Skip to main content

Tentang Surat Lamaran Pekerjaan

Surat Lamaran Pekerjaan adalah surat yang menyatakan bahwa penulisannya memerlukan atau meminta pekerjaan. Kini surat tersebut biasa disingkat dengan Surat Lamaran.

Surat lamaran itu bisa dibagi menjadi tiga bagian. Pertama bagian pembukaan, kedua bagian isi atau uraian, yang ketiga adalah bagian penutup. Penjelasan selengkapnya sebagai berikut:

1. PEMBUKAAN
Menyebutkan sumber keterangan atau informasi dari mana pelamar mengetahui adanya lowongan pekerjaan itu. Kemudian lowongan apa yang dilamar dan menerangkan bahwa anda memenuhi persyaratannya.

2. ISI/URAIAN
Uraikan bahwa anda telah memenuhi persyaratan yang diminta, yang harus dipenuhi. Kemudian terangkan pula berapa tahun umur anda, pengalaman dan ketrampilan yang anda miliki.

3. PENUTUP
Kata-kata atau kalimat penutup biasanya juga mencakup harapan anda, agar diterima dan berisi pula ucapan terima kasih anda.

Hal-hal yang perlu diperhatikan

Dalam menulis surat lamaran perlu diperhatikan, agar bahasanya jelas hingga mudah dimengerti. Untuk itu pergunakanlah bahasa yang baik, baku, dan benar. Agar mudah dipahami, tulislah lamaran anda dengan kalimat yang tidak terlalu panjang. Buatlah surat lamaran yang singkat tetapi jelas, dengan bahasa yang sopan.

Selanjutnya perlu dicatat agar anda menerangkan sebab-sebab anda keluar dari pekerjaan yang lama, bila anda memang sudah pernah bekerja sebelumnya.

Sekalipun demikian, surat lamaran pekerjaan itu tidak perlu memuat keterangan panjang lebar, sebab akan dilampiri dengan Surat atau Daftar Riwayat Hidup. Suatu hal yang sangat penting, dalam menulis surat lamaran ialah pencantuman alamat anda yang sejelas-jelasnya.

Sebab, jika alamat tidak tertera dengan jelas, surat panggilan atau penerimaan akan tersesat dan tidak sampai ke tangan anda. Bila demikian yang terjadi, jelas anda akan mengurangi sebab usaha anda mendapat pekerjaan anda gagal.

Pedoman penulisan

Gunakanlah model penulisan surat lamaran yang paling praktis. Beberapa catatan penting sebagai pedoman dalam menulis surat lamaran kerja agar bentuknya pantas dan manis sebagai berikut:
  1. Antara nama kota/tanggal dengan alamat tujuan, kosongkan satu baris, jika kertas yang dipergunakan adalah kertas folio bergaris.
  2. Antara alamat tujuan dengan kata-kata Dengan Hormat dikosongkan satu baris kalau ditulis tangan atau 4 spasi jika diketik.
  3. Antara kalimat Dengan Hormat dengan pembukaan surat dikosongkan satu baris atau dua spasi jika diketik.
  4. Antara satu paragraf dengan paragraf berikutnya tidak perlu dikosongkan lagi.
  5. Kata-kata Hormat saya dalam penutup surat lamaran berjarak dua baris dari kalimat penutup surat tersebut.
  6. Kata-kata 'Lampiran' letaknya berjarak tiga baris dari kalimat penutup surat, terletak agak ke bawah dari kata Hormat saya, diketik dengan jarak lima atau 6 spasi.

Catatan tambahan:
  1. Lamaran ditulis tangan mempergunakan kertas folio bergaris.
  2. Bila tidak diharuskan atau diminta dengan tulisan tangan, ketiklah di atas kertas HVS folio. Jangan gunakan kertas yang bermutu rendah. Selain kurang sopan seringkali tidak menghasilkan tulisan yang bagus dan jelas.
  3. Isi surat lamaran kerja harus ringkas dan jelas.
  4. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta sopan.
  5. Surat lamaran tidak perlu terlalu berbasa-basi dan bertele-tele.
  6. Surat lamaran adalah langkah atau perkenalan pertama, karena itu usahakanlah menimbulkan kesan yang baik.
  7. Tulisan yang buruk, bentuk surat yang tidak memenuhi aturan dan kesopanan menunjukkan kepribadian pelamar, bisa saja dianggap tidak bersungguh-sungguh atau bahkan dinilai tidak patut lagi dilayani.

