Skip to main content

Metagenesis pada tumbuhan dan hewan

Metagenesis pada tumbuhan dan hewan. Kemampuan organisme menghasilkan keturunan merupakan salah satu upaya untuk melestarikan jenisnya agar tidak mengalami kepunahan. Pada beberapa organisme tertentu pada siklus hidupnya ada yang mengalami pergiliran keturunan (metagenesis). Metagenesis adalah pergiliran keturunan antara fase vegetatif dan fase generatir.

Fase vegetatif adalah fase dihasilkannya spora sehingga fase ini dikenal juga sebagai fase sporofit. Spora yang dihasilkan memiliki susunan kromosom 2n (diploid). Sedangkan fase generatif adalah fase dihasilkannya gamet sehingga fase ini dikenal juga sebagai fase gametofit. Gamet yang dihasilkan memiliki susunan kromosom n (haploid).

Tumbuhan dan hewan yang mengalami metagenesis
Organisme apa sajakah yang mengalami metagenesis? Beberapa jenis tumbuhan dan hewan mengalami metagenesis dalam siklus hidupnya. Misalnya tumbuhan lumut, tumbuhan paku, serta hewan protozoa (Obelia sp, dan Plasmodium sp.). Mari kita bahas satu-persatu, selengkapnya sebagai berikut.

1. Tumbuhan lumut
Perkembangan lumut mengalami pergiliran keturunan antara fase vegetatif dan fase generatif. Lumut dapat berkembang baik secara vegetatif dengan spora. Spora jatuh di tempat yang cocok akan akan menjadi kecambah kemudian menjadi protonema. Protonema tumbuh menjadi gametofit.

Selanjutnya, gametofit tumbuh menjadi gamet baik gamet jantan maupun gamet betina. Gamet jantan disebut anteridium, sedangkan gamet betina disebut arkegonium. Anteridium menghasilkan sp*rma dan arkegonium menghasilkan sel telur.

Peleburan antara sel sp*rma dan dan sel telur akan membentuk zigot. Zigot berkembang dan tumbuh menjadi suatu badan kecil yang akan menghasilkan spora, disebut sporogonium.

Demikian perkembangbiakan secara vegetatif dan generatif berlangsung secara bergantian melalui suatu pergiliran keturunan yang disebut metagenesis.

2. Tumbuhan paku
Tumbuhan paku menunjukkan metagenesisi, generasi gametofitnya menghasilkan protalium. Protalium hanya berumur beberapa minggu saja. Protalium besarnya seperti jantung berwarna hijau melekat pada substrat dengan rizoid.

Protalium memiliki anteridium dan arkegonium sehingga disebut fase gametofit. Fase sporofit lebih tampak jelas, tubuhnya telah dapat dibedakan atas akar, batang, dan daun. Fase inilah tumbuhan paku yang sebenarnya.

Perbedaan antara tumbuhan lumut dan tumbuhan paku
Perbedaan antara tumbuhan lumut dan tumbuhan paku terletak pada cara tumbuh generasi. Pada tumbuhan paku, fase sporofit dan fase gametofit tidak saling bergantung. Segera setelah sporofit dapat membuat makanannya sendiri, gametofit yang sangat kecil akan mati. Sebaliknya, pada tumbuhan lumut, kedua fase sepenuhnya saling bergantung. Sporofit memerlukan gametofit untuk makanannya.

3. Ubur-ubur (Obelia sp)
Obelia sp berbentuk bulat panjang (polip) pada saat berlangsung perkembangbiakan secara tidak kawin dan berbentuk seperti payung (medusa) pada saat berlangsung perkembangbiakan secara kawin.

Dari pembentukan gamet (gonangium), kuncup-kuncup  medusa dilepaskan dan terpisah menjadi individu yang dapat menghasilkan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina. Jika terjadi persatuan antara sel sp*rma dan sel telur, maka terbentuklah zigot yang kemudian akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan menjadi Obelia sp. baru yang berbentuk polip.

Polip tersebut kemudian berkembang biak secara vegetatif dengan membentuk kuncup-kuncup (tunas) dibagian ujungnya. Apabila tunas dilepaskan, maka akan tumbuh menjadi medusa dan terulang kembalilah siklus hidup Obelia sp.

4. Plasmodium
Siklus hidup Plasmodium sp. dimulai dari infeksi sporozoit yang dilakukan oleh gigitan nyamuk Anopheles betina. Di dalam tubuh manusia, sporozoit menyerang sel darah merah. Setelah masuk ke dalam sel darah merah, sporozoit akan berkembang biask secara vegetatif dengan membelah diri secara berulang-ulang menjadi merozoit dalam jumlah yang sangat banyak.

Jika merozoit telah masak, maka sel-sel darah merah pecah sehingga merozoit yang berada di dalamnya berhamburan ke luar. Merozoit yang terbebas kemudian menyerang sel-sel darah merah yang baru dan terjadilah siklus berikutnya.

