Skip to main content

36 istilah bidang perpustakaan

Apakah di sekolah atau di tempat anda tinggal terdapat perpustakaan? Jika ya syukurlah karena akan sangat berguna bagi orang-orang yang gemar membaca, namun jika belum semoga tak akan lama tempat anda berdiri perpustakaan umum. Dalam dunia perpustakaan terdapat istilah-istilah yang mungkin kurang anda mengerti maknanya. Untuk itu kali ini Enjangcom akan memberikan informasi online tentang arti/deskripsi/pengertian istilah-istilah tersebut. Berikut 36 istilah bidang perpustakaan:
  1. Akuisi : proses pengadaan bahan pustaka.
  2. Appendiks : lampiran yang berisi tentang penjelasan isi buku.
  3. Bahan penerbitan berkala : bahan penerbitan yang beredar pada tempo waktu tertentu (berkala ; mingguan, bulanan, harian).
  4. Buku fiksi : bukut yang memuat hal-hal yang penuh dengan khayal.
  5. Buku nonfiksi : buku-buku yang berisi tentang ilmu pengetahuan.
  6. Buku teks utama : buku yang berisi bahan pelajaran dari berbagai biodang studi yang dimanfaatkan sebagai buku pokok siswa.
  7. Buku teks pelengkap : buku pelengkap atau merupakan tambahan buku utama.
  8. Bibliografi : daftar buku sebagai pendukung para penulis.
  9. Bibliomani : cinta buku yang berlebih-lebihan.
  10. Biografi : daftar riwayat hidup seseorang.
  11. Buklet : buku kecil yang berfungsi sebagai selebaran atau biasa disebut juga pamflet.
  12. Buku bacaan : buku yang berisi tentang bacaan atau wacana.
  13. Buku komik : buku cerita bergambar.
  14. Buku pintar : buku panduan atau bimbingan.
  15. Call number : kode buku.
  16. DDC : Dewey Decimal Classification (klasifikasi persepuluhan Dewey).
  17. Entri : kata beserta penjelasan maknanya yang termuat di dalam kamus (katalog).
  18. Entri utama : main entry ; data buku secara komplit.
  19. Indeks : daftar kata-kata atau istilah yang termuat dalam buku  dan disusun secara alfabetis beserta nomor halaman.
  20. Ilustrator : orang yang membuat ilustrasi pada kulit buku, dan lain-lain.
  21. Judul buku : nama dari sebuah buku.
  22. Klasifikasi : penggolongan atau pengelompokan.
  23. Katalog buku : daftar buku.
  24. Kulit buku : sampul atau jaket buku.
  25. kliping : guntingan koran, majalah, dan lain-lain yang di tempelkan pada kertas tertentu sebagai sumber informasi.
  26. Halaman titel : halaman judul.
  27. Lay out : penataan atau tata letak.
  28. Pustaka : buku.
  29. Pustakawan : pakar perpustakaan.
  30. Kepustakaan : bahan acuan menulis atau daftar pustaka.
  31. Ensiklopedi : karya universal yang menghimpun uraian tentang berbagi cabang ilmu yang disusun secara alfabetis.
  32. Publik library : perpustakaan umum.
  33. Sheaf katalog : katalog berbentuk kartu.
  34. Sirkulasi buku : peredaran buku (tata cara peminjaman, dan lain-lain).
  35. Kartu anggota : kartu pengenal sebagai anggota perpustakaan yang bersangkutan.
  36. Ruang baca : ruangan khusus yang disiapkan untuk tempat membaca.

Itulah istilah-istilah dalam dunia perpustakaan yang dapat kami informasikan, semoga menjadikan manfaat bagi anda yang sedang mencari istilah yang dimaksud. Mohon maaf jika ada kekurangan.Bagi anda yang sedang belajar Bahasa Indonesia silahkan baca juga :

Popular posts from this blog

67 Istilah Pertanian Lengkap

Dalam bidang pertanian dikenal banyak istilah pertanian yang biasa diterapkan dalam kalimat yang tentunya berhubungan dengan dunia pertanian. Namun, meski kita sering mendengar dan tahu maksud istilah tersebut, saat kita ditanya dan disuruh mendeskripsikan ternyata kesulitan. Untuk itu, kali ini Enjangcom akan memberikan informasi tentang istilah-istilah dalam bidang pertanian dan penjelasannya. Istilah-istilah tersebut kami rangkum dalam 67 istilah pertanian, selengkapnya sebagai berikut : Agrobisnis : melakukan usaha perdagangan dalam bidang hasil-hasil pertanian.Agraria : urusan pertanian atau tanah pertanian.Airdas : pengairan dasar.Amubu : alat memupuk dan menabur.Amuru : alat memupuk dan menggaru.Apiani : peternak lebah.Agrisilvikultur : pertanian rakyat yang dilakukan di areal kehutanan.Agroindustri : industri di bidang pertanian.Ammonifikasi : proses peruraian bahan organik oleh mikro-organisme menjadi amoniak.Benih : bibit tanaman yang akan ditebar, diternak, dan lain-lain.Da…

75 istilah ekonomi lengkap

Setelah sebelumnya admin telah memberikan informasi tentang istilah bidang kesenian dan kebudayaan, selanjutnya admin akan menuliskan info tentang istilah ekonomi lengkap. Dalam artikel tentang ekonomi atau berita ekonomi indonesia sering kita dengar istilah-istilah yang kurang kita mengerti, atau sebenarnya kita mengetahui maksudnya namun tak mampu menjelaskan atau menjabarkannya secara rinci kepada orang lain.

Untuk itu, berikut kami tuliskan daftar istilah dalam bidang ekonomi dalam 75 istilah ekonomi : Aset : kekayaan.Akumulasi : proses penambahan modal (uang tunai, mesin-mesin, dsb.Bankir : orang yang memperdagangkan uang ; cukong.Bank : kantor penyimpanan, perkreditan keuangan.Banker : direktur bank.Barter : perdagangan dengan saling menukar barang.Bonanza : sumber rejeki (keuntungan, kebahagiaan).Bonus : honor tambahan di luar gaji (uang ekstra).Brankas : lemari tempat menyimpan uang, barang-barang berharga.Bursa : tempat memperjualbelikan saham.Butik : toko yang menjual barang…

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain. Selain koperasi, ada beberapa badan usaha lain yang bergerak dalam bidang ekonomi, antara lain toko, firma, persekutuan komanditer (CV), dan perseroan Terbatas (PT). Usaha yang dilakukan koperasi berbeda dengan yang dilakukan badan usaha lain tersebut.
Perbedaan koperasi dengan badan usaha lain ada tujuh, yang tentu saja jika dibandingkan lebih menguntungkan koperasi, perbedaan yaitu sebagai berikut :
NoKoperasiBadan Usaha Lain1Mengutamakan kesejahteraan anggotaMengutamakan kepentingan perusahaan2Keanggotaan bersifat sukarelaKeanggotaan terbatas3Modal dari simpanan anggotaModal dari penjualan saham, perorangan, atau kelompok4Berbadan hukumAda yang tidak berbadan hokum5Pengurus dipilih anggotaPengurus ditentukan oleh pemegang saham6Terdapat pembagian SHU menurut jasa anggotaTidak ada pembagian SHU7Keuangan bersifat terbukaKeuangan bersifat tertutup
Dari, ketujuh perbedaan tersebut, mungkin anda terdorong untuk mendirikan usaha koperasi? Jika…