Skip to main content

Mengatasi Troubleshoot windows vista

Mengatasi Troubleshoot windows vista. Troubleshoot komputer Vista yang bermasalah dapat menjadi tugas berat sehubungan kompleksnya kemungkinan konfigurasi sofware dan hardware dalam mesin.

Meski begitu, ada beberapa tahapan dasar dalam menelusuri dan memecahkannya. Sebelumnya ada beberapa hal yang perlu kita lakukan, yaitu:

Langkah mengatasi Troubleshoot windows vista

1. Mengecek spesifikasi dasar

Sebelum menuju penelusuran-penelusuran masalah, penting kiranya mengecek ulang spesifikasi hardware komputer, sehingga kita dapat memastikan bahwa sumber masalah bukan dari rendahnya spesifikasi hardware. Sebagai pedoman, kebutuhan dasar spesifikasi hardware untuk mensupport windows vista minimal adalah sebagai berikut:

- Prosesor: 800MHz, 32-bit (x86) atau 64-bit (x64). Direkomendasikan 1GHz, 32-bit (x86) atau 64-bit (x64).
- Memory system: 512 MB direkomendasikan 1 GB.
- GPU: SVGS (800x600) direkomendasikan SVGA (1024x768).
- Memory grafis: 64MB direkomendasikan 128 MB aero compatible.
- Hard Drive: 20GB direkomendasikan 40GB.
- Spasi kosong Hard Drive 15GB.
- Drive Optik: CD-Room direkomendasikan DVD RW.

2. Memanggil system restore

Jika anda tidak tahu bagaimana harus memulai dan tidak memiliki gambaran mengapa terjadi trouble seperti yang dihadapi, solusi pertama yang bisa ditempuh adalah memanfaatkan System Restore untuk mengembalikan sistem ke kondisi normal sebelumnya, sebelum terjadinya masalah.

Untuk menggunakan System Restore langkahnya sebagai berikut:
  1. Klik Start.
  2. Pilih All Programs.
  3. Pilih Accessories.
  4. Pilih System Tool
  5. Pilih System Restore

3. Pengecekan memori

Windows vista akan senantiasa memonitor ketersediaan memori, dan akan memberitahu kita saat terjadi error. Namun, walau begitu untuk tujuan Troubleshooting, ide yang baik jika secara berkala kita menjalankan Windows Memory Diagnostic Tool secara manual untuk memeriksa ketersediaan memori. Langkahnya sebagai berikut:
  1. Buka Control Panel
  2. Pilih System anda Maintenance
  3. Pilih Administrative Tools
  4. Pilih Memory Dianostic Tool (mungkin akan dipersilahkan mengisi password administrator)
Pilih opsi "You can restart you computer dan run the tool immediately".Ketika proses diagnostic selesai, kita akan tahu apakah permasalahan yang terjadi berkaitan dengan memori atau tidak.

4. Pengecekan harddisk (CHKDSK)

Pada kebanyakan kasus, permasalahan harddisk disebabkan oleh file-file sistem yang korup atau rusaknya fisik harddisk. Untuk mengidentifikasikannya, lakukan scan drive-drive. Caranya sebagai berikut:
  1. Pergi ke Start > Computer
  2. Klik kanan harddisk yang ingin dites
  3. Pilih Properties
  4. Pilih tab Tools
  5. Klik tombol Check Now di bawah Error-Checking. Mungkin akan dipersilahkan mengisi password administrator. Pilih opsi "Automatically fix file system errors" untuk memindai (scan) disk dan secara otomatis memperbaiki error-error file sistem. Atau pilih "Scan for and attempt recovery of bad sectors" untuk memindai disk dan berusaha mengatasi bad sector.
  6. Klik Start untuk memulai proses.
Bergantung pada besarnya harddisk dan kecepatan komputer, proses ini akan memakan waktu berbeda-beda. Untuk hasil yang lebih baik hindari penggunaan komputer selama proses ini berlangsung.

5. Penanganan peranti-peranti

Dianjurkan kita selalu memperhatikan kompatibilitas peranti-peranti (device). Jika terjadi masalah saat menginstal peranti baru ke komputer, kemungkinan besar driver untuk peranti tersebut tidak kompatibel dengan windows vista.

Men-download driver terbaru (versi update) dari situs resmi pabrik biasanya dapat memecahkan masalah yang dihadapi. Jika tidak ditemukan update driver yang dimaksud, sebaiknya peranti jangan dipasang. Lakukan reboot Vista dan perhatikan apakah error muncul lagi.

