Skip to main content

Penyesuaian tingkah laku hewan terhadap lingkungan

Pernahkah anda memperhatikan hewan di sekitar? Kita ambil contoh saja bunglon, kulit bunglon bisa berubah warna apa saja menurut warna yang ditempati atau ditempelinya. Itu merupakan penyesuaian tingkah laku hewan terhadap lingkungannya. Ini merupakan karunia Tuhan Yang Maha adil terhadap makhluknya.

Beberapa jenis hewan ada yang menyesuaikan diri dengan lingkungan dengan cara mengubaj tingkah laku. Cara ini, selain untuk mendapatkan makanan juga untuk melindungi diri dari serangan musuh atau pemangsa.

Berikut beberapa hewan yang mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan.

1. Bunglon
Seperti yang telah dikatakan di atas, bunglon dapat merubah warna kulitnya sesuai dengan warna tempat ia berada. Ketika berada di pohon yang berwarna coklat maka bunglon akan berwarna coklat pula. Begitu juga ketika ia berada di pohon yang berwarna hijau maka tubuhnya akan berwarna hijau.

Perubahan warna tubuh pada bunglon merupakan bentuk penyesuaian diri agar ia terlindungi dari musuhnya. Perubahan warna kulit bunglon tersebut disebut mimikri. Mimikri merupakan salah satu cara bagi makhluk hidup untuk berkamuflase. Kamuflase adalah suatu kemampuan hewan untuk menyamarkan diri, sehingga kehadiran hewan tersebut di lingkungan tidak jelas.

2. Kalajengking
Kalajengking melindungi dirinya dari musuh dengan menggunakan sengatnya. Sengatnya mengandung racun yang dapat membunuh musuhnya. Hewan lain yang menggunakan zat racun untuk melindungi dirinya dari serangan musuh adalah : kelabang, lebah, dan ular. Kalajengking jika diganggu, ekornya akan melengkung ke atas dan ekor tersebut akan langsung menyengat di pengganggu.

3. Cumi-cumi
Cumi-cumi melindungi diri dari musuhnya dengan menyemburkan cairan, seperti tinta ke dalam air. Tinta hitam tersebut akan dikeluarkan cumi-cumi ketika ia merasa terancam bahaya. Cumi-cumi dengan segera akan mengeluarkan tinta untuk mengaburkan pandangan musuhnya.

4. Siput
Jangan dikira hewan yang bergerak lambat ini tidak memiliki keistimewaan. Siput memiliki pelindung tubuh yang keras dan kuat yang disebut cangkang. Hewan jenis ini melindungi diri dari musuhnya dengan cara memasukkan tubuhnya ke dalam cangkang. Kura-kura dan penyu juga memiliki cangkang untuk melindungi diri dari para pengganggu/penyerang.

5. Walang sangit dan walang daun
Walang sangit dikenal sebagai hama padi. Hewan ini melindungi diri dari musuh dengan cara mengeluarkan bau yang sangat menyengat, sehingga musuh akan menjauhinya. Walang daun hidup pada tumbuhan yang mempunyai bentuk dan warna tubuh yang menyerupai daun. Keadaan tubuh yang demikian ini sangat menguntungkan walang daun, karena dia akan berkamuflase pada daun yang di hinggapinya.

6. Harimau
Binatang atau hewan ini mempunyai kuku dan gigi yang tajam. Kuku dan gigi yang tajam digunakan untuk melindungi dirinya. Jika ada musuh yang datang, mereka akan menyerang dengan kuku dan giginya yang tajam.

7. Ular
Ada dua jenis ular, yaitu ular berbisa dan ular tidak berbisa. Ular berbisa adalah ular yang mempunyai zat beracun bagi musuhnya. Zat tersebut disebut bisa, yang dihasilkan oleh suatu kelenjar. Bisa digunakan ular untuk menggigit musuhnya. Ketika ular mengigit, bisa mengalir melalui gigi ular ke tubuh musuhnya. Gigitan ular berbisa dapat mengakibatkan kematian musuhnya, misalnya saja ular kobra.

8. Cecak
Cecak atau cicak melindungi diri dari serangan musuh dengan cara memutuskan ekornya. Hal ini Cara melindungi diri cicak tersebut disebut autotomi. Bagian ekor yang yang putus ini dapat bergerak-gerak sehingga mengalihkan perhatian musuhnya. Saat itulah cicak pergi melarikan diri. Di bagian tubuh yang putus itu akan tumbuh kembali ekor baru. Tumbuhnya kembali ekor yang telah putus disebut regenerasi.

