Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

3 cara pencernaan secara umum

21 Mei 2015 | Biologi
3 cara pencernaan secara umum. Bagaimanakah rasanya jika kita terlambat makan? Tentu kita merasa lapar. Setiap makhluk hidup memerlukan makanan. Manusia sebagai makhluk hidup memerlukan makanan yang sesuai untuk keperluan hidupnya.
Makanan baru berguna bagi tubuh jika makanan tersebut telah dicerna dan dapat diserap ke dalam sel-sel tubuh. Proses pengubahan makanan menjadi bentuk sederhana hingga dapat diserap oleh sel-sel tubuh disebut proses pencernakan makanan. Zat makanan tersebut diperlukan untuk menghasilkan tenaga, pembentukan sel baru, serta memelihara dan melancarkan kerja organ dan alat tubuh lain.
Berdasarkan tempat terjadinya, proses pencernaan makanan dibedakan menjadi pencernaan intrasel dan pencernaan ekstrasel.
Pencernaan intrasel adalah proses pencernaan yang terjadi di dalam sel. Makanan dimasukkan ke dalam sel kemudian dicerna dengan bantuan enzim, seperti pencernaan yang terjadi pada organisme bersel tunggal.
Pencernaan ekstrasel adalah pencernaan yang terjadi di luar sel. Proses pengubahan makanan tersebut berlangsung pada saluran pencernaan. Dengan adanya enzim pencernaan, makanan diubah menjadi bentuk yang lebih sederhana hingga nantinya mudah diserap oleh sel-sel tubuh.
Secara umum proses pencernaan dibedakan menjadi 3 cara, yaitu sebagai berikut :
1. Pencernaan mekanis
Bertujuan untuk mengubah bentuk makanan menjadi kecil (halus) agar mudah ditelan dan dicerna lebih lanjut.
2. Pencernaan kimiawi
Dilakukan dengan bantuan enzim pencernaan untuk menguraikan makanan menjadi bentuk yang lebih luas sehingga mudah diserap oleh sel-sel tubuh.
3. Pencernaan biologis
Dilakukan dengan menggunakan bantuan organisme lain untuk menguraikan dan membusukkan makanan.
Demikian informasi online mengenai 3 cara pencernaan secara umum. Semoga menjadi info yang bermanfaat.

Related For 3 cara pencernaan secara umum