Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

5 macam jaringan pada tumbuhan

20 Maret 2014 | Biologi

5 macam jaringan pada tumbuhan. Pada tumbuh-tumbuhan tingkat rendah sel-sel penyusunnya mempunyai bentuk yang sama dan masing-masing sel melakukan semua fungsi kehidupan. Pada tumbuhan tingkat tinggi tidaklah demikian karena pada tumbuh-tumbuhan tingkat tinggi terdapat beberapa tipe sel yang berbeda, baik dalam hal bentuk maupun fungsinya. Kelompok sel-sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama disebut jaringan.

Jaringan pada tumbuhan
Bagi anda yang sedang mencari informasi jaringan pada tumbuhan, berikut 5 macam jaringan pada tumbuhan :

1. Jaringan Meristem
Jaringan ini terdiri atas sel-sel yang kecil, berdinding tipis, dan tanpa vakuola. Jaringan meristem terdapat pada titik tumbuh akar dan batang, juga pada kambium beberapa tumbuhan. Fungsi utama jaringan meristem adalah melakukan mitosis. Sel-sel yang dihasilkan dari mitosis ini kemudian terdiferensiasi menjadi beberapa macam sel.

2. Jaringan pelindung
Jaringan ini terdiri atas sel-sel yang pipih dengan permukaan atas dan bawah yang sejajar. Terdapat pada permukaan akar, batang dan daun. Berfungsi melindungi jaringan yang ada di bawahnya.

3. Jaringan parenkim
Jaringan ini terdiri atas sel-sel yang berdinding tipis dan mempunyai vakuola. Terdapat di seluruh bagian tumbuhan. Pada bagian tumbuhan yang tidak terkena cahaya matahari, parenkim banyak mengandung lekoplas dan berfungsi sebagai tempat cadangan makanan, sedang pada bagian tumbuhan yang terkena cahaya matahari, parenkim banyak mengandung kloroplas sehingga berfungsi sebagai tempat fotosintetis.

4. Jaringan penunjang
Jaringan ini terdiri atas sel-sel yang dapat memberikan tunjangan mekanis bagi tumbuhan. Ada dua macam jaringan penunjang, yaitu :

a. Jaringan kolenkim
Terdiri atas sel-sel kolenkim yang berdinding tebal, terutama di bagian sudut-sudut sel. Terdapat di bagian-bagian tumbuhan yang tumbuh cepat dan perlu diperkuat, misalnya tangkai daun.

b. Jaringan sklerenkim
Terdiri atas sel-sel sklerenkim yang dindingnya sangat tebal dan ruang selnya sangat sempit serta tidak berprotoplas. Terdapat dalam batang dan juga tergabung dengan tulang daun pada kulit buah yang keras dan tempurung pada buah batu, misalnya saja kelapa.

5. Jaringan pengangkut
Jaringan ini terdiri atas dua macam jaringan, yaitu :
a. Jaringan xilem
Terdiri atas beberapa tipe sel, yang penting di antaranya adalah pembuluh xilem (trake) dan trakeid. Pembuluh xilem terdiri atas fusi sel-sel secara sempurna dan berbentuk tabung panjang, sedang trakeid disusun oleh-sel-sel berbentuk panjang dengan ujung-ujung yang meruncing. Baik trake maupun trakeid keduanya berfungsi mengalirkan air dan mineral dari akar ke daun.

b. Jaringan floem
Terdiri atas beberapa tipe sel, misalnya pembuluh tapis, yang merupakan fusi tak sempurna dari sel-sel yang dinding ujungnya berlubang-lubang. Pembuluh tapis berfungsi dalam pengangkutan makanan dan hormon ke seluruh tubuh tumbuhan.

Jaringan-jaringan ini dalam tubuh tumbuhan berkelompok menurut pola tertentu membentuk suatu organ. Pada tumbuhan tingkat tinggi terdapat organ-organ akar, batang, daun, bunga dan biji.

Related For 5 macam jaringan pada tumbuhan

Recent Post

Pada hari Selasa tanggal 8…
Benign chronic bullous disease of…
Herpes gestationis is a rankling…
Dermatitis herpetiformis is an endless…

Kategori