Skip to main content

Sains, dan perkembangan teknologi

Pernahkah anda melakukan pekerjaan seperti yang dilakukan oleh ilmuwan ? Misalnya melakukan pengamatan, percobaan, atau pengelompokan. Jika pernah ilmuwankah anda? Jawabannya mungkin bukan. Namun pikirkan lagi, sedikit atau banyak, kita semua adalah ilmuwan.

Kita selalu ingin tahu lingkungan yang belum kita ketahui. Sama halnya dengan para ilmuwan yang dalam pikirannya selalu penuh pertanyaan dengan berbagai masalah yang menghendaki pemecahan. Jadi, rasa ingin tahu dapat mendorong seseorang untuk mencari penyelesaian atau solusi dari suatu masalah. Rasa ingin tahu merupakan urutan pernyataan dari apa (what), mengapa (why), dan akhirnya bagaimana (how).

Pengertian sains

Apakah 'sains' itu? Sains ilmu pengetahuan meliputi fisika, kimia, dan biologi. Secara etimologi, kata sains berasal dari bahasa Latin, yaitu scientia yang artinya pengetahuan (knowledge).

Kenisbian kebenaran konsep sains
Untuk membuka wawasan tentang konsep sains, marilah kita mengadakan eksplorasi kecil-kecilan ke berbagai sumber pustaka untuk menelusuri pendapat para ahli ilmu tentang sains itu.

Menurut pendapat Nash L.K. dalam bukunya 'The Nature of Natural Science', ia menyatakan bahwa sains itu dipandang sebagai suatu cara atau metode untuk dapat mengamati sesuatu. Ia menandaskan bahwa yang dimaksud metode berpikir adalah pola berpikir yang rasional, obyektif, dan berdasarkan atas ketekunan dan ketelitian sehingga menjadi cermat dan lengkap.

Pada buku lain berjudul 'Science in History' karangan J.D. Bernal, dikemukakan manfaat dan arti dari sains yang berbeda-beda menurut kurun waktu ataupun siapa yang mengemukakannya. Dahulu, sains berarti pengetahuan umum yang berisi apa saja yang benar secara rasional, artinya bebas dari takhayul atau kepercayaan. Selanjutnya, berkembang lagi menjadi suatu pengetahuan ilmiah yang rasional dan objektif.

Keterkaitan sains, teknologi, dan kehidupan masyarakat

Perkembangan sains tidak lepas dari perkembangan teknologi dan sebaliknya. Sains dan teknologi saling melengkapi dan sangat erat satu dengan yang lainnya. Kebutuhan masyarakat dapat lebih mudah terpenuhi dengan adanya teknologi. Teknologi dapat berkembang dengan adanya sains. Pengembangan sains merupakan dasar dan pengembangan teknologi yang dibutuhkan oleh masyarakat, termasuk penanggulangan terhadap dampak lanjutan yang ditimbulkan oleh teknologi tersebut.

Sains sebagai ilmu
Sains adalah pengetahuan atau kumpulan konsep, prinsip, hukum dan teori yang dibentuk melalui proses kreatif dan sistematis (inkuiri) serta dilanjutkan dengan proses observasi (empiris) secara terus-menerus.

Sains dilandasi dengan sikap keingintahuan (curiosity), keteguhan hati (courage), dan ketekunan (persistence) yang dilakukan oleh individu untuk menyingkap rahasia alam semesta.

Dari definisi tersebut paling sedikit ada tiga komponen dalam rumusan sains, yaitu sebagai berikut :
  1. Kumpulan konsep, prinsip, hukum, dan teori.
  2. Proses ilmiah dapat fisik dan mental dalam mencermati fenomena alam.
  3. Sikap keteguhan hati, keingintahuan, dan ketekunan dalam menyingkap rahasia alam.
Ketiga syarat tersebut harus dimiliki oleh seseorang yang dapat dikatakan sebagai ilmuwan (saintis).
Sains sebagai ilmu terdiri atas produk dan proses. Produk sains terdiri atas fakta, konsep, prinsip, prosedur, teori, hukum, dan postulat. Semua itu merupakan produk yang diperoleh melalui serangkaian proses penemuan ilmiah dan melalui metode ilmiah yang didasari oleh sikap ilmiah. Apakah yang dimaksud dengan sikap ilmiah? Sikap ilmiah adalah sikap memiliki rasa ingin tahu, jujur, tekun, teliti, objektif, dan terbuka menerima pendapat yang benar.

