Skip to main content

10 keunggulan teknologi Honda eSP engine

10 keunggulan teknologi Honda eSP engine - Di Indonesia sampai saat ini, sepeda motor Honda rasanya semakin membuat penggemarnya selalu dan selalu tertarik untuk membelinya. Berbagai teknologi baru diluncurkan untuk memberikan kepuasan bagi pengguna motor yang terkenal irit bahan bakar ini. Salah satu teknologi yang diusung Honda di tahun 2015 adalah teknologi eSP.

Apa itu teknologi eSP? eSP merupakan kepanjangan atau singkatan dari Enhanced Smart Power, yaitu peningkatan daya tahan mesin, halus dan meningkatkan tenaga. Konsep ini diusung Honda untuk 10 teknologi utama.

Keunggulan teknologi eSP Motor Honda

Honda Indonesia konon akan menerapkan mesin dengan teknologi eSP bukan saja di Indonesia, tetapi di Thailand juga sedang merilis skutik baru dengan teknologi eSP engine. Lalu mengapa Honda menerapkan ini? Apa sebenarnya keunggulan teknologi eSP? Berikut kutipan dari otomotif mengenai 10 keunggulan teknologi eSP Honda.

1. ACG starter dan ISS
Starter menyatu dengan alternator. Suara saat menyalakan motor sangat pelan. Komponen ini sangat kompatibel dengan idling stop system (ISS) seperti yang dipakai pada Vario 125 Idling Stop. ISS merupakan teknologi yang memungkinkan mesin mati secara otomatis ketika motor berhenti selama 3 detik. Dan hal ini tentu akan menghemat bahan bakar ketika berkali-kali pengendara berhenti di lampu merah.

2. Fuel Injector
Skutik Honda memiliki semprotan bahan bakar paling halus di antara produk motor pesaingnya.

3. Roller Rocker Arm
Skutik Honda disempurnakan dengan leher bambu pada as rocker arm, memiliki ukuran roller yang lebih kecil. Hal ini membuat lebih ringan dan gesekannya berkurang. Komponen desain ciptaan Honda ini sudah dipatenkan.

4. Compact Combustion Chamber
Pada ruang bakar disempurnakan dengan menghilangkan hambatan pada saluran masuk bahan bakar. Kalau umumnya terdapat sudut yang bisa menghambat aliran kabut bahan bakar, kini dibuat lebih lancar.

5. Offset Cyclinder dan Spiny Sleeves
Offset cylinder adalah posisi piston dan stang piston saat titik mati atas (TMA) yang tidak sejajar dengan posisi sumbu kruk as. Manfaatnya Offset cylinder adalah : ketika langkah usaha atau kompresi, gesekan antara piston dan dinding silinder semakin kecil. Piston dan stang piston akan bergerak tegak lurus tanpa menekan dinding silinder secara berlebihan.

Sedangkan Spiny sleeve merupakan lapisan yang menyerupai kulit jeruk yang letakanya di balik dinding silinder. Fungsinya Spiny sleeve adalah : untuk melepas panas lebih cepat.

Teknologi ini juga digunakan pada blok silinder Honda CBR 250R.

6. Light Weight Piston & Crankshaft
Piston yang digunakan lebih ringan jika dibandingkan dengan komponen pendahulunya. Pin dan rumah pin piston berukuran lebih kecil. ringan, juga mengurangi bidang gesek antara piston dan dinding silinder. Sedang kruk as dibuat lebih kuat untuk mengurangi getaran, yaitu dengan menggunakan bearing kruk as yang lebih besar.

7. Breather Passage
Selain ada jalur air radiator, di balik blok silinder terdapat lubang pendingin. Lubang ini berguna untuk mengalirkan uap panas di dalam mesin ke luar. Produksi sebelumnya panas hanya dibuang lewat jalur rantai keteng. Jadi, sekarang ada dua, sehingga lebih dingin dan mesin lebih ringan.

8. Built in Liquid Cooling System
Built in Liquid Cooling System merupakan sistem pendinginan air pada eSP engine yang lebih baik. Sekarang jalur airnya tidak hanya terdapat pada kepala silinder, tetapi juga terdapat di balik dinding silinder. Selain itu radiatornya memiliki sekat lebih banyak.

9. V-Matic
Transmisi otomatis eSP engine memiliki rasio lebih lebar dan dirancang dengan belt baru sehingga menciptakan elastisitas karet yang tinggi. Ini bermanfaat lebih awet dan mengurangi gejala selip.

