Skip to main content

Tentang pencernaan dan istilah penting pada pencernaan makanan

Proses pencernaan makanan dapat berlangsung di dalam sel (intrasel) dan di luar sel (ekstrasel). Proses pencernaan makanan intrasel biasa terjadi pada organisme bersel tunggal, sedangkan secara ekstrasel umumnya dilakukan oleh organisme bersel banyak.

Proses pencernaan makanan pada dasarnya dibedakan atas pencernaan secara mekanis, pencernaan secara kimiawi, dan pencernaan secara biologis. Penjelasan lengkapnya bisa dibaca pada artikel Biologi 3 cara pencernaan secara umum.

Sistem pencernaan manusia terdiri atas saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan. Saluran tersebut terdiri atas rongga mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar dan anus. Sedangkan kelenjar pencernaan meliputi kelenjar ludah, kelenjar lambung, hati, dan pankreas.

Selengkapnya silahkan baca di artikel Biologi :


Gangguan pada sistem pencernaan di antaranya diare, muntah, mual, gastritis, malabsorbsi, flatus, dan kontipasi. Untuk mengetahuinya secara jelas silahkan baca di artikel : 10 macam gangguan pada sistem pencernaan

Istilah penting pencernaan makanan

Dalam sistem pencernaan terdapat berbagai istilah penting yang mungkin patut diketahui, antara lain sebagai berikut :
  1. Absorpsi adalah proses penyerapan zat-zat tertentu.
  2. Amilase adalah enzim yang berfungsi mengubah karbohidrat menjadi gula (glukosa dan maltosa).
  3. Apendiks adalah bagian yang terdapat pada usus buntu atau pangkal usus besar berupa untaian seperti cacing, disebut juga umbai cacing.
  4. Asam lemak adalah zat penyusun molekul lemak, bersama gliserol membentuk lemak.
  5. Dentin adalah tulang pembentuk gigi.
  6. Duodenum adalah bagian pertama dari usus halus, disebut juga usus dua belas jari.
  7. Email adalah lapisan yang melindungi mahkota gigi.
  8. Enzim adalah zat yang dapat menggiatkan reaksi, tetapi tidak ikut bereaksi.
  9. Fundus adalah bagian lambung yang melengkung (bagian tengah).
  10. Gerak peristaltik adalah gerak meremas-remas dan mendorong makanan masuk ke dalam kerongkongan atau lambung.
  11. Ileum adalah bagian usus halus paling bawah yang banyak mengandung pembuluh kapiler dan pembuluh kil, sebagai tempat terjadinya penyerapan sari-sari makanan.
  12. Jejunum adalah bagian tengah usus halus yang tidak terjadi pencernaan dan penyerapan, berada di antara duodenum dan ileum, disebut juga usus kosong.
  13. Kardia adalah lambung bagian atas, muara dari esofagus.
  14. Kolon adalah usus besar tempat berlangsungnya reabsorpsi air.
  15. Lipase adalah enzim yang mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol.
  16. Mukosa adalah selaput lendir.
  17. Pepsin adalah enzim yang mengubah protein menjadi molekul protein yang lebih kecil, misalnya pepton.
  18. Pembuluh kil adalah pembuluh yang berisi getah bening, berfungsi untuk menyerap dan mengangkut asam lemak dan gliserol menuju pembuluh balik di bawah tulang selangka.
  19. Pencernaan biologis adalah pencernaan makanan dengan bantuan makhluk hidup lain.
  20. Pencernaan kimiawi adalah pencernaan makanan untuk mengubah susunan kimia makanan menjadi bentuk lebih sederhana dengan bantuan enzim pencernaan.
  21. Pencernaan mekanis adalah pencernaan makanan untuk mengubah bentuk dan ukuran makanan menjadi lebih halus, misalnya dengan bantuan gigi dan otot.
  22. Pilorus adalah lambung bagian bawah, berbatasan dengan usus halus.
  23. Ptialin adalah enzim pemecah amilum, terdapat pada air liur.
  24. Renin adalah enzim yang berfungsi mengendapkan protein air susu.
  25. Sfingter adalah otot berbentuk lingkaran yang berguna untuk membuka dan menutupnya suatu saluran pada lambung bagian atas (kardia) dan lambung bagian bawah (pilorus).
  26. Tripsin adalah enzim yang mengubah pepton menjadi asam amino.