Demikian Tentang Surat Lamaran Pekerjaan, mungkin sedikit penjelasan di atas bermanfaat bagi anda yang sedang mencari pekerjaan tetapi harus menulis surat lamaran sendiri.

Popular posts from this blog

67 Istilah Pertanian Lengkap

Dalam bidang pertanian dikenal banyak istilah pertanian yang biasa diterapkan dalam kalimat yang tentunya berhubungan dengan dunia pertanian. Namun, meski kita sering mendengar dan tahu maksud istilah tersebut, saat kita ditanya dan disuruh mendeskripsikan ternyata kesulitan. Untuk itu, kali ini Enjangcom akan memberikan informasi tentang istilah-istilah dalam bidang pertanian dan penjelasannya. Istilah-istilah tersebut kami rangkum dalam 67 istilah pertanian, selengkapnya sebagai berikut : Agrobisnis : melakukan usaha perdagangan dalam bidang hasil-hasil pertanian.Agraria : urusan pertanian atau tanah pertanian.Airdas : pengairan dasar.Amubu : alat memupuk dan menabur.Amuru : alat memupuk dan menggaru.Apiani : peternak lebah.Agrisilvikultur : pertanian rakyat yang dilakukan di areal kehutanan.Agroindustri : industri di bidang pertanian.Ammonifikasi : proses peruraian bahan organik oleh mikro-organisme menjadi amoniak.Benih : bibit tanaman yang akan ditebar, diternak, dan lain-lain.Da…

75 istilah ekonomi lengkap

Setelah sebelumnya admin telah memberikan informasi tentang istilah bidang kesenian dan kebudayaan, selanjutnya admin akan menuliskan info tentang istilah ekonomi lengkap. Dalam artikel tentang ekonomi atau berita ekonomi indonesia sering kita dengar istilah-istilah yang kurang kita mengerti, atau sebenarnya kita mengetahui maksudnya namun tak mampu menjelaskan atau menjabarkannya secara rinci kepada orang lain.

Untuk itu, berikut kami tuliskan daftar istilah dalam bidang ekonomi dalam 75 istilah ekonomi : Aset : kekayaan.Akumulasi : proses penambahan modal (uang tunai, mesin-mesin, dsb.Bankir : orang yang memperdagangkan uang ; cukong.Bank : kantor penyimpanan, perkreditan keuangan.Banker : direktur bank.Barter : perdagangan dengan saling menukar barang.Bonanza : sumber rejeki (keuntungan, kebahagiaan).Bonus : honor tambahan di luar gaji (uang ekstra).Brankas : lemari tempat menyimpan uang, barang-barang berharga.Bursa : tempat memperjualbelikan saham.Butik : toko yang menjual barang…

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain. Selain koperasi, ada beberapa badan usaha lain yang bergerak dalam bidang ekonomi, antara lain toko, firma, persekutuan komanditer (CV), dan perseroan Terbatas (PT). Usaha yang dilakukan koperasi berbeda dengan yang dilakukan badan usaha lain tersebut.
Perbedaan koperasi dengan badan usaha lain ada tujuh, yang tentu saja jika dibandingkan lebih menguntungkan koperasi, perbedaan yaitu sebagai berikut :
NoKoperasiBadan Usaha Lain1Mengutamakan kesejahteraan anggotaMengutamakan kepentingan perusahaan2Keanggotaan bersifat sukarelaKeanggotaan terbatas3Modal dari simpanan anggotaModal dari penjualan saham, perorangan, atau kelompok4Berbadan hukumAda yang tidak berbadan hokum5Pengurus dipilih anggotaPengurus ditentukan oleh pemegang saham6Terdapat pembagian SHU menurut jasa anggotaTidak ada pembagian SHU7Keuangan bersifat terbukaKeuangan bersifat tertutup
Dari, ketujuh perbedaan tersebut, mungkin anda terdorong untuk mendirikan usaha koperasi? Jika…