6. Penanganan sofware

Sofware-sofware yang dirancang berjalan dalam windows XP biasanya akan berjalan dengan baik pada windows vista. Meski begitu, beberapa program lama dapat berjalan lambat atau tidak sama sekali. Kita dapat mencoba menjalankan program tersebut, atau menggunakan tab Compatibility program.

Jika masih tidak bisa menjalankan sofware dalam lingkungan vista mungkin saatnya mengganti program tersebut dengan versi lain. Atau jika program sangat vital untuk kepentingan bisnis, bangun dual-boot vista dengan versi windows lama yang bisa menjalankan program tersebut.

Dengan memperhatikan langkah-langkah di atas biasanya kita akan tahu langkah apa yang harus diambil untuk mengatasi Troubleshoot windows vista.

Popular posts from this blog

75 istilah ekonomi lengkap

Setelah sebelumnya admin telah memberikan informasi tentang istilah bidang kesenian dan kebudayaan, selanjutnya admin akan menuliskan info tentang istilah ekonomi lengkap. Dalam artikel tentang ekonomi atau berita ekonomi indonesia sering kita dengar istilah-istilah yang kurang kita mengerti, atau sebenarnya kita mengetahui maksudnya namun tak mampu menjelaskan atau menjabarkannya secara rinci kepada orang lain.

Untuk itu, berikut kami tuliskan daftar istilah dalam bidang ekonomi dalam 75 istilah ekonomi : Aset : kekayaan.Akumulasi : proses penambahan modal (uang tunai, mesin-mesin, dsb.Bankir : orang yang memperdagangkan uang ; cukong.Bank : kantor penyimpanan, perkreditan keuangan.Banker : direktur bank.Barter : perdagangan dengan saling menukar barang.Bonanza : sumber rejeki (keuntungan, kebahagiaan).Bonus : honor tambahan di luar gaji (uang ekstra).Brankas : lemari tempat menyimpan uang, barang-barang berharga.Bursa : tempat memperjualbelikan saham.Butik : toko yang menjual barang…

67 Istilah Pertanian Lengkap

Dalam bidang pertanian dikenal banyak istilah pertanian yang biasa diterapkan dalam kalimat yang tentunya berhubungan dengan dunia pertanian. Namun, meski kita sering mendengar dan tahu maksud istilah tersebut, saat kita ditanya dan disuruh mendeskripsikan ternyata kesulitan. Untuk itu, kali ini Enjangcom akan memberikan informasi tentang istilah-istilah dalam bidang pertanian dan penjelasannya. Istilah-istilah tersebut kami rangkum dalam 67 istilah pertanian, selengkapnya sebagai berikut : Agrobisnis : melakukan usaha perdagangan dalam bidang hasil-hasil pertanian.Agraria : urusan pertanian atau tanah pertanian.Airdas : pengairan dasar.Amubu : alat memupuk dan menabur.Amuru : alat memupuk dan menggaru.Apiani : peternak lebah.Agrisilvikultur : pertanian rakyat yang dilakukan di areal kehutanan.Agroindustri : industri di bidang pertanian.Ammonifikasi : proses peruraian bahan organik oleh mikro-organisme menjadi amoniak.Benih : bibit tanaman yang akan ditebar, diternak, dan lain-lain.Da…

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain. Selain koperasi, ada beberapa badan usaha lain yang bergerak dalam bidang ekonomi, antara lain toko, firma, persekutuan komanditer (CV), dan perseroan Terbatas (PT). Usaha yang dilakukan koperasi berbeda dengan yang dilakukan badan usaha lain tersebut.
Perbedaan koperasi dengan badan usaha lain ada tujuh, yang tentu saja jika dibandingkan lebih menguntungkan koperasi, perbedaan yaitu sebagai berikut :
NoKoperasiBadan Usaha Lain1Mengutamakan kesejahteraan anggotaMengutamakan kepentingan perusahaan2Keanggotaan bersifat sukarelaKeanggotaan terbatas3Modal dari simpanan anggotaModal dari penjualan saham, perorangan, atau kelompok4Berbadan hukumAda yang tidak berbadan hokum5Pengurus dipilih anggotaPengurus ditentukan oleh pemegang saham6Terdapat pembagian SHU menurut jasa anggotaTidak ada pembagian SHU7Keuangan bersifat terbukaKeuangan bersifat tertutup
Dari, ketujuh perbedaan tersebut, mungkin anda terdorong untuk mendirikan usaha koperasi? Jika…