Demikian info online yang dapat kami sampaikan mengenai pencernaan dan istilah yang berhubungan dengan hal tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

Popular posts from this blog

67 Istilah Pertanian Lengkap

Dalam bidang pertanian dikenal banyak istilah pertanian yang biasa diterapkan dalam kalimat yang tentunya berhubungan dengan dunia pertanian. Namun, meski kita sering mendengar dan tahu maksud istilah tersebut, saat kita ditanya dan disuruh mendeskripsikan ternyata kesulitan. Untuk itu, kali ini Enjangcom akan memberikan informasi tentang istilah-istilah dalam bidang pertanian dan penjelasannya. Istilah-istilah tersebut kami rangkum dalam 67 istilah pertanian, selengkapnya sebagai berikut : Agrobisnis : melakukan usaha perdagangan dalam bidang hasil-hasil pertanian.Agraria : urusan pertanian atau tanah pertanian.Airdas : pengairan dasar.Amubu : alat memupuk dan menabur.Amuru : alat memupuk dan menggaru.Apiani : peternak lebah.Agrisilvikultur : pertanian rakyat yang dilakukan di areal kehutanan.Agroindustri : industri di bidang pertanian.Ammonifikasi : proses peruraian bahan organik oleh mikro-organisme menjadi amoniak.Benih : bibit tanaman yang akan ditebar, diternak, dan lain-lain.Da…

75 istilah ekonomi lengkap

Setelah sebelumnya admin telah memberikan informasi tentang istilah bidang kesenian dan kebudayaan, selanjutnya admin akan menuliskan info tentang istilah ekonomi lengkap. Dalam artikel tentang ekonomi atau berita ekonomi indonesia sering kita dengar istilah-istilah yang kurang kita mengerti, atau sebenarnya kita mengetahui maksudnya namun tak mampu menjelaskan atau menjabarkannya secara rinci kepada orang lain.

Untuk itu, berikut kami tuliskan daftar istilah dalam bidang ekonomi dalam 75 istilah ekonomi : Aset : kekayaan.Akumulasi : proses penambahan modal (uang tunai, mesin-mesin, dsb.Bankir : orang yang memperdagangkan uang ; cukong.Bank : kantor penyimpanan, perkreditan keuangan.Banker : direktur bank.Barter : perdagangan dengan saling menukar barang.Bonanza : sumber rejeki (keuntungan, kebahagiaan).Bonus : honor tambahan di luar gaji (uang ekstra).Brankas : lemari tempat menyimpan uang, barang-barang berharga.Bursa : tempat memperjualbelikan saham.Butik : toko yang menjual barang…

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain. Selain koperasi, ada beberapa badan usaha lain yang bergerak dalam bidang ekonomi, antara lain toko, firma, persekutuan komanditer (CV), dan perseroan Terbatas (PT). Usaha yang dilakukan koperasi berbeda dengan yang dilakukan badan usaha lain tersebut.
Perbedaan koperasi dengan badan usaha lain ada tujuh, yang tentu saja jika dibandingkan lebih menguntungkan koperasi, perbedaan yaitu sebagai berikut :
NoKoperasiBadan Usaha Lain1Mengutamakan kesejahteraan anggotaMengutamakan kepentingan perusahaan2Keanggotaan bersifat sukarelaKeanggotaan terbatas3Modal dari simpanan anggotaModal dari penjualan saham, perorangan, atau kelompok4Berbadan hukumAda yang tidak berbadan hokum5Pengurus dipilih anggotaPengurus ditentukan oleh pemegang saham6Terdapat pembagian SHU menurut jasa anggotaTidak ada pembagian SHU7Keuangan bersifat terbukaKeuangan bersifat tertutup
Dari, ketujuh perbedaan tersebut, mungkin anda terdorong untuk mendirikan usaha koperasi? Jika…