Skip to main content

Ringkasan tentang pertumbuhan, perkembangan hewan dan tumbuhan

Sebelumnya telah kita ulas beberapa artikel mengenai pertumbuhan dan perkembangan hewan maupun tumbuhan pada :


Dari beberapa pembahasan tersebut dapat kita ambil ringkasannya sebagai berikut:

Pertumbuhan adalah penambahan ukuran atas isi sel yang tidak dapat balik kembali (irreversible). Pertumbuhan menyangkut aspek kuantitatif suatu perkembangan sehingga dapat diukur dengan alat ukur panjang, berat, dan jumlah.

Perkembangan adalah perubahan pada makhluk hidup menuju kedewasaan. Perkembangan menyangkut aspek kualitatif kelengkapan organ tubuh menjadi makhluk yang sempurna dan dewasa. Contohnya adalah proses menetasnya telur dan perkembangan anak ayam menjadi ayam dewasa serta keluarnya akar dari biji yang berkecambah.

Tahapan umum perkembangan makhluk hidup menjadi makhluk dewasa adalah pembelahan sel zigot, morfogenesis, diferensiasi, dan pertumbuhan. Pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup dipengaruhi oleh faktor internal dari makhluk hidup, yaitu gen dan hormon serta faktor lingkungan (faktor eksternal).

Bertambah tingginya tumbuhan ditentukan oleh aktivitas tunas terminal di daerah pucuk batang. Munculnya cabang, ranting, daun, atau bunga ditentukan oleh aktivitas tunas lateral. Pada batang berkayu, bertambah besarnya diameter batang ditentukan oleh aktivitas kambium yang terletak di antara xilem dan floem.

Titik tumbuh akar terletak di daerah ujung akar. Pertumbuhan dan perkembangan pada hewan ada yang terjadi di luar tubuh (fertilisasi eksternal) dan ada yang di dalam tubuh (fertilisasi internal).

Proses pertumbuhan dan perkembangan pada manusia dimulai dari masa pembuahan sampai lahir, masa setelah lahir, dan masa remaja.

Metamorfosis merupakan proses yang menunjukkan perubahan bentuk yang berbeda pada beberapa tahapan pertumbuhan dan perkembangan untuk mencapai dewasa. Metamorfosis sempurna pada serangga dimulai dari telur, larva, pupa dan hewan dewasa. Metamorfosis tidak sempurna hanya meliputi pembentukan telur, nimfa, dan hewan dewasa.

Metageneseis merupakan proses pergiliran antara generasi haploid dan diploid yang dialami makhluk hidup dalam satu siklus. Generasi penghasil spora disebut fase sporofit. Generasi penghasil gamet disebut fase gametofit.

Istilah dalam pertumbuhan, perkembangan hewan maupun tumbuhan

Dalam membicarakan pertumbuhan, perkembangan hewan dan tumbuhan dapat kita temui beberapa istilah biologi yang mungkin belum anda ketahui. Untuk itu, bersama ringkasan ini kami informasikan arti dari istilah tersebut untuk membantu pemahaman anda dalam belajar biologi. Berikut istilah dan artinya :
  • Blastosoel : rongga blastula
  • Blastula : tingkat dini perkembangan hewan dengan satu (biasanya) lapis sel yang mengelilingi rongga berisi cairan sehingga membentuk bola kosong.
  • Diferensiasi : memodifikasi struktural dan fungsional suatu sel tidak khusus menjadi sel yang khusus.
  • Etiolasi : tumbuhan yang tidak berklorofil sehingga berwarna kuning pucat karena tidak mendapat cahaya matahari.
  • Gametofit : tingkat haploid yang menghasilkan gamet dalam daur hidup tumbuhan.
  • Gastrula : tingkat pertumbuhan embrio dengan tiga lapis benih berupa ektoderm, endoderm, dan mesoderm.
  • Gen : bagian kromosom yang mengendalikan ciri suatu organisme dan bersifat menurun dari induk kepada keturunannya.
  • Meristem : pembelahan sel menjadi dua sel anakan pada pembelahan biner dan setiap sel anakan mempunyai kandungan kromosom yang sama persis dengan sel induknya.
  • Morfogenesis : perkembangan bentuk tubuh.
  • Morula : tingkat pertumbuhan awal embrio yang mirip setangkai anggur.
  • Plumula : daun pertama kecambah.
  • Sporofit : tingkat diploid yang menghasilkan biji atau spora dalam daur hidup suatu tumbuhan.
  • Sporangium : struktur yang di dalamnya menghasilkan spora.