10. Transmission
Penyempurnaan pada gigi transmisi di belakang CVT banyak mengalami perubahan. Terutama dengan konstruksi rib atau tulangan baru, Honda sanggup mengurangi jumlah oli agar lebih ringan bekerja. Beberapa bearing ditambahkan agar gigi transmisi halus dan bebas getaran.

Itulah 10 keunggulan teknologi Honda eSP engine, tentunya ini semakin membuat pengguna Honda lebih percaya diri untuk menentukan pilihan membeli Honda.

Baca juga : motor matic terbaru yang telah diterapkan teknologi eSP pada artikel Harga Honda Vario 150 eSP 150cc. Semoga bermanfaat menambah informasi anda.

Popular posts from this blog

67 Istilah Pertanian Lengkap

Dalam bidang pertanian dikenal banyak istilah pertanian yang biasa diterapkan dalam kalimat yang tentunya berhubungan dengan dunia pertanian. Namun, meski kita sering mendengar dan tahu maksud istilah tersebut, saat kita ditanya dan disuruh mendeskripsikan ternyata kesulitan. Untuk itu, kali ini Enjangcom akan memberikan informasi tentang istilah-istilah dalam bidang pertanian dan penjelasannya. Istilah-istilah tersebut kami rangkum dalam 67 istilah pertanian, selengkapnya sebagai berikut : Agrobisnis : melakukan usaha perdagangan dalam bidang hasil-hasil pertanian.Agraria : urusan pertanian atau tanah pertanian.Airdas : pengairan dasar.Amubu : alat memupuk dan menabur.Amuru : alat memupuk dan menggaru.Apiani : peternak lebah.Agrisilvikultur : pertanian rakyat yang dilakukan di areal kehutanan.Agroindustri : industri di bidang pertanian.Ammonifikasi : proses peruraian bahan organik oleh mikro-organisme menjadi amoniak.Benih : bibit tanaman yang akan ditebar, diternak, dan lain-lain.Da…

75 istilah ekonomi lengkap

Setelah sebelumnya admin telah memberikan informasi tentang istilah bidang kesenian dan kebudayaan, selanjutnya admin akan menuliskan info tentang istilah ekonomi lengkap. Dalam artikel tentang ekonomi atau berita ekonomi indonesia sering kita dengar istilah-istilah yang kurang kita mengerti, atau sebenarnya kita mengetahui maksudnya namun tak mampu menjelaskan atau menjabarkannya secara rinci kepada orang lain.

Untuk itu, berikut kami tuliskan daftar istilah dalam bidang ekonomi dalam 75 istilah ekonomi : Aset : kekayaan.Akumulasi : proses penambahan modal (uang tunai, mesin-mesin, dsb.Bankir : orang yang memperdagangkan uang ; cukong.Bank : kantor penyimpanan, perkreditan keuangan.Banker : direktur bank.Barter : perdagangan dengan saling menukar barang.Bonanza : sumber rejeki (keuntungan, kebahagiaan).Bonus : honor tambahan di luar gaji (uang ekstra).Brankas : lemari tempat menyimpan uang, barang-barang berharga.Bursa : tempat memperjualbelikan saham.Butik : toko yang menjual barang…

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain. Selain koperasi, ada beberapa badan usaha lain yang bergerak dalam bidang ekonomi, antara lain toko, firma, persekutuan komanditer (CV), dan perseroan Terbatas (PT). Usaha yang dilakukan koperasi berbeda dengan yang dilakukan badan usaha lain tersebut.
Perbedaan koperasi dengan badan usaha lain ada tujuh, yang tentu saja jika dibandingkan lebih menguntungkan koperasi, perbedaan yaitu sebagai berikut :
NoKoperasiBadan Usaha Lain1Mengutamakan kesejahteraan anggotaMengutamakan kepentingan perusahaan2Keanggotaan bersifat sukarelaKeanggotaan terbatas3Modal dari simpanan anggotaModal dari penjualan saham, perorangan, atau kelompok4Berbadan hukumAda yang tidak berbadan hokum5Pengurus dipilih anggotaPengurus ditentukan oleh pemegang saham6Terdapat pembagian SHU menurut jasa anggotaTidak ada pembagian SHU7Keuangan bersifat terbukaKeuangan bersifat tertutup
Dari, ketujuh perbedaan tersebut, mungkin anda terdorong untuk mendirikan usaha koperasi? Jika…