Skip to main content

Kopi Bukan Penyebab Kanker, Minuman Panaslah Pemicunya

Kopi Bukan Penyebab Kanker - Anda pecandu kopi? Jika ya, berarti tak beda dengan saya he he.. Belum lama ini WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) mencabut klaim dan mengklarifikasi bahwa kopi adalah penyebab kanker, yang konon katanya mengandung karsinogen. Kok, gampang ya main cabut aja. Padahal terlanjur banyak orang mempercayai hal tersebut selama hampir 25 tahun, sejak tahun 1991.

Kopi aman untuk dikonsumsi disimpulkan setelah 23 ilmuwan dari WHO melalui IARC (Agen Internasional untuk Penelitian Kanker) kembali menganalisis 1000 studi yang manyatakan bahwa kopi berisiko kanker.

Gambar Kopi Bukan Penyebab Kanker

Namun sangat mengejutkan, ternyata hasilnya bertolak belakang dengan pernyataan yang dikeluarkan 25 tahun lalu. Tidak ada bukti yang kuat dan bisa dipegang bahwa kopi adalah penyebab kanker. Pernyataan WHO ini dipublikasikan di Lancet Oncology.

Owen Yang mengungkapkan: "Saya tak yakin kopi menduduki peringkat pertama sebagai penyebab kanker, tak ada bukti kuat". Dia adalah seorang ahli epidemiologi di Universitas Oxford yang sebelumnya pernah memelajari kemungkinan adanya hubungan antara kopi dan kanker. Namun, harap diketahui bahwa Owen bukanlah bagian dari kelompok ahli IARC.

Kabar terbaru yang dihimpun dari IARC menemukan bawah mengkonsumsi minuman yang terlalu panas dapat memicu kanker. IARC meneliti beberapa negara seperti Tiongkok, Iran, dan beberapa wilayah di Amerika Selatan yang konon katanya penduduknya memiliki kebiasaan minum teh herbal dengan suhu sangat panas, yaitu di atas 65-70 derajat Celsius.

Wakil kepala program IARC Dana Loomis mengklasifikasi karsinogen mengungkapkan, mereka mulai menemukan hubungan dua hal tersebut setelah melihat pertumbuhan pengidap kanker cukup tinggi menyerang negara-negara yang masyarakatnya gemar minum kopi. Dia mengatakan, bahwa minuman pada suhu di bawah 60 derajat celsius, minuman panas dapat memanaskan kulit.

Minuman yang sangat panas dapat menyebabkan cedera termal di tenggorokan yang kemudian memicu pertumbuhan tumor.

Untuk mencegah ini, sebelum kita menyantap makanan dan minuman yang panas hendaknya ditunggu terlebih dahulu agar makanan atau minuman tersebut dingin.

Bagaimana? Sudah tidak khawatir kan? Tetapi, saya juga masih berfikir, jangan-jangan pernyataan tersebut di cabut lagi. Semoga saja memang kopi bukanlah penyabab kanker.

Dilansir dari Metrotvnews. com

Popular posts from this blog

75 istilah ekonomi lengkap

Setelah sebelumnya admin telah memberikan informasi tentang istilah bidang kesenian dan kebudayaan, selanjutnya admin akan menuliskan info tentang istilah ekonomi lengkap. Dalam artikel tentang ekonomi atau berita ekonomi indonesia sering kita dengar istilah-istilah yang kurang kita mengerti, atau sebenarnya kita mengetahui maksudnya namun tak mampu menjelaskan atau menjabarkannya secara rinci kepada orang lain.

Untuk itu, berikut kami tuliskan daftar istilah dalam bidang ekonomi dalam 75 istilah ekonomi : Aset : kekayaan.Akumulasi : proses penambahan modal (uang tunai, mesin-mesin, dsb.Bankir : orang yang memperdagangkan uang ; cukong.Bank : kantor penyimpanan, perkreditan keuangan.Banker : direktur bank.Barter : perdagangan dengan saling menukar barang.Bonanza : sumber rejeki (keuntungan, kebahagiaan).Bonus : honor tambahan di luar gaji (uang ekstra).Brankas : lemari tempat menyimpan uang, barang-barang berharga.Bursa : tempat memperjualbelikan saham.Butik : toko yang menjual barang…

67 Istilah Pertanian Lengkap

Dalam bidang pertanian dikenal banyak istilah pertanian yang biasa diterapkan dalam kalimat yang tentunya berhubungan dengan dunia pertanian. Namun, meski kita sering mendengar dan tahu maksud istilah tersebut, saat kita ditanya dan disuruh mendeskripsikan ternyata kesulitan. Untuk itu, kali ini Enjangcom akan memberikan informasi tentang istilah-istilah dalam bidang pertanian dan penjelasannya. Istilah-istilah tersebut kami rangkum dalam 67 istilah pertanian, selengkapnya sebagai berikut : Agrobisnis : melakukan usaha perdagangan dalam bidang hasil-hasil pertanian.Agraria : urusan pertanian atau tanah pertanian.Airdas : pengairan dasar.Amubu : alat memupuk dan menabur.Amuru : alat memupuk dan menggaru.Apiani : peternak lebah.Agrisilvikultur : pertanian rakyat yang dilakukan di areal kehutanan.Agroindustri : industri di bidang pertanian.Ammonifikasi : proses peruraian bahan organik oleh mikro-organisme menjadi amoniak.Benih : bibit tanaman yang akan ditebar, diternak, dan lain-lain.Da…

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain. Selain koperasi, ada beberapa badan usaha lain yang bergerak dalam bidang ekonomi, antara lain toko, firma, persekutuan komanditer (CV), dan perseroan Terbatas (PT). Usaha yang dilakukan koperasi berbeda dengan yang dilakukan badan usaha lain tersebut.
Perbedaan koperasi dengan badan usaha lain ada tujuh, yang tentu saja jika dibandingkan lebih menguntungkan koperasi, perbedaan yaitu sebagai berikut :
NoKoperasiBadan Usaha Lain1Mengutamakan kesejahteraan anggotaMengutamakan kepentingan perusahaan2Keanggotaan bersifat sukarelaKeanggotaan terbatas3Modal dari simpanan anggotaModal dari penjualan saham, perorangan, atau kelompok4Berbadan hukumAda yang tidak berbadan hokum5Pengurus dipilih anggotaPengurus ditentukan oleh pemegang saham6Terdapat pembagian SHU menurut jasa anggotaTidak ada pembagian SHU7Keuangan bersifat terbukaKeuangan bersifat tertutup
Dari, ketujuh perbedaan tersebut, mungkin anda terdorong untuk mendirikan usaha koperasi? Jika…