Skip to main content

Kegiatan ekonomi di Indonesia nonagraris

Kegiatan ekonomi di Indonesia nonagraris. Di Indonesia kegiatan ekonomi nonagraris umumnya lebih berkembang di kawasan perkotaan, khususnya di kota-kota besar. Kegiatan ekonomi nonagraris meliputi usaha pertambangan, industri, perdagangan, dan jasa. Nah, untuk kali ini Enjangcom akan memberikan info dengan mengulasnya satu-persatu.

Berikut ulasannya :1. Pertambangan
Pertambangan meliputi migas dan batu bara.

a. Minyak dan gas
Pusat-pusat pertambangan minyak bumi Indonesia, antara lain terdapat di :
  • Perlak dan Lhokseumawe (NAD)
  • Langkat dan Pangkalanbrandan, Sumatra Utara
  • Dumai, Duri, Natuna, Minas, Lirik, dan Rumbai (Riau dan kepulauan Riau)
  • Jambi
  • Muaraenim dan Prabumulih (Bengkulu)
  • Selat Sunda, Cirebon, dan Jatibarang (Banten dan Jawa Barat)
  • Cepu, Grobogan, dan lepas pantai Rembang (Jawa Tengah)
  • Wonokromo dan Bojonegoro (Jawa Timur)
  • Balikpapan, Tarakan, Pulau Bunyu, dan Kutai (Kalimantan Timur)
  • Pulau Seram (Maluku)
  • Sorong, Babo, dan Klamono (Papua)

Negara Indonesia merupakan penghasil gas alam terbesar di dunia. Daerah penghasil gas alam utama adalah Plaju dan Sungai Gerong (Sumatra Selatan) serta di Arun dan Bontang. Gas alam yang telah diolah menjadi Liquid Natural Gas (LNG) atau gas alam cair merupakan komoditas ekspor. Negara pengimpor LNG Indonesia terbesar adalah Jepang, Korea Selatan dan Amerika Serikat.

2. Batu bara
Pusat-pusat penambangan batu bara di Indonesia terdapat di :
  • Bukitasam dan Sawahlunto (Sumatra)
  • Muara Sungai Mahakam, Pulau Laut, lembah Sungai Berau, dan lembah Sungai Kapuas (Kalimantan)
  • Sulawesi Selatan
  • Banten dan Jawa Barat.

Kegiatan ekonomi di Indonesia nonagraris

2. Perindustrian
Industri adalah kegiatan memproses atau mengolah bahan mentah menjadi bahan setengah jadi menjadi barang konsumsi dengan menggunakan sarana dan peralatan. Sedangkan perindustrian adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan proses-proses industri.

Perkembangan sektor industri ini didukung oleh beberapa faktor, antara lain ketersediaan sumber daya alam, ketersediaan sumber daya manusia (tenaga kerja), ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai (air bersih, listrik, jalur transportasi, dan komunikasi, potensi pasar yang besar, serta kemampuan dalam penerapan teknologi.

3. Perdagangan
Perdagangan adalah suatu kegiatan jual beli (transaksi) barang dari produsen kepada konsumen. Berdasarkan luas jangkauan pemasaran, perdagangan dapat dibedakan menjadi empat kategori, antara lain sebagai berikut :

a. Perdagangan lokal, yaitu perdagangan yang berlangsung di sekitar kota atau daerah tempat penjual atau produsen bertempat tinggal.

b. Perdagangan regional, yaitu perdagangan yang terjadi antarwilayah.

c. Perdagangan nasional, yaitu perdagangan yang terjadi antarwilayah di dalam negeri dan meliputi seluruh wilayah negara yang bersangkutan.

d. Perdagangan internasional, yaitu perdagangan yang terjadi antarbangsa di dunia. Ekspor adalah kegiatan perdagangan dalam menjual barang ke luar negeri, sedangkan impor adalah kegiatan perdagangan dalam membeli atau mendatangkan barang dari luar negeri.

