Skip to main content

Pengertian Kebutuhan Manusia

Enjang.com - Kebutuhan manusia sangat banyak dan beranekaragam jenisnya dan berlangsung seumur hidup. Sejak dilahirkan, manusia membutuhkan makanan, minuman, istirahat, olahraga, dan sebagainya. Kebutuhan manusia tersebut akan terus bertambah dari waktu ke waktu, misalnya kebutuhan kesehatan, pendidikan, rekreasi, dan penghargaan dari orang lain.

Pengertian Kebutuhan Manusia
Demikian juga dengan kita, setiap saat kebutuhan kita dapat berubah-ubah. Pada saat kita belum dapat menulis, kita belum memerlukan alat-alat tulis. Pada saat kita sakit, kita perlu berobat dan istirahat, dan pada saat kita sekolah kita membutuhkan seragam sekolah dan sebagainya.

Pengertian Kebutuhan Manusia

Untuk dapat makan, kita membutuhkan beras, beras dihasilkan oleh petani. Beras dihasilkan melalui proses yang cukup lama dan tidak muncul dengan seketika. Pada saat kemarau, kita masih membutuhkan beras padahal petani sudah kesulitan untuk menanam padi sehingga beras menjadi sulit atau tidak akan mencukupi kebutuhan manusia.

Contoh di atas merupakan uraian tentang adanya ketimpangan antara kebutuhan dengan alat pemenuhan kebutuhan. Dengan demikian, tentunya kalian akan dapat merumuskan apa yang disebut dengan kebutuhan. Agar mengetahui lebih jelas apa yang dimaksud dengan kebutuhan, maka akan dibahas pada materi berikut:

Kadang-kadang kalian akan mendengar orang mengatakan bahwa kebutuhan sama dengan keinginan. Sebuah keinginan tertentu disebut dengan kebutuhan. Padahal kedua istilah tersebut dalam ilmu ekonomi adalah berlainan.

Dalam ilmu ekonomi, kebutuhan adalah keinginan untuk mendapatkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan dengan disertai kemampuan membayarnya, sebab jika kebutuhan tidak terpenuhi maka akan membawa efek negatif.

Oleh karena itu, kebutuhan manusia harus terpenuhi. Berbeda dengan kebutuhan, keinginan tidak harus terpenuhi karena keinginan jika tidak terpenuhi tidak akan membawa efek negatif. Contoh kebutuhan bagi kalian adalah sarapan pagi, minum, istirahat, kesehatan, dan sekolah. Sedangkan contoh keinginan kalian adalah jalan-jalan, rekreasi, membeli buku komik, membeli pena yang bagus, dan sebagainya.

Faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia
Kebutuhan manusia akan selalu berubah-ubah seiring dengan perubahan zaman. Perubahan kebutuhan manusia dapat disebabkan oleh faktor lingkungan alam, kebudayaan, waktu, pendapatan, dan agama. .

1. Lingkungan alam
Lingkungan alam dapat mempengaruhi perubahan kebutuhan manusia. Sebagai contoh, umumnya orang-orang yang tinggal di pegunungan menggunakan pakaian yang tebal dan hangat. Berbeda dengan orang di daerah padang pasir atau pantai yang udaranya cukup panas, mereka menyukai pakaian yang tipis.

Contoh lainnya adalah, pada musim hujan banyak orang yang membutuhkan payung untuk melindungi diri mereka dari hujan. Setelah musim hujan selesai, umumnya orang - orang tidak menggunakan payung lagi. Manusia menyesuaikan di mana ia berada. Dengan demikian, jelaslah bahwa lingkungan alam berpengaruh pada kebutuhan manusia.

2. Kebudayaan
Kebudayaan dapat diartikan sebagai hasil cipta, rasa, dan karsa manusia. Kebudayaan dapat mempengaruhi kebutuhan manusia. Semakin tinggi tingkat kebudayaan (peradaban) manusia, maka akan semakin banyak kebutuhannya.

Sebagai contoh, pada zaman dahulu televisi belum dikenal sehingga bukan merupakan suatu kebutuhan. Namun sekarang ini, televisi merupakan salah satu kebutuhan yaitu sebagai media untuk memperoleh informasi dan hiburan di antara bermacam-macam kebutuhan yang lain.

3. Waktu
Kebutuhan manusia akan berubah seiring dengan perubahan waktu. Tentu kalian masih ingat, sewaktu masih kecil baju/pakaian yang kalian pakai tidak mungkin dapat dipakai lagi sekarang ini. Kalian memerlukan pakaian yang baru yang sesuai dengan pertumbuhan tubuh kalian. Perubahan waktu akan membuat kebutuhan menjadi berubah. Dengan kata lain, kebutuhan masa lalu berbeda dengan kebutuhan sekarang.