Demikian beberapa istilah yang dapat kami informasikan, jika istilah biologi yang anda cari tidak terdapat pada daftar di atas, silahkan lihat di 60 istilah bidang biologi beserta penjelasan singkatnya. Semoga anda menemukan yang dicari.

Popular posts from this blog

67 Istilah Pertanian Lengkap

Dalam bidang pertanian dikenal banyak istilah pertanian yang biasa diterapkan dalam kalimat yang tentunya berhubungan dengan dunia pertanian. Namun, meski kita sering mendengar dan tahu maksud istilah tersebut, saat kita ditanya dan disuruh mendeskripsikan ternyata kesulitan. Untuk itu, kali ini Enjangcom akan memberikan informasi tentang istilah-istilah dalam bidang pertanian dan penjelasannya. Istilah-istilah tersebut kami rangkum dalam 67 istilah pertanian, selengkapnya sebagai berikut : Agrobisnis : melakukan usaha perdagangan dalam bidang hasil-hasil pertanian.Agraria : urusan pertanian atau tanah pertanian.Airdas : pengairan dasar.Amubu : alat memupuk dan menabur.Amuru : alat memupuk dan menggaru.Apiani : peternak lebah.Agrisilvikultur : pertanian rakyat yang dilakukan di areal kehutanan.Agroindustri : industri di bidang pertanian.Ammonifikasi : proses peruraian bahan organik oleh mikro-organisme menjadi amoniak.Benih : bibit tanaman yang akan ditebar, diternak, dan lain-lain.Da…

75 istilah ekonomi lengkap

Setelah sebelumnya admin telah memberikan informasi tentang istilah bidang kesenian dan kebudayaan, selanjutnya admin akan menuliskan info tentang istilah ekonomi lengkap. Dalam artikel tentang ekonomi atau berita ekonomi indonesia sering kita dengar istilah-istilah yang kurang kita mengerti, atau sebenarnya kita mengetahui maksudnya namun tak mampu menjelaskan atau menjabarkannya secara rinci kepada orang lain.

Untuk itu, berikut kami tuliskan daftar istilah dalam bidang ekonomi dalam 75 istilah ekonomi : Aset : kekayaan.Akumulasi : proses penambahan modal (uang tunai, mesin-mesin, dsb.Bankir : orang yang memperdagangkan uang ; cukong.Bank : kantor penyimpanan, perkreditan keuangan.Banker : direktur bank.Barter : perdagangan dengan saling menukar barang.Bonanza : sumber rejeki (keuntungan, kebahagiaan).Bonus : honor tambahan di luar gaji (uang ekstra).Brankas : lemari tempat menyimpan uang, barang-barang berharga.Bursa : tempat memperjualbelikan saham.Butik : toko yang menjual barang…

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain. Selain koperasi, ada beberapa badan usaha lain yang bergerak dalam bidang ekonomi, antara lain toko, firma, persekutuan komanditer (CV), dan perseroan Terbatas (PT). Usaha yang dilakukan koperasi berbeda dengan yang dilakukan badan usaha lain tersebut.
Perbedaan koperasi dengan badan usaha lain ada tujuh, yang tentu saja jika dibandingkan lebih menguntungkan koperasi, perbedaan yaitu sebagai berikut :
NoKoperasiBadan Usaha Lain1Mengutamakan kesejahteraan anggotaMengutamakan kepentingan perusahaan2Keanggotaan bersifat sukarelaKeanggotaan terbatas3Modal dari simpanan anggotaModal dari penjualan saham, perorangan, atau kelompok4Berbadan hukumAda yang tidak berbadan hokum5Pengurus dipilih anggotaPengurus ditentukan oleh pemegang saham6Terdapat pembagian SHU menurut jasa anggotaTidak ada pembagian SHU7Keuangan bersifat terbukaKeuangan bersifat tertutup
Dari, ketujuh perbedaan tersebut, mungkin anda terdorong untuk mendirikan usaha koperasi? Jika…