Skip to main content

Kemengkilapan dan belahan batu permata

Untuk mengenali batu permata, selanjutnya dengan melihat kemengkilapan dan belahan permata. Ada tiga syarat yang harus dipenuhi oleh batu mulia agar bisa disebut sebagai batu permata, yaitu : keindahannya, jarang terdapat dan awet atau tahan lama.

Sedangkan salah satu syarat untuk bisa disebut indah ialah pantulan sinar dari permukaan permata tersebut, atau kemengkilapannya yang alamiah. Kendati kemengkilapannya itu banyak dihubungkan dengan kekerasan kristalnya, tetapi hal ini juga berkaitan erat dengan kejernihan kristal batu itu dan daya biasanya atau refraksinya.

Intan misalnya, menjadi batu mahal ditentukan oleh angka indeks refraksinya. Semakin tinggi angka refraksi itu, maka semakin tinggi pula nilai kemengkilapannya. Di bawah ini ada beberaoa patokannya :
  • Pudar : tak ada kecerahannya sedikitpun juga.
  • Berminyak, buram : penampilannya muram, tidak cerah, seperti memiliki lapisan minyak.
  • Berkilat : ini adalah jenis kemengkilapan seperti yang didapatkan pada kaca.
  • Adamantin : mengkilap secara mantap, tak berubah, percikan sinarnya tinggi dan kerlipnya juga tinggi seperti yang dapat ditemukan pada intan.

Belahan
Belahan ini sering disamakan dengan retakan seperti yang dikemukakan sebelumnya. Padahal berbeda sekali. Jika retakan ini merupakan ujung dari patahan, sedangkan pecahan merupakan kondisi yang mengenai perpisahan.

Permata bisa dipecah dengan memberi satu pukulan besar pada arah pecahan itu. Ini merupakan salah satu teknik pengasah batu permata yang menerima bahan kasar besar. Untuk memecahnya, maka dipakailah teknik semacam ini.

Biasanya pengasah akan mempelajari dahulu batu kasar tersebut dan menentukan arah mana yang mudah untuk dipukul sehingga pecah. Maka, ia akan mencari pecahan yang nampak dalam permukaan kristal dan mulailah memukul.

Untuk memahami apa beda retakan dan pecahan itu, dapatlah kita membayangkan serat kayu, atau lapisan kayu. Bila kayu itu digergaji dan diasah membujur, maka nampaklah serat-seratnya itu memecah bidang kayu utuh. Inilah belahan, atau jelasnya saja dalam bahasa Inggris disebut cleavage.

Dalam pengasahannya, alur pecahan ini harus diperhitungkan betul-betul. Karena jika tidak, maka batu permata kita bisa justru hancur berkeping-keping.

Popular posts from this blog

75 istilah ekonomi lengkap

Setelah sebelumnya admin telah memberikan informasi tentang istilah bidang kesenian dan kebudayaan, selanjutnya admin akan menuliskan info tentang istilah ekonomi lengkap. Dalam artikel tentang ekonomi atau berita ekonomi indonesia sering kita dengar istilah-istilah yang kurang kita mengerti, atau sebenarnya kita mengetahui maksudnya namun tak mampu menjelaskan atau menjabarkannya secara rinci kepada orang lain.

Untuk itu, berikut kami tuliskan daftar istilah dalam bidang ekonomi dalam 75 istilah ekonomi : Aset : kekayaan.Akumulasi : proses penambahan modal (uang tunai, mesin-mesin, dsb.Bankir : orang yang memperdagangkan uang ; cukong.Bank : kantor penyimpanan, perkreditan keuangan.Banker : direktur bank.Barter : perdagangan dengan saling menukar barang.Bonanza : sumber rejeki (keuntungan, kebahagiaan).Bonus : honor tambahan di luar gaji (uang ekstra).Brankas : lemari tempat menyimpan uang, barang-barang berharga.Bursa : tempat memperjualbelikan saham.Butik : toko yang menjual barang…

67 Istilah Pertanian Lengkap

Dalam bidang pertanian dikenal banyak istilah pertanian yang biasa diterapkan dalam kalimat yang tentunya berhubungan dengan dunia pertanian. Namun, meski kita sering mendengar dan tahu maksud istilah tersebut, saat kita ditanya dan disuruh mendeskripsikan ternyata kesulitan. Untuk itu, kali ini Enjangcom akan memberikan informasi tentang istilah-istilah dalam bidang pertanian dan penjelasannya. Istilah-istilah tersebut kami rangkum dalam 67 istilah pertanian, selengkapnya sebagai berikut : Agrobisnis : melakukan usaha perdagangan dalam bidang hasil-hasil pertanian.Agraria : urusan pertanian atau tanah pertanian.Airdas : pengairan dasar.Amubu : alat memupuk dan menabur.Amuru : alat memupuk dan menggaru.Apiani : peternak lebah.Agrisilvikultur : pertanian rakyat yang dilakukan di areal kehutanan.Agroindustri : industri di bidang pertanian.Ammonifikasi : proses peruraian bahan organik oleh mikro-organisme menjadi amoniak.Benih : bibit tanaman yang akan ditebar, diternak, dan lain-lain.Da…

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain. Selain koperasi, ada beberapa badan usaha lain yang bergerak dalam bidang ekonomi, antara lain toko, firma, persekutuan komanditer (CV), dan perseroan Terbatas (PT). Usaha yang dilakukan koperasi berbeda dengan yang dilakukan badan usaha lain tersebut.
Perbedaan koperasi dengan badan usaha lain ada tujuh, yang tentu saja jika dibandingkan lebih menguntungkan koperasi, perbedaan yaitu sebagai berikut :
NoKoperasiBadan Usaha Lain1Mengutamakan kesejahteraan anggotaMengutamakan kepentingan perusahaan2Keanggotaan bersifat sukarelaKeanggotaan terbatas3Modal dari simpanan anggotaModal dari penjualan saham, perorangan, atau kelompok4Berbadan hukumAda yang tidak berbadan hokum5Pengurus dipilih anggotaPengurus ditentukan oleh pemegang saham6Terdapat pembagian SHU menurut jasa anggotaTidak ada pembagian SHU7Keuangan bersifat terbukaKeuangan bersifat tertutup
Dari, ketujuh perbedaan tersebut, mungkin anda terdorong untuk mendirikan usaha koperasi? Jika…