Skip to main content

Teknik pengeditan worksheet excel 2007

Teknik pengeditan worksheet excel 2007. Pengeditan worksheet tingkat lanjut pada microsoft Excel 2007 meliputi pencarian dan penggantian data secara cepat, membatalkan perintah atau aksi, memindahkan sel, menambahkan baris atau kolom, melakukan pemeriksaan atas berbagai kesalahan. Untuk melakukan pengeditan tingkat lanjut, anda bisa memanfaatkan toolbar Editing dan Toolbar Cells.


Berkaitan dengan pengeditan worksheet tingkat lanjut berikut akdan diuraikan beberapa hal, antara lain:


a. Menggunakan fitur Find and Select


b. Menggunakan perintah Undo


c. Menyisipkan baris dan kolom


d. Memformat angka



a. Menggunakan fitur Find and Select

Fitur Find digunakan untuk mencari data berdasarkan kondisi tertentu dan jumlah yang banyak. Untuk menggunakan fitur ini, gunakan langkah berikut:


  1. Pada baris menu, klik Home, pilih group Editing > Find & Select, lalu pilih Find.

  2. Berikutnya, ketik data yang dicari pada kotak Find What.

  3. Selanjutnya, klik Find All sehingga data akan ditampilkan.


Anda bisa juga mengganti kata yang telah ditemukan dengan kata lain, caranya sebagai berikut:

  1. Pada jendela Find and Replace, klik tab Replace.

  2. Setelah itu, pilih kata yang akan diganti dengan kata yang diinginkan pada kotak Replace With.

  3. Lanjutkan dengan mengklik Replace All untuk proses pergantian, sehingga akan muncul kotak dialog yang menampilkan total penggantian kata.

  4. Hasil penggantian kata akan ditampilkan di bawah jendela Find and Replace.


b. Menggunakan perintah Undo

Data yang tengah dikerjakan bisa dibatalkan menggunakan perintah Undo atau Redo yang berada di Quick Access Toolbar di kanan Office Button. Untuk menjalankannya, klik salah satu perintah yang ingin digunakan.

c. Menyisipkan baris dan kolom

Teknik pengeditan berikutnya adalah menyisipkan kolom atau baris menggunakan toolbar Cells. Untuk menyisipkan baris klik dan tempatkan pointer di posisi baris yang diinginkan, lalu klik Home >Insert pada group Cells. Untuk mengakhiri, pilih Insert Sheet Rows.

Untuk menyisipkan kolom, anda bisa menggunakan langkah seperti di atas, kemudian pilih Insert Sheet Columns pada group Cells.

d. Memformat angka

Setelah menambahkan baris atau kolom, andapun bisa memformat angka. Salah satunya dengan menambahkan simbol mata uang. Simbol mata uang pada Excel 2007 bisa ditemukan pada baris group Number. Untuk menggunakan group Number sebagai berikut:

  1. Blok data yag akan ditambahkan format simbol. Sebagai contoh, gunakan simbol mata uang Rp (rupiah) atau pemisah pecahan.

  2. Setelah itu, klik Home pada baris menu.

  3. Kemudian, pilih group Number pada combo box dan pilih Accounting. Lanjutkan dengan memilih Rp Indonesian atau mengklik Command Style untuk menampilkan pemisah pecahan.


Anda bisa mengatur format angka yang diinginkan melalui group Number. Pilih Opsi menu yang disediakan oleh Combo Box, diantaranya sebagai berikut:

  • General: untuk membuat format angka secara umum, 12,5; 125; dan lain sebagainya.

  • Number: untuk membuat format angka desimal atau angka pembulatan, misalnya 12,8 dibulatkan menjadi 3.

  • Currency: untuk menambahkan simbol mata uang, misalnya Rp125.000.

  • Accounting: format ini sama dengan format Currency yang digunakan untuk menambahkan simbol mata uang dan sering digunakan dalam pembukuan akuntansi. Accounting dapat juga membuat angka negatif.

  • Short Date: untuk membuat format tanggal pendek misalnya 12/12/2006.

  • Long Date: untuk membuat format tanggal pangjang, misalnya 12 Desember 2012.

  • Time: untuk format waktu terdiri dari jam, menit, detik. Misalnya 12:50:00.

