkin ada beberapa kapabilitas baru yang tidak tersedia.

Cara mengembalikan driver vista ke versi sebelumnya

Suatu saat kita mungkin ingin mengembalikan driver sebuah peranti ke versi sebelumnya. Ini bisa saja terjadi karena terjadi error dengan komputer atau setelah mengupdatew driver. Untuk itu, langkahnya sebagai berikut:
1. Buka Control Panel, klik System and Maintenance, klik Device Manager.
2. Klik ganda kategori yang memuat driver peranti kita.
3. Klik ganda nema peranti yang ingin kita kembalikan ke versi sebelumnya.
4. Klik tab Driver, dan klik Roll Back Driver.

Jika memang tidak ada versi sebelumnya untuk peranti tersebut, tombol Roll Back Driver tidak tersedia.

Periksalah hardware sebelum membelinya

Sebelum membeli hardware adalah penting untuk selalu mengecek terlebih dahulu kompatibilitasnya. Kunjungilah Windows Vista Hardware Compatibility List (HCL): http://go.microsoft.com/fwlink/?linkid=81593. Website ini memuat daftar peranti dan komputer yang telah diuji dan diketahui dapat bekerja dengan windows vista.

Permasalahan peranti baru yang tidak bekerja
Ada beberapa usaha yang dapat dicoba ketika peranti baru yang kita beli tidak bekerja setelah diinstal:
1. Pastikan peranti hardware kompatibel dengan komputer dan windows vista kita.
2. Periksa apakah driver-driver update tersedia melalui windows update.
3. Pastikan disk sofware yang diinstalkan datang bersama peranti tersebut.
4. Restart komputer agar instalasi driver berhasil.
5. Jika peranti termasuk Universal Serial Bus (USB), matikan peranti tersebut dan kemudian pasang ke port USB berbeda.

Windows mestinya mendeteksi peranti tersebut dan menginstal drivernya. Windows akan memberitahu kita seandainya driver-driver peranti tidak berhasil diinstalkan.

USB tidak bekerja

Ada beberapa penyebab mengapa peranti USB tidak bekerja setelah dipasangkan, antara  lain:
1. Windows tidak berhasil menemukan driver yang tepat
Windows akan berusaha mengisntal driver secara otomatis, dan kita diberitahu jika peranti sudah siap digunakan. Sebaliknya jika gagal, windows mempersilahkan kita memasukkan disk yang memuat driver yang tepat untuk peranti dimaksud.

2. Windows tidak mengenali peranti USB kita
Sebelum windows mencari dan menginstal driver untuk peranti USB, windows harus mengenali dahulu peranti tersebut. Jadi pastikan peranti tersebut kompatibel.

3. Adanya masalah dengan piranti
Masalah mungkin juga karena peranti tersebut rusak. Coba uji komputer dengan komputer lain, apakah permasalahan yang sama muncul. Jika ya, berarti memang peranti tersebut layak diganti.

Memeriksa status peranti

Adalah sangat membantu jika kita mengecek status sebuah peranti yang bermasalah. Kita harus login sebagai administrator, caranya:
1. Dari Control Panel klik System and Maintenance dan pilih Device Manager.
2. Klik gandakategori yang cocok untuk peranti dimaksud dan cari entri untuk peranti  itu.
3. Klik kanan pada peranti kita dan klik Properties.
4. Klik tab General.
5. Pada kotak Device Status, periksa apakah ada penjelasan tentang masalah peranti kita khususnya permasalahan driver.

Dengan berbagai cara mengatasi error pada hardware vista di atas semoga dapat mengatasi error yang terjadi pada hardware anda.

Popular posts from this blog

75 istilah ekonomi lengkap

Setelah sebelumnya admin telah memberikan informasi tentang istilah bidang kesenian dan kebudayaan, selanjutnya admin akan menuliskan info tentang istilah ekonomi lengkap. Dalam artikel tentang ekonomi atau berita ekonomi indonesia sering kita dengar istilah-istilah yang kurang kita mengerti, atau sebenarnya kita mengetahui maksudnya namun tak mampu menjelaskan atau menjabarkannya secara rinci kepada orang lain.

Untuk itu, berikut kami tuliskan daftar istilah dalam bidang ekonomi dalam 75 istilah ekonomi : Aset : kekayaan.Akumulasi : proses penambahan modal (uang tunai, mesin-mesin, dsb.Bankir : orang yang memperdagangkan uang ; cukong.Bank : kantor penyimpanan, perkreditan keuangan.Banker : direktur bank.Barter : perdagangan dengan saling menukar barang.Bonanza : sumber rejeki (keuntungan, kebahagiaan).Bonus : honor tambahan di luar gaji (uang ekstra).Brankas : lemari tempat menyimpan uang, barang-barang berharga.Bursa : tempat memperjualbelikan saham.Butik : toko yang menjual barang…

67 Istilah Pertanian Lengkap

Dalam bidang pertanian dikenal banyak istilah pertanian yang biasa diterapkan dalam kalimat yang tentunya berhubungan dengan dunia pertanian. Namun, meski kita sering mendengar dan tahu maksud istilah tersebut, saat kita ditanya dan disuruh mendeskripsikan ternyata kesulitan. Untuk itu, kali ini Enjangcom akan memberikan informasi tentang istilah-istilah dalam bidang pertanian dan penjelasannya. Istilah-istilah tersebut kami rangkum dalam 67 istilah pertanian, selengkapnya sebagai berikut : Agrobisnis : melakukan usaha perdagangan dalam bidang hasil-hasil pertanian.Agraria : urusan pertanian atau tanah pertanian.Airdas : pengairan dasar.Amubu : alat memupuk dan menabur.Amuru : alat memupuk dan menggaru.Apiani : peternak lebah.Agrisilvikultur : pertanian rakyat yang dilakukan di areal kehutanan.Agroindustri : industri di bidang pertanian.Ammonifikasi : proses peruraian bahan organik oleh mikro-organisme menjadi amoniak.Benih : bibit tanaman yang akan ditebar, diternak, dan lain-lain.Da…

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain. Selain koperasi, ada beberapa badan usaha lain yang bergerak dalam bidang ekonomi, antara lain toko, firma, persekutuan komanditer (CV), dan perseroan Terbatas (PT). Usaha yang dilakukan koperasi berbeda dengan yang dilakukan badan usaha lain tersebut.
Perbedaan koperasi dengan badan usaha lain ada tujuh, yang tentu saja jika dibandingkan lebih menguntungkan koperasi, perbedaan yaitu sebagai berikut :
NoKoperasiBadan Usaha Lain1Mengutamakan kesejahteraan anggotaMengutamakan kepentingan perusahaan2Keanggotaan bersifat sukarelaKeanggotaan terbatas3Modal dari simpanan anggotaModal dari penjualan saham, perorangan, atau kelompok4Berbadan hukumAda yang tidak berbadan hokum5Pengurus dipilih anggotaPengurus ditentukan oleh pemegang saham6Terdapat pembagian SHU menurut jasa anggotaTidak ada pembagian SHU7Keuangan bersifat terbukaKeuangan bersifat tertutup
Dari, ketujuh perbedaan tersebut, mungkin anda terdorong untuk mendirikan usaha koperasi? Jika…