Ditinjau dari segi proses, sains memiliki berbagai keterampilan, yaitu keterampilan dalam melakukan pengamatan (observasi) dengan menggunakan sebanyak mungkin indra, mengumpulkan data, melakukan penafsiran dari hasil pengamatan, melakukan pengelompokan (klasifikasi), melakukan eksperimen, keterampilan menggunakan alat dan bahan, serta mengapa alat atau bahan itu digunakan, menentukan variabel dari suatu percobaan, dan merumuskan suatu hasil percobaan atau menarik kesimpulan.

Popular posts from this blog

67 Istilah Pertanian Lengkap

Dalam bidang pertanian dikenal banyak istilah pertanian yang biasa diterapkan dalam kalimat yang tentunya berhubungan dengan dunia pertanian. Namun, meski kita sering mendengar dan tahu maksud istilah tersebut, saat kita ditanya dan disuruh mendeskripsikan ternyata kesulitan. Untuk itu, kali ini Enjangcom akan memberikan informasi tentang istilah-istilah dalam bidang pertanian dan penjelasannya. Istilah-istilah tersebut kami rangkum dalam 67 istilah pertanian, selengkapnya sebagai berikut : Agrobisnis : melakukan usaha perdagangan dalam bidang hasil-hasil pertanian.Agraria : urusan pertanian atau tanah pertanian.Airdas : pengairan dasar.Amubu : alat memupuk dan menabur.Amuru : alat memupuk dan menggaru.Apiani : peternak lebah.Agrisilvikultur : pertanian rakyat yang dilakukan di areal kehutanan.Agroindustri : industri di bidang pertanian.Ammonifikasi : proses peruraian bahan organik oleh mikro-organisme menjadi amoniak.Benih : bibit tanaman yang akan ditebar, diternak, dan lain-lain.Da…

75 istilah ekonomi lengkap

Setelah sebelumnya admin telah memberikan informasi tentang istilah bidang kesenian dan kebudayaan, selanjutnya admin akan menuliskan info tentang istilah ekonomi lengkap. Dalam artikel tentang ekonomi atau berita ekonomi indonesia sering kita dengar istilah-istilah yang kurang kita mengerti, atau sebenarnya kita mengetahui maksudnya namun tak mampu menjelaskan atau menjabarkannya secara rinci kepada orang lain.

Untuk itu, berikut kami tuliskan daftar istilah dalam bidang ekonomi dalam 75 istilah ekonomi : Aset : kekayaan.Akumulasi : proses penambahan modal (uang tunai, mesin-mesin, dsb.Bankir : orang yang memperdagangkan uang ; cukong.Bank : kantor penyimpanan, perkreditan keuangan.Banker : direktur bank.Barter : perdagangan dengan saling menukar barang.Bonanza : sumber rejeki (keuntungan, kebahagiaan).Bonus : honor tambahan di luar gaji (uang ekstra).Brankas : lemari tempat menyimpan uang, barang-barang berharga.Bursa : tempat memperjualbelikan saham.Butik : toko yang menjual barang…

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain. Selain koperasi, ada beberapa badan usaha lain yang bergerak dalam bidang ekonomi, antara lain toko, firma, persekutuan komanditer (CV), dan perseroan Terbatas (PT). Usaha yang dilakukan koperasi berbeda dengan yang dilakukan badan usaha lain tersebut.
Perbedaan koperasi dengan badan usaha lain ada tujuh, yang tentu saja jika dibandingkan lebih menguntungkan koperasi, perbedaan yaitu sebagai berikut :
NoKoperasiBadan Usaha Lain1Mengutamakan kesejahteraan anggotaMengutamakan kepentingan perusahaan2Keanggotaan bersifat sukarelaKeanggotaan terbatas3Modal dari simpanan anggotaModal dari penjualan saham, perorangan, atau kelompok4Berbadan hukumAda yang tidak berbadan hokum5Pengurus dipilih anggotaPengurus ditentukan oleh pemegang saham6Terdapat pembagian SHU menurut jasa anggotaTidak ada pembagian SHU7Keuangan bersifat terbukaKeuangan bersifat tertutup
Dari, ketujuh perbedaan tersebut, mungkin anda terdorong untuk mendirikan usaha koperasi? Jika…