Skip to main content

Struktur dan perkembangan biji tumbuhan

Struktur dan perkembangan biji tumbuhan - Letak biji pada buah tidak selalu berada di bagian dalam. Pada buah pinus, bijinya melekat pada permukaan buah, bijinya kecil dan ringan sehingga mudah diterbangkan oleh angin. Biji merupakan alat perkembangbiakan yang utama pada tumbuhan spermatophyta karena biji mengandung calon individu baru (lembaga).

Dengan dihasilkannya biji, tumbuhan dapat mempertahankan jenisnya dan berpencar ke tempat lain. Pada umumnya, biji memiliki bagian-bagian, seperti kulit biji, tali pusar, dan inti biji.

a. Kulit biji
Biji alpukat
Pada tumbuhan biji tertutup (Angiospermae), kulit biji terdiri atas dua lapisan, yaitu kulit luar (testa) dan kulit dalam (tegmen). Testa memiliki sifat yang bermacam-macam, ada yang tipis, ada yang kaku seperti kulit, serta ada yang keras seperti kayu dan batu.

Coba bandingkan kulit biji pada biji mangga, biji sawo, biji kelapa,dan biji buncis. Anda akan menemukan sifat-sifat dari masing-masing biji tersebut. Tegmen biasanya tipis, seperti selaput, seringkali dinamakan kulit ari.

Ada juga biji yang memiliki tiga lapisan kulit, seperti yang terdapat pada melinjo. Kulit biji melinjo dapat dibedakan atas kulit luar (sarcotesta) biasanya tebal dan berdaging, kulit tengah (sclerotesta) suatu lapisan yang kuat, keras, dan berkayu, serta kulit dalam (endotesta), biasanya tipis seperti selaput dan seringkali melekat pada inti biji.

b. Tali pusar (Funiculus)
Tali pusar merupakan bagian yang menghubungkan biji dengan tembuni (daerah tempat perlekatan biji pada dinding dalam buah). Jika biji masak, maka biasanya biji terlepas dari tali pusatnya dan pada biji hanya tampak bekasnya saja.

c. Inti biji (Nukleus Seminis)
Inti biji adalah semua bagian biji yang terdapat di dalam kulitnya. Oleh karena itu, inti biji juga dapat dinamakan isi biji. Inti biji terdiri atas lembaga (embrio) yang merupakan calon individu baru dan putih lembaga (albumen)

1. Lembaga (Embrio)
Lembaga di dalam biji telah memperlihatkan adanya bagian-bagian utama tubuh tumbuhan, yaitu :
  • Akar lembaga atau calon akar (radikula), yang biasanya akan tumbuh menjadi akar.
  • Daun lembaga (kotiledon) merupakan daun pertama suatu tumbuhan.
  • Batang lembaga (kauliculus) beserta calon-calon daun merupakan bagian lembaga yang dinamakan pucuk lembaga (plumula). Plumula terdiri atas dua daun embrionik yang akan menjadi daun-daun sejati yang pertama ketika biji berkecambah dan tunas terminal (apikal).
2. Putih lembaga (Albumen)
Putih lembaga adalah bagian biji yang terdiri atas suatu jaringan yang menjadi tempat cadangan makanan bagi lembaga dan digunakan oleh embrio saat berkecambah dan belum dapat membentuk makanan sendiri.

Tidak setiap biji mempunyai putih lembaga, seperti pada biji tumbuhan polong-polongan (Leguminosae), cadangan makanan tidak tersimpan dalam putih lembaga, melainkan dalam daun lembaga (kotiledon). Oleh sebab itu, daun lembaganya menjadi lebih tebal. Pada biji jagung dan biji rumput, cadangan makanannya berasal dari kandung lembaga yang disebut endosperm.
Perkembangan biji

Perkembangan biji
Di dalam biji mengandung embrio. Jika biji berada pada lingkungan yang sesuai, maka embrio akan tumbuh dan berkembang menjadi tumbuhan baru. Kecambah merupakan tumbuhan yang baru muncul dari biji dan masih hidup dari persediaan makanan yang terdapat di dalam biji.

