Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

4 tipe vegetarian dan kebutuhan proteinnya

20 Mei 2014 | Health

Sekarang ini timbul kelompok manusia dengan menu makanan tertentu. Mereka pada umumnya tidak memakan daging melainkan hanya mengkonsumsi bahan-bahan nabati, seperti sayuran dan buah-buahan. Kelompok manusia tersebut disebut vegetarian. Kelompok vegetarian ini mengikuti pola menu makanan demikian dengan berbagai alasan seperti keagamaan, tidak mau membunuh hewan, faktor ekonomi dan kesadaran, lingkungan, serta kesehatan.

Ada beberapa tipe vegetarian

1. Vegan, adalah kelompok orang yang sama sekali tidak memakan produk-produk hewani, termasuk susu dan telur.

2. Vegetarian lakto ovo, adalah kelompok orang yang tidak memakan produk-produk hewani seperti daging dan ikan tetapi memakan telur dan susu.

3. Fruktarian, adalah kelompok orang yang selain tidak mengkonsumsi produk hewani, mereka juga hanya memakan hasil tanaman yang dapat dipanen dengan tanpa menyebabkan kematian tanaman yang bersangkutan, misalnya jeruk, labu, dan kacang-kacangan. Sedangkan wortel dan lobak tidak dimakan.

4. Semivegetarian, adalah kelompok orang yang tidak memakan produk hewani tertentu, misalnya daging sapi, kerbau, babi, tetapi memakan ikan dan unggas.

Lalu bagaimana kebutuhan protein bagi kelompok vegetarian ini?

Berbeda dengan mutu protein daging, mutu protein bahan nabati umumnya rendah. Protein dikatakan bermutu tinggi jika mengandung asam-asam amino esensial (asam amino yang tidak dapat dibentuk di dalam tubuh) dalam perbandingan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Misalnya protein beras dan gandum, tergolong bermutu rendah, karena kandungan lisinnya rendah.

Protein kacang-kacangan juga bermutu rendah, karena kandungan metionimnya tidak memadai bagi vegetarian, terutama vegan dan fruktarian dapat mengalami kekurangan protein.

Untuk mengatasi kekurangan protein tertentu tersebut dapat dilakukan dengan cara mencampurkan bahan makanan yang kandungan proteinnya berbeda, misalnya nasi dengan tempe, dan roti dengan kacang hijau. Atau dengan cara menambahkan asam amino sintetis pada menu makanaannya. Berkat kemajuan bioteknologi sekarang telah dibangun pabrik lisin.

Related For 4 tipe vegetarian dan kebutuhan proteinnya