4. Pendapatan
Pendapatan juga merupakan faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia. Apabila pendapatan meningkat, secara umum kebutuhan akan meningkat pula. Misalnya pendapatan seorang kepala keluarga. Apabila pendapatannya semakin besar, kebutuhannya akan semakin banyak. Hal ini karena kebutuhan harus disertai dengan daya beli untuk membayarnya.

5. Agama
Agama yang dianut oleh manusia akan dapat mempengaruhi kebutuhannya pada barang-barang tertentu. Misalnya, orang yang beragama Islam akan membutuhkan Al-Quran, sajadah, dan tasbih. Sedangkan orang yang beragama Kristen/Katolik, akan memerlukan Kitab Injil, buku doa, rosario atau salib .
Demikian pembahasan lengkap mengenai tentang Pengertian Kebutuhan Manusia. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian.

Popular posts from this blog

75 istilah ekonomi lengkap

Setelah sebelumnya admin telah memberikan informasi tentang istilah bidang kesenian dan kebudayaan, selanjutnya admin akan menuliskan info tentang istilah ekonomi lengkap. Dalam artikel tentang ekonomi atau berita ekonomi indonesia sering kita dengar istilah-istilah yang kurang kita mengerti, atau sebenarnya kita mengetahui maksudnya namun tak mampu menjelaskan atau menjabarkannya secara rinci kepada orang lain.

Untuk itu, berikut kami tuliskan daftar istilah dalam bidang ekonomi dalam 75 istilah ekonomi : Aset : kekayaan.Akumulasi : proses penambahan modal (uang tunai, mesin-mesin, dsb.Bankir : orang yang memperdagangkan uang ; cukong.Bank : kantor penyimpanan, perkreditan keuangan.Banker : direktur bank.Barter : perdagangan dengan saling menukar barang.Bonanza : sumber rejeki (keuntungan, kebahagiaan).Bonus : honor tambahan di luar gaji (uang ekstra).Brankas : lemari tempat menyimpan uang, barang-barang berharga.Bursa : tempat memperjualbelikan saham.Butik : toko yang menjual barang…

67 Istilah Pertanian Lengkap

Dalam bidang pertanian dikenal banyak istilah pertanian yang biasa diterapkan dalam kalimat yang tentunya berhubungan dengan dunia pertanian. Namun, meski kita sering mendengar dan tahu maksud istilah tersebut, saat kita ditanya dan disuruh mendeskripsikan ternyata kesulitan. Untuk itu, kali ini Enjangcom akan memberikan informasi tentang istilah-istilah dalam bidang pertanian dan penjelasannya. Istilah-istilah tersebut kami rangkum dalam 67 istilah pertanian, selengkapnya sebagai berikut : Agrobisnis : melakukan usaha perdagangan dalam bidang hasil-hasil pertanian.Agraria : urusan pertanian atau tanah pertanian.Airdas : pengairan dasar.Amubu : alat memupuk dan menabur.Amuru : alat memupuk dan menggaru.Apiani : peternak lebah.Agrisilvikultur : pertanian rakyat yang dilakukan di areal kehutanan.Agroindustri : industri di bidang pertanian.Ammonifikasi : proses peruraian bahan organik oleh mikro-organisme menjadi amoniak.Benih : bibit tanaman yang akan ditebar, diternak, dan lain-lain.Da…

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain

7 perbedaan koperasi dengan badan usaha lain. Selain koperasi, ada beberapa badan usaha lain yang bergerak dalam bidang ekonomi, antara lain toko, firma, persekutuan komanditer (CV), dan perseroan Terbatas (PT). Usaha yang dilakukan koperasi berbeda dengan yang dilakukan badan usaha lain tersebut.
Perbedaan koperasi dengan badan usaha lain ada tujuh, yang tentu saja jika dibandingkan lebih menguntungkan koperasi, perbedaan yaitu sebagai berikut :
NoKoperasiBadan Usaha Lain1Mengutamakan kesejahteraan anggotaMengutamakan kepentingan perusahaan2Keanggotaan bersifat sukarelaKeanggotaan terbatas3Modal dari simpanan anggotaModal dari penjualan saham, perorangan, atau kelompok4Berbadan hukumAda yang tidak berbadan hokum5Pengurus dipilih anggotaPengurus ditentukan oleh pemegang saham6Terdapat pembagian SHU menurut jasa anggotaTidak ada pembagian SHU7Keuangan bersifat terbukaKeuangan bersifat tertutup
Dari, ketujuh perbedaan tersebut, mungkin anda terdorong untuk mendirikan usaha koperasi? Jika…