  • Percentage: utuk menambahkan simbol % di belakang angka, misalnya 125%.

  • Fraction: untuk menuliskan angka pecahan, misalnya menuliskan angka 50/6 pada sel dan tekan Enter hingga muncul 9 1/3 pada sel.

  • Scientific: untuk menuliskan angka yang terlalu panjang. Misal: 1,E+0,5. Format itu akan tampil jika anda menuliskan angka terlalu panjang.


Anda dapat mengatur format angka melalui kotak dialog Format Cells dengan mengklik tanda panah di bawah group Number.

Popular posts from this blog

67 Istilah Pertanian Lengkap

Dalam bidang pertanian dikenal banyak istilah pertanian yang biasa diterapkan dalam kalimat yang tentunya berhubungan dengan dunia pertanian. Namun, meski kita sering mendengar dan tahu maksud istilah tersebut, saat kita ditanya dan disuruh mendeskripsikan ternyata kesulitan. Untuk itu, kali ini Enjangcom akan memberikan informasi tentang istilah-istilah dalam bidang pertanian dan penjelasannya. Istilah-istilah tersebut kami rangkum dalam 67 istilah pertanian, selengkapnya sebagai berikut : Agrobisnis : melakukan usaha perdagangan dalam bidang hasil-hasil pertanian.Agraria : urusan pertanian atau tanah pertanian.Airdas : pengairan dasar.Amubu : alat memupuk dan menabur.Amuru : alat memupuk dan menggaru.Apiani : peternak lebah.Agrisilvikultur : pertanian rakyat yang dilakukan di areal kehutanan.Agroindustri : industri di bidang pertanian.Ammonifikasi : proses peruraian bahan organik oleh mikro-organisme menjadi amoniak.Benih : bibit tanaman yang akan ditebar, diternak, dan lain-lain.Da…

75 istilah ekonomi lengkap

Setelah sebelumnya admin telah memberikan informasi tentang istilah bidang kesenian dan kebudayaan, selanjutnya admin akan menuliskan info tentang istilah ekonomi lengkap. Dalam artikel tentang ekonomi atau berita ekonomi indonesia sering kita dengar istilah-istilah yang kurang kita mengerti, atau sebenarnya kita mengetahui maksudnya namun tak mampu menjelaskan atau menjabarkannya secara rinci kepada orang lain.

Untuk itu, berikut kami tuliskan daftar istilah dalam bidang ekonomi dalam 75 istilah ekonomi : Aset : kekayaan.Akumulasi : proses penambahan modal (uang tunai, mesin-mesin, dsb.Bankir : orang yang memperdagangkan uang ; cukong.Bank : kantor penyimpanan, perkreditan keuangan.Banker : direktur bank.Barter : perdagangan dengan saling menukar barang.Bonanza : sumber rejeki (keuntungan, kebahagiaan).Bonus : honor tambahan di luar gaji (uang ekstra).Brankas : lemari tempat menyimpan uang, barang-barang berharga.Bursa : tempat memperjualbelikan saham.Butik : toko yang menjual barang…

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain. Selain koperasi, ada beberapa badan usaha lain yang bergerak dalam bidang ekonomi, antara lain toko, firma, persekutuan komanditer (CV), dan perseroan Terbatas (PT). Usaha yang dilakukan koperasi berbeda dengan yang dilakukan badan usaha lain tersebut.
Perbedaan koperasi dengan badan usaha lain ada tujuh, yang tentu saja jika dibandingkan lebih menguntungkan koperasi, perbedaan yaitu sebagai berikut :
NoKoperasiBadan Usaha Lain1Mengutamakan kesejahteraan anggotaMengutamakan kepentingan perusahaan2Keanggotaan bersifat sukarelaKeanggotaan terbatas3Modal dari simpanan anggotaModal dari penjualan saham, perorangan, atau kelompok4Berbadan hukumAda yang tidak berbadan hokum5Pengurus dipilih anggotaPengurus ditentukan oleh pemegang saham6Terdapat pembagian SHU menurut jasa anggotaTidak ada pembagian SHU7Keuangan bersifat terbukaKeuangan bersifat tertutup
Dari, ketujuh perbedaan tersebut, mungkin anda terdorong untuk mendirikan usaha koperasi? Jika…