Skip to main content

Struktur dan fungsi bunga pada tumbuhan

Untuk melestarikan jenisnya, makhluk hidup memiliki kemampuan berkembang biak. Alat perkembangbiakan pada tumbuhan biji adalah bunga. Bunga memiliki struktur yang kompleks, karena disusun oleh beberapa bagian. Beberapa bagian dari bunga berperan dalam pembuahan (fertilisasi) dan pembentukan biji.

Struktur bunga sangat bervariasi dengan beragam bentuk, ukuran, kelengkapan bagian, dan warna bunga. Ciri tersebut sering digunakan dalam mengidentifikasi suatu tumbuhan.

Bagian dan fungsi bunga
Pada umumnya, bunga mempunyai bagian berupa hiasan bunga (periantum) dan alat kelamin bunga. Hiasan bunga terdiri atas kelopak bunga (kaliks) dan mahkota bunga (korola), sedangkan alat kelamin bunga terdiri atas alat kelamin jantan (benang sari) dan alat kelamin betina (putik).

1. Kelopak bunga (kaliks), adalah merupakan bagian bunga yang terletak pada lingkaran paling luar bunga, biasanya berwarna hijau. Kelopak terdiri atas beberapa daun kelopak (sepal).

2. Mahkota bunga (korola), umumnya berwarna dan seringkali berbau harum (khas) yang berfungsi menarik hewan sehingga membantu penyerbukan (polinator). Mahkota bunga terdiri atas sejumlah daun mahkota (petal), seperti halnya dengan daun kelopak, mahkota dapat berlekatan atau terpisah.

3. Benang sari (stamen), terdiri atas kepala sari (antera) yang menghasilkan serbuk sari dan tangkai sari yang menghubungkan kepala sari dengan dasar bunga. Kepala sari adalah bagian benang sari yang terdapat pada ujung tangkai sari dengan bentuk yang bermacam-macam, seperti bulat, jorong, dan bulat teko, yang di dalamnya terdapat ruang sari.

Ruang sari merupakan tempat terbentuknya serbuk sari atau tepung sari (polen). Jika serbuk sari yang berkembang di dalam ruang sari mencapai kematangan (dewasa) maka kepala sari akan terbuka untuk mengeluarkan serbuk sari.

4. Putik (pistil), merupakan bagian bunga yang paling dalam letaknya. Putik tersusun dari daun-daun yang telah mengalami metamorfosis. Daun-daun penyusun putik disebut daun buah (karpelum) Bagian kepala putik (stigma) memiliki tempat menempelkan serbuk sari. Tangkai putik (stilus) merupakan penghubung antara kepala putik dan bakal buah. Di dalam bakal buah (ovarium) terdapat bakal biji (ovul).

Buluh serbuk sari yang tumbuh dari bagian kepala putik akan memanjang ke bawah mencapai bakal buah untuk berlangsungnya peristiwa pembuahan (fertilisasi). Setelah terjadi fertilisasi, bakal buah akan berkembang menjadi buah dan bakal biji berkembang menjadi biji. Di dalam biji terdapat embrio yang dapat tumbuh dan berkembang menjadi tumbuhan baru.

Pada sauatu bunga seringkali tidak kita jumpai hiasan bunganya. Bunga yang demikian dinamakan bunga telanjang, misalnya pada Euphorbia hirtal. Ada juga hiasan bunga tadi tidak dapat dibedakan kelopak dan mahkotanya, dengan kata lain kelopak dan mahkotanya sama, baik bentuk maupun warnanya. Hiasan bunga yang demikian sifatnya disebut tenda bunga, misalnya pada lilia gereja (Lilium longiflorum).

Struktur dan fungsi bunga pada tumbuhan

Macam-macam bunga
Ada beberapa macam bunga menurut kelengkapannya, antara lain sebagai berikut :
1. Bunga sempurna atau bunga lengkap, yaitu : bunga yang memiliki hiasan bunga dan kelamin bunga yang lengkap atau dengan kata lain bunga yang memiliki kelopak, mahkota bunga, benang sari, dan putik. Contohnya adalah bunga kembang sepatu (Hibiscus rosasinensis).
2. Bunga tidak sempurna atau bunga tidak lengkap, yaitu : bunga yang salah satu bagian hiasan bunga atau salah satu alat kelamin tidak ada.
3. Bunga jantan, jika pada kelamin bunga hanya terdapat benang sari saja.
4. Bunga betina, jika pada kelamin bunga hanya terdapat putik saja.