Baca juga: Struktur dan fungsi bunga pada tumbuhan

Banyak jenis biji tidak dapat berkecambah meskipun kondisi lingkungan mendukung. Biji-biji tersebut hanya berkecambah setelah suatu periode istirahat yang disebut periode dormansi.Dormansi disebabkan oleh banyak faktor, seperti keadaan fisik kulit biji dan keadaan fisiologis dari embrio atau gabungan dari kedua keadaan tersebut.

Popular posts from this blog

67 Istilah Pertanian Lengkap

Dalam bidang pertanian dikenal banyak istilah pertanian yang biasa diterapkan dalam kalimat yang tentunya berhubungan dengan dunia pertanian. Namun, meski kita sering mendengar dan tahu maksud istilah tersebut, saat kita ditanya dan disuruh mendeskripsikan ternyata kesulitan. Untuk itu, kali ini Enjangcom akan memberikan informasi tentang istilah-istilah dalam bidang pertanian dan penjelasannya. Istilah-istilah tersebut kami rangkum dalam 67 istilah pertanian, selengkapnya sebagai berikut : Agrobisnis : melakukan usaha perdagangan dalam bidang hasil-hasil pertanian.Agraria : urusan pertanian atau tanah pertanian.Airdas : pengairan dasar.Amubu : alat memupuk dan menabur.Amuru : alat memupuk dan menggaru.Apiani : peternak lebah.Agrisilvikultur : pertanian rakyat yang dilakukan di areal kehutanan.Agroindustri : industri di bidang pertanian.Ammonifikasi : proses peruraian bahan organik oleh mikro-organisme menjadi amoniak.Benih : bibit tanaman yang akan ditebar, diternak, dan lain-lain.Da…

75 istilah ekonomi lengkap

Setelah sebelumnya admin telah memberikan informasi tentang istilah bidang kesenian dan kebudayaan, selanjutnya admin akan menuliskan info tentang istilah ekonomi lengkap. Dalam artikel tentang ekonomi atau berita ekonomi indonesia sering kita dengar istilah-istilah yang kurang kita mengerti, atau sebenarnya kita mengetahui maksudnya namun tak mampu menjelaskan atau menjabarkannya secara rinci kepada orang lain.

Untuk itu, berikut kami tuliskan daftar istilah dalam bidang ekonomi dalam 75 istilah ekonomi : Aset : kekayaan.Akumulasi : proses penambahan modal (uang tunai, mesin-mesin, dsb.Bankir : orang yang memperdagangkan uang ; cukong.Bank : kantor penyimpanan, perkreditan keuangan.Banker : direktur bank.Barter : perdagangan dengan saling menukar barang.Bonanza : sumber rejeki (keuntungan, kebahagiaan).Bonus : honor tambahan di luar gaji (uang ekstra).Brankas : lemari tempat menyimpan uang, barang-barang berharga.Bursa : tempat memperjualbelikan saham.Butik : toko yang menjual barang…

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain. Selain koperasi, ada beberapa badan usaha lain yang bergerak dalam bidang ekonomi, antara lain toko, firma, persekutuan komanditer (CV), dan perseroan Terbatas (PT). Usaha yang dilakukan koperasi berbeda dengan yang dilakukan badan usaha lain tersebut.
Perbedaan koperasi dengan badan usaha lain ada tujuh, yang tentu saja jika dibandingkan lebih menguntungkan koperasi, perbedaan yaitu sebagai berikut :
NoKoperasiBadan Usaha Lain1Mengutamakan kesejahteraan anggotaMengutamakan kepentingan perusahaan2Keanggotaan bersifat sukarelaKeanggotaan terbatas3Modal dari simpanan anggotaModal dari penjualan saham, perorangan, atau kelompok4Berbadan hukumAda yang tidak berbadan hokum5Pengurus dipilih anggotaPengurus ditentukan oleh pemegang saham6Terdapat pembagian SHU menurut jasa anggotaTidak ada pembagian SHU7Keuangan bersifat terbukaKeuangan bersifat tertutup
Dari, ketujuh perbedaan tersebut, mungkin anda terdorong untuk mendirikan usaha koperasi? Jika…