Masa perkembangan sporozoit menjadi merozoit disebut sporulasi yang berlangsung secara as*ksual. Pada perkembangan berikutnya, dari sekian banyak merozoit yang terbentuk, di antaranya ada yang berkembang menjadi sel gamet (gametosit). Jika gametosit terhisap oleh nyamuk, maka di dalam perut nyamuk berkembang menjadi gamet jantan dan gamet betina. Gamet jantan disebut dengan mikrogametosit, dan gamet betina disebut dengan makrogametosit.

Di dalam perut nyamuk, mikrogametosit dan makrogametosit melebur menjadi satu membentuk zigot. Zigot yang terbentuk kemudian keluar dengan menembus dinding usus nyamuk dan berubah menjadi ookista.

Di dalam jaringan bawah usus nyamuk, ookista membelah diri membentuk sporozoit yang kemudian keluar dari jaringan bawah usus nyamuk menerobos dinding kelenjar ludah nyamuk dan masuk ke dalamnya.

Jika kemudian nyamuk tersebut menggigit orang lain yang sehat, maka sporozoit masuk ke dalam tubuh orang tersebut dan siklus perkembangbiakan Plasmodium sp. akan terulang kembali.

Baca juga :
Demikian informasi online digital yang dapat kami sampaikan mengenai Metagenesis pada tumbuhan dan hewan. Semoga info di atas bermanfaat bagi anda yang mencari informasi terkait atau bahkan sedang mempelajari ilmu biologi.

Popular posts from this blog

75 istilah ekonomi lengkap

Setelah sebelumnya admin telah memberikan informasi tentang istilah bidang kesenian dan kebudayaan, selanjutnya admin akan menuliskan info tentang istilah ekonomi lengkap. Dalam artikel tentang ekonomi atau berita ekonomi indonesia sering kita dengar istilah-istilah yang kurang kita mengerti, atau sebenarnya kita mengetahui maksudnya namun tak mampu menjelaskan atau menjabarkannya secara rinci kepada orang lain.

Untuk itu, berikut kami tuliskan daftar istilah dalam bidang ekonomi dalam 75 istilah ekonomi : Aset : kekayaan.Akumulasi : proses penambahan modal (uang tunai, mesin-mesin, dsb.Bankir : orang yang memperdagangkan uang ; cukong.Bank : kantor penyimpanan, perkreditan keuangan.Banker : direktur bank.Barter : perdagangan dengan saling menukar barang.Bonanza : sumber rejeki (keuntungan, kebahagiaan).Bonus : honor tambahan di luar gaji (uang ekstra).Brankas : lemari tempat menyimpan uang, barang-barang berharga.Bursa : tempat memperjualbelikan saham.Butik : toko yang menjual barang…

67 Istilah Pertanian Lengkap

Dalam bidang pertanian dikenal banyak istilah pertanian yang biasa diterapkan dalam kalimat yang tentunya berhubungan dengan dunia pertanian. Namun, meski kita sering mendengar dan tahu maksud istilah tersebut, saat kita ditanya dan disuruh mendeskripsikan ternyata kesulitan. Untuk itu, kali ini Enjangcom akan memberikan informasi tentang istilah-istilah dalam bidang pertanian dan penjelasannya. Istilah-istilah tersebut kami rangkum dalam 67 istilah pertanian, selengkapnya sebagai berikut : Agrobisnis : melakukan usaha perdagangan dalam bidang hasil-hasil pertanian.Agraria : urusan pertanian atau tanah pertanian.Airdas : pengairan dasar.Amubu : alat memupuk dan menabur.Amuru : alat memupuk dan menggaru.Apiani : peternak lebah.Agrisilvikultur : pertanian rakyat yang dilakukan di areal kehutanan.Agroindustri : industri di bidang pertanian.Ammonifikasi : proses peruraian bahan organik oleh mikro-organisme menjadi amoniak.Benih : bibit tanaman yang akan ditebar, diternak, dan lain-lain.Da…

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain. Selain koperasi, ada beberapa badan usaha lain yang bergerak dalam bidang ekonomi, antara lain toko, firma, persekutuan komanditer (CV), dan perseroan Terbatas (PT). Usaha yang dilakukan koperasi berbeda dengan yang dilakukan badan usaha lain tersebut.
Perbedaan koperasi dengan badan usaha lain ada tujuh, yang tentu saja jika dibandingkan lebih menguntungkan koperasi, perbedaan yaitu sebagai berikut :
NoKoperasiBadan Usaha Lain1Mengutamakan kesejahteraan anggotaMengutamakan kepentingan perusahaan2Keanggotaan bersifat sukarelaKeanggotaan terbatas3Modal dari simpanan anggotaModal dari penjualan saham, perorangan, atau kelompok4Berbadan hukumAda yang tidak berbadan hokum5Pengurus dipilih anggotaPengurus ditentukan oleh pemegang saham6Terdapat pembagian SHU menurut jasa anggotaTidak ada pembagian SHU7Keuangan bersifat terbukaKeuangan bersifat tertutup
Dari, ketujuh perbedaan tersebut, mungkin anda terdorong untuk mendirikan usaha koperasi? Jika…