Tumbuhan yang mempunyai bunga jantan dan bunga betina pada satu individu (satu pohon) disebut tumbuhan berumah satu. Contohnya tanaman jagung, mentimun, dan jarak. Jika bunga jantan dan betina terpisah tempatnya (tidak ada dalam satu pohon), maka tumbuhan itu disebut tumbuhan berumah dua. Contohnya tanaman salak.

Popular posts from this blog

75 istilah ekonomi lengkap

Setelah sebelumnya admin telah memberikan informasi tentang istilah bidang kesenian dan kebudayaan, selanjutnya admin akan menuliskan info tentang istilah ekonomi lengkap. Dalam artikel tentang ekonomi atau berita ekonomi indonesia sering kita dengar istilah-istilah yang kurang kita mengerti, atau sebenarnya kita mengetahui maksudnya namun tak mampu menjelaskan atau menjabarkannya secara rinci kepada orang lain.

Untuk itu, berikut kami tuliskan daftar istilah dalam bidang ekonomi dalam 75 istilah ekonomi : Aset : kekayaan.Akumulasi : proses penambahan modal (uang tunai, mesin-mesin, dsb.Bankir : orang yang memperdagangkan uang ; cukong.Bank : kantor penyimpanan, perkreditan keuangan.Banker : direktur bank.Barter : perdagangan dengan saling menukar barang.Bonanza : sumber rejeki (keuntungan, kebahagiaan).Bonus : honor tambahan di luar gaji (uang ekstra).Brankas : lemari tempat menyimpan uang, barang-barang berharga.Bursa : tempat memperjualbelikan saham.Butik : toko yang menjual barang…

67 Istilah Pertanian Lengkap

Dalam bidang pertanian dikenal banyak istilah pertanian yang biasa diterapkan dalam kalimat yang tentunya berhubungan dengan dunia pertanian. Namun, meski kita sering mendengar dan tahu maksud istilah tersebut, saat kita ditanya dan disuruh mendeskripsikan ternyata kesulitan. Untuk itu, kali ini Enjangcom akan memberikan informasi tentang istilah-istilah dalam bidang pertanian dan penjelasannya. Istilah-istilah tersebut kami rangkum dalam 67 istilah pertanian, selengkapnya sebagai berikut : Agrobisnis : melakukan usaha perdagangan dalam bidang hasil-hasil pertanian.Agraria : urusan pertanian atau tanah pertanian.Airdas : pengairan dasar.Amubu : alat memupuk dan menabur.Amuru : alat memupuk dan menggaru.Apiani : peternak lebah.Agrisilvikultur : pertanian rakyat yang dilakukan di areal kehutanan.Agroindustri : industri di bidang pertanian.Ammonifikasi : proses peruraian bahan organik oleh mikro-organisme menjadi amoniak.Benih : bibit tanaman yang akan ditebar, diternak, dan lain-lain.Da…

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain. Selain koperasi, ada beberapa badan usaha lain yang bergerak dalam bidang ekonomi, antara lain toko, firma, persekutuan komanditer (CV), dan perseroan Terbatas (PT). Usaha yang dilakukan koperasi berbeda dengan yang dilakukan badan usaha lain tersebut.
Perbedaan koperasi dengan badan usaha lain ada tujuh, yang tentu saja jika dibandingkan lebih menguntungkan koperasi, perbedaan yaitu sebagai berikut :
NoKoperasiBadan Usaha Lain1Mengutamakan kesejahteraan anggotaMengutamakan kepentingan perusahaan2Keanggotaan bersifat sukarelaKeanggotaan terbatas3Modal dari simpanan anggotaModal dari penjualan saham, perorangan, atau kelompok4Berbadan hukumAda yang tidak berbadan hokum5Pengurus dipilih anggotaPengurus ditentukan oleh pemegang saham6Terdapat pembagian SHU menurut jasa anggotaTidak ada pembagian SHU7Keuangan bersifat terbukaKeuangan bersifat tertutup
Dari, ketujuh perbedaan tersebut, mungkin anda terdorong untuk mendirikan usaha koperasi? Jika…