Skip to main content

Kamera digital dan megapixel

Kamera digital dan megapixel. Ukuran foto digital selalu dikaitkan dengan istilah pixel, karena gambar dalam foto digital merupakan kumpulan dari titik-titik yang lazim disebut pixel (picture element). Untuk mendapatkan gambar yang bagus, halus, cermat dan dapat diperbesar hingga ukuran sangat besar tentu memerlukan kamera dengan kemampuan yang lebih bagus.

Kemampuan kamera digital salah satunya ditentukan oleh besarnya kemampuan menangkap dan mengonversi gambar menjadi elemen-elemen gambar. Satu megapixel artinya satu juta pixel.

Kamera berkapasitas 1mp (megapixel) sudah kuno, karena sekarang handphone generasi baru saja sudah dilengkapi kamera berkemampuan 3mp, sementara kamera digital yang mungil sudah memiliki kapasitas 9 hingga 16mp. Singkatnya, semakin besar kapasaitas megapixel suatu kamera berarti kemampuannya menangkap gambar semakin baik.

Tetapi tidak hanya megapixelnya saja, melainkan juga kemampuan optical dari lensanya. Sebuah kamera digital sering ditawarkan dengan kemampuan zooming gambar hingga 6x-9x. Artinya lensa kamera tersebut memiliki kapasitas pembesaran obyek gambar yang dipotret.

Sebagai pelengkap informasi, sebuah kamera digital biasanya dapat di-set dengan 3 macam kualitas gambar, yaitu Best, Better dan Standard. Pilihan Best adalah kemampuan maksimum dari dimensi pixel yang dapat dihasilkan kamera tersebutSemakin tinggi pilihan kualitas/tingkat pixel yang dipilih, semakin besar ukuran file image yang dihasilkan.

Kamera digital tidak memakai film seperti jaman dahulu. Gambar yang ditangkap disimpan dalam sebuah media yang disebut memory stick, atau ada yang disebut MMC atau multimedia card. Keduanya dapat dianalogikan seperti disket, tetapi dalam bentuk skala yang jauh lebih canggih.

Misalnya memory stick yang mampu menampung 100 frame pada tingkat kualitas Best akan mampu menampung jauh lebih banyak jika anda memilih kualitas Better, apalagi Standard. Bahkan sekarang MMC sudah banyak yang bodong, dapat digunakan njepret berapapun dan tidak habis-habis.

Tentu bukannya tanpa batas, tetapi karena kapasitasnya besar sekali sehingga bagi yang jarang-jarang memfoto maka rasanya nggak pernah habis. Bayangkan jika kapasitas sebuah MMC mencapai 1 gigabyte yang mampu menyimpan 1000 jepretan foto lebih. Kapan habisnya?

Bagi yang masih awam mungkin akan bertanya, apakah semakin besar megapixel akan lebih baik? Jawabnya, itu tergantung kebutuhan. Jika anda membutuhkan gambar berukuran 5x4 inchi sementara nada memilih dimensi pixel diatas 2000 maka anda akan memperkecil image terlalu banyak.

Sebaliknya, jika anda akan memproduksi foto salon berukuran di di atas 10 inchi, sedangkan kamera anda kurang dari 4 megapixel, itu berati anda melakukan pembesaran image/gambar terlalu dramatis.

Popular posts from this blog

75 istilah ekonomi lengkap

Setelah sebelumnya admin telah memberikan informasi tentang istilah bidang kesenian dan kebudayaan, selanjutnya admin akan menuliskan info tentang istilah ekonomi lengkap. Dalam artikel tentang ekonomi atau berita ekonomi indonesia sering kita dengar istilah-istilah yang kurang kita mengerti, atau sebenarnya kita mengetahui maksudnya namun tak mampu menjelaskan atau menjabarkannya secara rinci kepada orang lain.

Untuk itu, berikut kami tuliskan daftar istilah dalam bidang ekonomi dalam 75 istilah ekonomi : Aset : kekayaan.Akumulasi : proses penambahan modal (uang tunai, mesin-mesin, dsb.Bankir : orang yang memperdagangkan uang ; cukong.Bank : kantor penyimpanan, perkreditan keuangan.Banker : direktur bank.Barter : perdagangan dengan saling menukar barang.Bonanza : sumber rejeki (keuntungan, kebahagiaan).Bonus : honor tambahan di luar gaji (uang ekstra).Brankas : lemari tempat menyimpan uang, barang-barang berharga.Bursa : tempat memperjualbelikan saham.Butik : toko yang menjual barang…

67 Istilah Pertanian Lengkap

Dalam bidang pertanian dikenal banyak istilah pertanian yang biasa diterapkan dalam kalimat yang tentunya berhubungan dengan dunia pertanian. Namun, meski kita sering mendengar dan tahu maksud istilah tersebut, saat kita ditanya dan disuruh mendeskripsikan ternyata kesulitan. Untuk itu, kali ini Enjangcom akan memberikan informasi tentang istilah-istilah dalam bidang pertanian dan penjelasannya. Istilah-istilah tersebut kami rangkum dalam 67 istilah pertanian, selengkapnya sebagai berikut : Agrobisnis : melakukan usaha perdagangan dalam bidang hasil-hasil pertanian.Agraria : urusan pertanian atau tanah pertanian.Airdas : pengairan dasar.Amubu : alat memupuk dan menabur.Amuru : alat memupuk dan menggaru.Apiani : peternak lebah.Agrisilvikultur : pertanian rakyat yang dilakukan di areal kehutanan.Agroindustri : industri di bidang pertanian.Ammonifikasi : proses peruraian bahan organik oleh mikro-organisme menjadi amoniak.Benih : bibit tanaman yang akan ditebar, diternak, dan lain-lain.Da…

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain. Selain koperasi, ada beberapa badan usaha lain yang bergerak dalam bidang ekonomi, antara lain toko, firma, persekutuan komanditer (CV), dan perseroan Terbatas (PT). Usaha yang dilakukan koperasi berbeda dengan yang dilakukan badan usaha lain tersebut.
Perbedaan koperasi dengan badan usaha lain ada tujuh, yang tentu saja jika dibandingkan lebih menguntungkan koperasi, perbedaan yaitu sebagai berikut :
NoKoperasiBadan Usaha Lain1Mengutamakan kesejahteraan anggotaMengutamakan kepentingan perusahaan2Keanggotaan bersifat sukarelaKeanggotaan terbatas3Modal dari simpanan anggotaModal dari penjualan saham, perorangan, atau kelompok4Berbadan hukumAda yang tidak berbadan hokum5Pengurus dipilih anggotaPengurus ditentukan oleh pemegang saham6Terdapat pembagian SHU menurut jasa anggotaTidak ada pembagian SHU7Keuangan bersifat terbukaKeuangan bersifat tertutup
Dari, ketujuh perbedaan tersebut, mungkin anda terdorong untuk mendirikan usaha koperasi? Jika…