Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

6 pedoman berpidato

22 Januari 2014 | Sastra

6 pedoman berpidato. Berpidato pada hakikatnya sama juga dengan mengarang, yaitu sama-sama mengemukakan gagasan atau ide. Yang berbeda adalah salurannya. Berpidato menggunakan saluran bahasa lisan, sedangkan mengarang menggunakan bahasa tulisan. Oleh karena itu langkah-langkah yang ditempuh pun banyak persamaannya.

Pertama kita menentukan topik bahasan. Kedua merumuskan tujuan yang tegas dan jelas. Ketiga mengumpulkan pokok-pokok pikiran dan mengumpulkan data. Keempat membuat kerangka. Kelima pelaksanaan mengarang atau berpidato.

Dalam menyajikan pidato tentu saja kita berharap bahwa tujuan yang hendak kita capai dapat terlaksana. Untuk itu diperlukan berbagai macam teknik agar pendengar tertarik akan apa yang kita sajikan. Khususnya mengenai intonasi atau lagu kalimat kita perhatikan beberapa hal, yaitu :

1. Berbicara jangan terlalu cepat.
Ini akan menyulitkan pendengar menangkap apa yang kita ucapkan.

2. Berbicara jangan terlalu lambat
Berbicara seperti ini menyulitkan pendengar menerka apa gagasan yang akdan disampaikan selanjutnya.

3. Berselang-seling antara berbicara cepat dan lambat
Gagasan yang tidak mudah ditermia pendengar kita ucapkan dalam tempo yang agak lambat, tetapi jangan terlalu lambat.

4. Usahakan agar suara tidak terlalu keras, apalagi bila mengenakan pengeras suara. Tetapi juga jangan terlalu lemah. Ini akan menimbulkan pendengar mengantuk. Permainkan emosi pendengar lewat apa yang mereka dengar.

5. Beristirahat sejenak
Beri juga kesempatan kepada pendengar untuk meresapkan apa yang telah disajikan. Untuk itu beristirahatlah sejenak. Bagi pembicara bermanfaat untuk mengatur pernafasan, memfokuskan lagi perhatian akan gagasan yang akan disampaikan. Bagi pendengar merupakan kesempatan untuk mencerna yang telah kita sajikan.

6. Gerak gerik
Di depan pendengar bersikaplah wajar sebagai manusia yang hidup. Bergerak dengan bebas, lincah, dan tidak kaku. Tatapan mata atau mimik yang bervariasi, jangan tegang. Tapi juga jangan menimbulkan kesan santai.

Keenam hal di atas hanya sekedar pedoman, sering-seringnya tampil dan berbicara di depan orang banyak dengan sendirinya akan cepat menemukan bentuk-bentuk yang tepat untuk menarik perhatian pendengar. Jangan anda takut-takut dan malu-malu tampil setiap kali ada kesempatan.

tags:

Related For 6 pedoman berpidato