Skip to main content

Tips perawatan bonsai yang baik

Tips perawatan bonsai yang baik - Perawatan bonsai sebetulnya tidak terlalu sulit. Yang utama, bonsai harus mendapat sinar matahari penuh, yang sangat penting untuk proses fotosintetis. Bonsai bukan tanaman yang suka dikurung di dalam ruangan. Setiap hari, pagi dan sore, mesti disiram, lebih-lebih pada waktu tidak ada hujan. Pohon kerdil ini sebaiknya ditaruh di tempat yang sirkulasi udaranya lancar dan tidak pengap.

Pemberian pupuk, tentu saja tidak boleh lupa, meski tidak perlu terlalu sering. Sebulan sekali sudah cukup, bisa berupa pupuk cair atau tablet. Jika menggunakan pupuk tablet bisa diberikan 2-3 bulan sekali.

Penggunaan pupuk organik, berupa kompos atau humus akan lebih baik dibandingkan dengan pupuk buatan pabrik (pupuk anorganik). Pupuk organik bisa memperbaiki struktur tanah. Sekali waktu, terutama kalau terkena penyakit (jamur) atau kutu, bonsai juga perlu disemprot dengan fungisida atau insektisida. Pemangkasan dilakukan di mana perlu saja.

Untuk tempat tumbuhnya bonsai membutuhkan media tanam yang baik dan subur. Media tanam itu bisa berupa campuran tanah gunung (top soil), humus, dan pasir dengan perbandingan kira-kira 1 : 1 : 1.

Tanah yang agak kasar lebih baik dibandingkan dengan tanah yang halus sekali. Tanah yang baik memungkinkan drainase dalam media lancar dan pertumbuhan akarnya pun menjadi baik. Demikian juga pasirnya harus bersih, tidak mengandung lumpur ataupun benda-benda lain yang tidak bermanfaat.

Humus atau kompos penting untuk menambah kesuburan media tanam. Khusus untuk jenis cemara, seperti cemara udang, cemara pua-pua, dan juga cemara lainnya, perbandingan media tanamnya bisa 1 bagian tanah, 1 bagian humus, dan 1 - 2 bagian pasir.

Jika ada, media tanam juga perlu ditaburi Furadan. Penggantian media tanam biasanya dilakukan setiap 1 - 5 tahun, tergantung jenis tanamannya. Tanaman yang tumbuh cepat, media tanamnya cenderung sering minta diganti, agar si kontet ini itu tetap tetap tumbuh subur dan indah, sehingga kehadirannya di rumah seolah-olah bisa membawa suasana alam yang asri. Cocok untuk orang-orang yang rindu akan alam.

Popular posts from this blog

67 Istilah Pertanian Lengkap

Dalam bidang pertanian dikenal banyak istilah pertanian yang biasa diterapkan dalam kalimat yang tentunya berhubungan dengan dunia pertanian. Namun, meski kita sering mendengar dan tahu maksud istilah tersebut, saat kita ditanya dan disuruh mendeskripsikan ternyata kesulitan. Untuk itu, kali ini Enjangcom akan memberikan informasi tentang istilah-istilah dalam bidang pertanian dan penjelasannya. Istilah-istilah tersebut kami rangkum dalam 67 istilah pertanian, selengkapnya sebagai berikut : Agrobisnis : melakukan usaha perdagangan dalam bidang hasil-hasil pertanian.Agraria : urusan pertanian atau tanah pertanian.Airdas : pengairan dasar.Amubu : alat memupuk dan menabur.Amuru : alat memupuk dan menggaru.Apiani : peternak lebah.Agrisilvikultur : pertanian rakyat yang dilakukan di areal kehutanan.Agroindustri : industri di bidang pertanian.Ammonifikasi : proses peruraian bahan organik oleh mikro-organisme menjadi amoniak.Benih : bibit tanaman yang akan ditebar, diternak, dan lain-lain.Da…

75 istilah ekonomi lengkap

Setelah sebelumnya admin telah memberikan informasi tentang istilah bidang kesenian dan kebudayaan, selanjutnya admin akan menuliskan info tentang istilah ekonomi lengkap. Dalam artikel tentang ekonomi atau berita ekonomi indonesia sering kita dengar istilah-istilah yang kurang kita mengerti, atau sebenarnya kita mengetahui maksudnya namun tak mampu menjelaskan atau menjabarkannya secara rinci kepada orang lain.

Untuk itu, berikut kami tuliskan daftar istilah dalam bidang ekonomi dalam 75 istilah ekonomi : Aset : kekayaan.Akumulasi : proses penambahan modal (uang tunai, mesin-mesin, dsb.Bankir : orang yang memperdagangkan uang ; cukong.Bank : kantor penyimpanan, perkreditan keuangan.Banker : direktur bank.Barter : perdagangan dengan saling menukar barang.Bonanza : sumber rejeki (keuntungan, kebahagiaan).Bonus : honor tambahan di luar gaji (uang ekstra).Brankas : lemari tempat menyimpan uang, barang-barang berharga.Bursa : tempat memperjualbelikan saham.Butik : toko yang menjual barang…

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain. Selain koperasi, ada beberapa badan usaha lain yang bergerak dalam bidang ekonomi, antara lain toko, firma, persekutuan komanditer (CV), dan perseroan Terbatas (PT). Usaha yang dilakukan koperasi berbeda dengan yang dilakukan badan usaha lain tersebut.
Perbedaan koperasi dengan badan usaha lain ada tujuh, yang tentu saja jika dibandingkan lebih menguntungkan koperasi, perbedaan yaitu sebagai berikut :
NoKoperasiBadan Usaha Lain1Mengutamakan kesejahteraan anggotaMengutamakan kepentingan perusahaan2Keanggotaan bersifat sukarelaKeanggotaan terbatas3Modal dari simpanan anggotaModal dari penjualan saham, perorangan, atau kelompok4Berbadan hukumAda yang tidak berbadan hokum5Pengurus dipilih anggotaPengurus ditentukan oleh pemegang saham6Terdapat pembagian SHU menurut jasa anggotaTidak ada pembagian SHU7Keuangan bersifat terbukaKeuangan bersifat tertutup
Dari, ketujuh perbedaan tersebut, mungkin anda terdorong untuk mendirikan usaha koperasi? Jika…