9. Ikan paus
Paus adalah hewan mamalia yang hidup di air. Alat untuk bernafas pada paus menggunakan paru-paru. Paus dan semua mamalia yang hidup di air, kurang lebih tiap tiga puluh menit muncul ke permukaan air untuk menghirup oksigen. Ketika muncul ke permukaan air laut, paus mengeluarkan sisa pernafasan berupa karbon dioksida dan uap air yang sudah jenuh dengan air, sehingga terlihat seperti air mancur. Setelah itu paus akan menghirup udara kembali sebanyak-banyaknya hingga paru-parunya penuh dengan udara.

Baca juga: Penyesuaian diri hewan terhadap makanan dan contohnya

Demikian pembahasan mengenai Penyesuaian tingkah laku hewan terhadap lingkungan yang dicontohkan pada 9 hewan yang memiliki penyesuaian tersebut. semoga informasi ini menambah pengetahuan.

Popular posts from this blog

75 istilah ekonomi lengkap

Setelah sebelumnya admin telah memberikan informasi tentang istilah bidang kesenian dan kebudayaan, selanjutnya admin akan menuliskan info tentang istilah ekonomi lengkap. Dalam artikel tentang ekonomi atau berita ekonomi indonesia sering kita dengar istilah-istilah yang kurang kita mengerti, atau sebenarnya kita mengetahui maksudnya namun tak mampu menjelaskan atau menjabarkannya secara rinci kepada orang lain.

Untuk itu, berikut kami tuliskan daftar istilah dalam bidang ekonomi dalam 75 istilah ekonomi : Aset : kekayaan.Akumulasi : proses penambahan modal (uang tunai, mesin-mesin, dsb.Bankir : orang yang memperdagangkan uang ; cukong.Bank : kantor penyimpanan, perkreditan keuangan.Banker : direktur bank.Barter : perdagangan dengan saling menukar barang.Bonanza : sumber rejeki (keuntungan, kebahagiaan).Bonus : honor tambahan di luar gaji (uang ekstra).Brankas : lemari tempat menyimpan uang, barang-barang berharga.Bursa : tempat memperjualbelikan saham.Butik : toko yang menjual barang…

67 Istilah Pertanian Lengkap

Dalam bidang pertanian dikenal banyak istilah pertanian yang biasa diterapkan dalam kalimat yang tentunya berhubungan dengan dunia pertanian. Namun, meski kita sering mendengar dan tahu maksud istilah tersebut, saat kita ditanya dan disuruh mendeskripsikan ternyata kesulitan. Untuk itu, kali ini Enjangcom akan memberikan informasi tentang istilah-istilah dalam bidang pertanian dan penjelasannya. Istilah-istilah tersebut kami rangkum dalam 67 istilah pertanian, selengkapnya sebagai berikut : Agrobisnis : melakukan usaha perdagangan dalam bidang hasil-hasil pertanian.Agraria : urusan pertanian atau tanah pertanian.Airdas : pengairan dasar.Amubu : alat memupuk dan menabur.Amuru : alat memupuk dan menggaru.Apiani : peternak lebah.Agrisilvikultur : pertanian rakyat yang dilakukan di areal kehutanan.Agroindustri : industri di bidang pertanian.Ammonifikasi : proses peruraian bahan organik oleh mikro-organisme menjadi amoniak.Benih : bibit tanaman yang akan ditebar, diternak, dan lain-lain.Da…

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain. Selain koperasi, ada beberapa badan usaha lain yang bergerak dalam bidang ekonomi, antara lain toko, firma, persekutuan komanditer (CV), dan perseroan Terbatas (PT). Usaha yang dilakukan koperasi berbeda dengan yang dilakukan badan usaha lain tersebut.
Perbedaan koperasi dengan badan usaha lain ada tujuh, yang tentu saja jika dibandingkan lebih menguntungkan koperasi, perbedaan yaitu sebagai berikut :
NoKoperasiBadan Usaha Lain1Mengutamakan kesejahteraan anggotaMengutamakan kepentingan perusahaan2Keanggotaan bersifat sukarelaKeanggotaan terbatas3Modal dari simpanan anggotaModal dari penjualan saham, perorangan, atau kelompok4Berbadan hukumAda yang tidak berbadan hokum5Pengurus dipilih anggotaPengurus ditentukan oleh pemegang saham6Terdapat pembagian SHU menurut jasa anggotaTidak ada pembagian SHU7Keuangan bersifat terbukaKeuangan bersifat tertutup
Dari, ketujuh perbedaan tersebut, mungkin anda terdorong untuk mendirikan usaha koperasi? Jika…