Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

3 langkah utama menulis prosa deskripsi

22 Januari 2014 | Sastra

3 langkah utama menulis prosa deskripsi. Deskripsi menyajikan gambaran tentang suatu hal, suatu masalah atau suatu benda. Dengan kata lain karangan yang bercorak deskriptif isinya melukiskan suatu hal, suatu masalah, suatu peristiwa atau suatu benda.

Deskripsi sering kita jumpai sebagai bagian dari suatu narasi, bila pengarang melukiskan wajah seorang pelaku, sosok seorang tokoh, bila pengarang menggambarkan kamar atau rumah tinggal para pelaku cerita, melukiskan keindahan pantai senja hari dan lainnya. Tetapi dapat saja deskripsi berupa karangan yang utuh yang membahas suatu tema.

Untuk menyusun karangan deskripsi sebenarnya langkah-langkah yang kita tempuh sama saja dengan corak karangan yang lain seperti argumentasi, eksposisi dan persuasi.

Langkah-langkahnya sebagai berikut
1. Merumuskan tujuan
Tujuan penting sekali untuk kita rumuskan lebih dahulu, karena tujuan penulisan karangan merupakan pedoman dalam menyusun karangan selanjutnya. Tujuan juga menjadi pedoman dalam kita mencari data-data yang diperlukan untuk melukiskan masalah yang akan kita garap.

Sebagai contoh kita dapat merumuskan tujuan, misalnya :
Memberi gambaran kepada pembaca khususnya para pelajar akan perlunya menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan sekitarnya.

2. Mengumpulkan data
Bila topik telah kita ketahui, tujuan telah kita rumuskan, maka tiba gilirannya kita mengumpulkan data yang diperlukan. Dalam keadaan deskripsi kita dapat mengumpulkan data melalui
– penglihatan : apa yang kita lihat di sekitar kita.
– pendengaran : apa yang kita dengar
– apa yang kita rasakan dan apa yang kita alami

Pengalamanpun akan membantu menambah data. Data yang terkumpul kita inventarisasi, kita seleksi dan kita susun dalam kerangka karangan.

3. Kerangka karangan
Langkah selanjutnya ialah membuat kerangka karangan. Seperti telah kita ketahui, kerangka karangan yang terperinci dengan baik akan memudahkan kita menyusun sebuah karangan selanjutnya.

Dengan kerangka yang baik kita dapat menyusun kerangka secara teratur, berurutan, tidak meloncat-loncat, terhindar dari penggarapan pokok pikiran sampai 2x atau lebih dalam satu karangan.

Selamat mencoba

tags:

Related For 3 langkah utama menulis prosa deskripsi