Skip to main content

Manfaat batuk

Manfaat batuk. Pada umumnya, batuk lebih dipandang sebagai sesuatu yang mengganggu ketenangan bekerja atau ketika santai. Akan menjadi sangat menjengkelkan ketika batuk yang tidak diharapkan itu tiba-tiba datang, sehingga muncul rasa kesal, bahkan sumpah serapah.

Batuk adalah bagian dari mekanisme pertahanan tubuh. Batuk yang baik dan efektif akan memberikan manfaat, yakni membersihkan jalan nafas dan mengeluarkan benda asing yang tidak berguna di saluran nafas. Sebaliknya, batuk yang tidak efektif dapat memperberat penyakit dan batuk yang berlebihan dapat menyebabkan komplikasi. Bahkan jika tidak lekas diobati, maka akan menimbulkan kematian.

Manfaat batuk

Batuk sangat bermanfaat untuk membersihkan jalan nafas atau mengeluarkan benda-benda asing, baik yang berbentuk cairan maupun padat dari saluran nafas yang mengganggu proses pernafasan kita. Pada penderita asma, dahak kental dapat menyumbat saluran pernafasan, sehingga penderita mengalami kesulitan untuk bernafas.

Di sini batuk memiliki peran penting, karena dahak tersebut dapat di keluarkan sehingga melegakan kembali saluran pernafasan penderita. Demikian juga dengan penderita bronkitis kronik atau tuberkulosis paru.

Kapankah batuk berbahaya?

Pada umumnya, penyakit selalu menimbulkan bahaya bagi penderitanya. Batuk dikatakan berbahaya jika batuk tidak kunjung sembuh yang mengakibatkan penyakit bertambah berat atau menimbulkan penyakit lain (komplikasi). Kekuatan batuk yang tidak terkontrol juga dapat menyebabkan proses penyembuhannya menjadi lambat dan jika terjadi komplikasi akan mempersulit atau memperlambat proses penyembuhan penyakit lain.

Manfaat batukAda dua macam batuk yang umum terjadi. Pertama, batuk berdahak yang efektif membantu mengeluarkan benda asing yang masuk dalam saluran pernafasan. Kedua, batuk tidak berdahak dan karena itu tidak efektif dan harus dihentikan.

Meskipun batuk itu penting dalam kehidupan kita, khususnya untuk membersihkan saluran pernafasan dari benda-benda asing, tetapi sebaiknya kita tidak menyepelekan batuk. Karena batuk dapat merupakan signal atau alarm yang menandakan adanya sesuatu yang salah dalam tubuh kita.

Akan tetapi, tidak ada salahnya batuk itu diwaspadai. Apabila sudah berkepanjangan, maka hal ini dapat menunjuk pada satu hal, mungkin ada banyak penyakit serius yang sedang menyerang tubuh kita. Terutama apabila setelah tiga hari minum obat, gejalanya juga tidak mereda, maka kita harus segera meminta pertolongan dokter.

Popular posts from this blog

75 istilah ekonomi lengkap

Setelah sebelumnya admin telah memberikan informasi tentang istilah bidang kesenian dan kebudayaan, selanjutnya admin akan menuliskan info tentang istilah ekonomi lengkap. Dalam artikel tentang ekonomi atau berita ekonomi indonesia sering kita dengar istilah-istilah yang kurang kita mengerti, atau sebenarnya kita mengetahui maksudnya namun tak mampu menjelaskan atau menjabarkannya secara rinci kepada orang lain.

Untuk itu, berikut kami tuliskan daftar istilah dalam bidang ekonomi dalam 75 istilah ekonomi : Aset : kekayaan.Akumulasi : proses penambahan modal (uang tunai, mesin-mesin, dsb.Bankir : orang yang memperdagangkan uang ; cukong.Bank : kantor penyimpanan, perkreditan keuangan.Banker : direktur bank.Barter : perdagangan dengan saling menukar barang.Bonanza : sumber rejeki (keuntungan, kebahagiaan).Bonus : honor tambahan di luar gaji (uang ekstra).Brankas : lemari tempat menyimpan uang, barang-barang berharga.Bursa : tempat memperjualbelikan saham.Butik : toko yang menjual barang…

67 Istilah Pertanian Lengkap

Dalam bidang pertanian dikenal banyak istilah pertanian yang biasa diterapkan dalam kalimat yang tentunya berhubungan dengan dunia pertanian. Namun, meski kita sering mendengar dan tahu maksud istilah tersebut, saat kita ditanya dan disuruh mendeskripsikan ternyata kesulitan. Untuk itu, kali ini Enjangcom akan memberikan informasi tentang istilah-istilah dalam bidang pertanian dan penjelasannya. Istilah-istilah tersebut kami rangkum dalam 67 istilah pertanian, selengkapnya sebagai berikut : Agrobisnis : melakukan usaha perdagangan dalam bidang hasil-hasil pertanian.Agraria : urusan pertanian atau tanah pertanian.Airdas : pengairan dasar.Amubu : alat memupuk dan menabur.Amuru : alat memupuk dan menggaru.Apiani : peternak lebah.Agrisilvikultur : pertanian rakyat yang dilakukan di areal kehutanan.Agroindustri : industri di bidang pertanian.Ammonifikasi : proses peruraian bahan organik oleh mikro-organisme menjadi amoniak.Benih : bibit tanaman yang akan ditebar, diternak, dan lain-lain.Da…

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain. Selain koperasi, ada beberapa badan usaha lain yang bergerak dalam bidang ekonomi, antara lain toko, firma, persekutuan komanditer (CV), dan perseroan Terbatas (PT). Usaha yang dilakukan koperasi berbeda dengan yang dilakukan badan usaha lain tersebut.
Perbedaan koperasi dengan badan usaha lain ada tujuh, yang tentu saja jika dibandingkan lebih menguntungkan koperasi, perbedaan yaitu sebagai berikut :
NoKoperasiBadan Usaha Lain1Mengutamakan kesejahteraan anggotaMengutamakan kepentingan perusahaan2Keanggotaan bersifat sukarelaKeanggotaan terbatas3Modal dari simpanan anggotaModal dari penjualan saham, perorangan, atau kelompok4Berbadan hukumAda yang tidak berbadan hokum5Pengurus dipilih anggotaPengurus ditentukan oleh pemegang saham6Terdapat pembagian SHU menurut jasa anggotaTidak ada pembagian SHU7Keuangan bersifat terbukaKeuangan bersifat tertutup
Dari, ketujuh perbedaan tersebut, mungkin anda terdorong untuk mendirikan usaha koperasi? Jika…