Skip to main content

Cara praktis mengenali batu permata

Cara praktis mengenali batu permata - Ada baiknya kita sedikit mengetahui cara atau teknik untuk mengenali permata yang hendak kita beli. Tujuan tulisan ini bukanlah untuk mendorong anda untuk menjadi seorang ahli batu permata. Kalaupaun kemudian anda menjadi ahli permata, tentu akan menggembirakan.

Apa yang akan disampaikan disini hanyalah satu teknik sederhana untuk mengenali jenis, mutu dan bentuk permata yang kita lihat. Mungkin ini sekedar bekal sederhana untuk anda agar tidak terlalu buta sama sekali terhadap batu permata. Sehingga sedikit banyak membantu anda para pembaca enjang.com untuk menghindari penipuan yang pernah dialami banyak orang.

Harus pula anda ingat bahwa  mengenali batu permata dan mutunya tidaklah mudah, bahkan untuk seorang ahli pun. Kemajuan teknologi mendorong produksi permata tiruan berlimpah-limpah dengan segala macam corak dan bentuknya. Sangat sulit membedakan mana yang imitasi dan mana yang alami.

Terkadang mereka ini membuat bahan permata secara gumpalan besar, kemudian dipotong dan diasah seperti halnya batu permata yang diambil dari alam. Hasilnya sungguh luar biasa. Untuk itulah sangat sulit orang membedakan mana yang asli dan mana yang aspal (asli tapi ) palsu .

Seorang ahli batu permata yang benar-benar jeli dan piawai tidak cukup hanya membaca uraian ini. Ia harus menambah pengetahuannya berupa bacaan yang komplit, berguru pada seorang ahli dan mencari pengalaman selama bertahun-tahun. Itupun sesekali mereka masih juga terkecoh. Jadi, janganlah terlalu percya pada pengetahuan kita yang masih sedikit.

Seorang ahli batu permata memberi saran, bahwa mengetahui sedikit lebih baik daripada tidak sama sekali. Bila kita ragu-ragu lebih baik rencana pembelian dibatalkan saja, menunggu sampai yakin benar. Ini akan membuat kita tidak tertipu dan tentu saja menghemat banyak.

Satu hal yang harus dihindari dalam memilih dan membeli batu permata adalah bernafsu besar. Hindarilah nafsu yang menggebu-gebu ingin segera memiliki, karena ini bisa membuat batu koral tampak menjadi sebentuk intan di mata anda. Menunda sangatlah berarti untuk pengeluaran kita.

15 hal yang harus dipelajari sebelum membeli batu permata
Agar anda lebih paham sekaligus sebagai bahan pelajaran dalam mengenal batu permata atau batu mulia, berikut 15 hal yang harus anda perhatikan ketika akan membeli batu permata atau sekedar ingin mengetahuinya.
  1. Melatih visual
  2. Efek Doubling (Ganda)
  3. Retakan
  4. Kemengkilapan permukaan
  5. Belahan
  6. Warna
  7. Faset
  8. Tingkat kekerasan batu permata
  9. Gravitas spesifik atau berat jenis
  10. Tes Refraksi
  11. Pengetesan lewa periskop
  12. Pengukuran memakai Dikroskop
  13. Pengujian warna permata
  14. Beberapa sifat dan ciri permata sintetis
  15. Nama ilmiah dan nama asaran batu permata

Itulah hal-hal yang perlu anda perhatikan mengenai batu permata. Karena tulisan penjelasan yang terlalu panjang, dari kelima belas hal tersebut masing-masing akan dijelaskan dalam 15 point artikel pula yang akan diposting setiap hari. Untuk itu, semoga anda rajin mengunjungi situs informasi ini.

Popular posts from this blog

67 Istilah Pertanian Lengkap

Dalam bidang pertanian dikenal banyak istilah pertanian yang biasa diterapkan dalam kalimat yang tentunya berhubungan dengan dunia pertanian. Namun, meski kita sering mendengar dan tahu maksud istilah tersebut, saat kita ditanya dan disuruh mendeskripsikan ternyata kesulitan. Untuk itu, kali ini Enjangcom akan memberikan informasi tentang istilah-istilah dalam bidang pertanian dan penjelasannya. Istilah-istilah tersebut kami rangkum dalam 67 istilah pertanian, selengkapnya sebagai berikut : Agrobisnis : melakukan usaha perdagangan dalam bidang hasil-hasil pertanian.Agraria : urusan pertanian atau tanah pertanian.Airdas : pengairan dasar.Amubu : alat memupuk dan menabur.Amuru : alat memupuk dan menggaru.Apiani : peternak lebah.Agrisilvikultur : pertanian rakyat yang dilakukan di areal kehutanan.Agroindustri : industri di bidang pertanian.Ammonifikasi : proses peruraian bahan organik oleh mikro-organisme menjadi amoniak.Benih : bibit tanaman yang akan ditebar, diternak, dan lain-lain.Da…

75 istilah ekonomi lengkap

Setelah sebelumnya admin telah memberikan informasi tentang istilah bidang kesenian dan kebudayaan, selanjutnya admin akan menuliskan info tentang istilah ekonomi lengkap. Dalam artikel tentang ekonomi atau berita ekonomi indonesia sering kita dengar istilah-istilah yang kurang kita mengerti, atau sebenarnya kita mengetahui maksudnya namun tak mampu menjelaskan atau menjabarkannya secara rinci kepada orang lain.

Untuk itu, berikut kami tuliskan daftar istilah dalam bidang ekonomi dalam 75 istilah ekonomi : Aset : kekayaan.Akumulasi : proses penambahan modal (uang tunai, mesin-mesin, dsb.Bankir : orang yang memperdagangkan uang ; cukong.Bank : kantor penyimpanan, perkreditan keuangan.Banker : direktur bank.Barter : perdagangan dengan saling menukar barang.Bonanza : sumber rejeki (keuntungan, kebahagiaan).Bonus : honor tambahan di luar gaji (uang ekstra).Brankas : lemari tempat menyimpan uang, barang-barang berharga.Bursa : tempat memperjualbelikan saham.Butik : toko yang menjual barang…

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain. Selain koperasi, ada beberapa badan usaha lain yang bergerak dalam bidang ekonomi, antara lain toko, firma, persekutuan komanditer (CV), dan perseroan Terbatas (PT). Usaha yang dilakukan koperasi berbeda dengan yang dilakukan badan usaha lain tersebut.
Perbedaan koperasi dengan badan usaha lain ada tujuh, yang tentu saja jika dibandingkan lebih menguntungkan koperasi, perbedaan yaitu sebagai berikut :
NoKoperasiBadan Usaha Lain1Mengutamakan kesejahteraan anggotaMengutamakan kepentingan perusahaan2Keanggotaan bersifat sukarelaKeanggotaan terbatas3Modal dari simpanan anggotaModal dari penjualan saham, perorangan, atau kelompok4Berbadan hukumAda yang tidak berbadan hokum5Pengurus dipilih anggotaPengurus ditentukan oleh pemegang saham6Terdapat pembagian SHU menurut jasa anggotaTidak ada pembagian SHU7Keuangan bersifat terbukaKeuangan bersifat tertutup
Dari, ketujuh perbedaan tersebut, mungkin anda terdorong untuk mendirikan usaha koperasi? Jika…