4. Jasa

Jasa merupakan aktivitas, kemudahan, atau manfaat yang dapat dijual ke orang lain atau konsumen yang membutuhkannya. Bentuk-bentuk kegiatan jasa, antara lain jasa kesehatan, jasa hukum, jasa perbankan, jasa transportasi dan perhubungan, serta jasa telekomunikasi.

Baca juga Kegiatan ekonomi agraris pertanianItulah keempat Kegiatan ekonomi di Indonesia nonagraris yang dapat kami informasikan, semoga menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat.

Popular posts from this blog

67 Istilah Pertanian Lengkap

Dalam bidang pertanian dikenal banyak istilah pertanian yang biasa diterapkan dalam kalimat yang tentunya berhubungan dengan dunia pertanian. Namun, meski kita sering mendengar dan tahu maksud istilah tersebut, saat kita ditanya dan disuruh mendeskripsikan ternyata kesulitan. Untuk itu, kali ini Enjangcom akan memberikan informasi tentang istilah-istilah dalam bidang pertanian dan penjelasannya. Istilah-istilah tersebut kami rangkum dalam 67 istilah pertanian, selengkapnya sebagai berikut : Agrobisnis : melakukan usaha perdagangan dalam bidang hasil-hasil pertanian.Agraria : urusan pertanian atau tanah pertanian.Airdas : pengairan dasar.Amubu : alat memupuk dan menabur.Amuru : alat memupuk dan menggaru.Apiani : peternak lebah.Agrisilvikultur : pertanian rakyat yang dilakukan di areal kehutanan.Agroindustri : industri di bidang pertanian.Ammonifikasi : proses peruraian bahan organik oleh mikro-organisme menjadi amoniak.Benih : bibit tanaman yang akan ditebar, diternak, dan lain-lain.Da…

75 istilah ekonomi lengkap

Setelah sebelumnya admin telah memberikan informasi tentang istilah bidang kesenian dan kebudayaan, selanjutnya admin akan menuliskan info tentang istilah ekonomi lengkap. Dalam artikel tentang ekonomi atau berita ekonomi indonesia sering kita dengar istilah-istilah yang kurang kita mengerti, atau sebenarnya kita mengetahui maksudnya namun tak mampu menjelaskan atau menjabarkannya secara rinci kepada orang lain.

Untuk itu, berikut kami tuliskan daftar istilah dalam bidang ekonomi dalam 75 istilah ekonomi : Aset : kekayaan.Akumulasi : proses penambahan modal (uang tunai, mesin-mesin, dsb.Bankir : orang yang memperdagangkan uang ; cukong.Bank : kantor penyimpanan, perkreditan keuangan.Banker : direktur bank.Barter : perdagangan dengan saling menukar barang.Bonanza : sumber rejeki (keuntungan, kebahagiaan).Bonus : honor tambahan di luar gaji (uang ekstra).Brankas : lemari tempat menyimpan uang, barang-barang berharga.Bursa : tempat memperjualbelikan saham.Butik : toko yang menjual barang…

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain. Selain koperasi, ada beberapa badan usaha lain yang bergerak dalam bidang ekonomi, antara lain toko, firma, persekutuan komanditer (CV), dan perseroan Terbatas (PT). Usaha yang dilakukan koperasi berbeda dengan yang dilakukan badan usaha lain tersebut.
Perbedaan koperasi dengan badan usaha lain ada tujuh, yang tentu saja jika dibandingkan lebih menguntungkan koperasi, perbedaan yaitu sebagai berikut :
NoKoperasiBadan Usaha Lain1Mengutamakan kesejahteraan anggotaMengutamakan kepentingan perusahaan2Keanggotaan bersifat sukarelaKeanggotaan terbatas3Modal dari simpanan anggotaModal dari penjualan saham, perorangan, atau kelompok4Berbadan hukumAda yang tidak berbadan hokum5Pengurus dipilih anggotaPengurus ditentukan oleh pemegang saham6Terdapat pembagian SHU menurut jasa anggotaTidak ada pembagian SHU7Keuangan bersifat terbukaKeuangan bersifat tertutup
Dari, ketujuh perbedaan tersebut, mungkin anda terdorong untuk mendirikan usaha koperasi? Jika…