Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

7 kebiasaan efektif melangsingkan tubuh

9 Juli 2012 | Health

7 kebiasaan efektif melangsingkan tubuh. Kebiasaan adalah suatu faktor yang sangat menentukan. Kebiasaan makan berlebihan akan menimbulkan banyak masalah pada tubuh. Kebiasaan adalah sesuatu yang kita lakukan secara berulang-ulang.

Peribahasa Spanyol mengatakan: “Mula-mula benang, kemudian tambang”. Artinya, kebiasaan itu mula-mula kecil dan tidak begitu berarti, tetapi tidak mustahil akhirnya membesar dan mendatangkan masalah.

7 tips melangsingkan tubuh

Bicara tentang merampingkan tubuh, sebenarnya anda dapat membentuk kebiasaan yang akan membantu anda menurunkan berat badan yang berlebihan. Nah, kali ini saya akan berbagi 7 kebiasaan efektif yang bisa anda lakukan:
1. Terima diri anda
Walau bagaimanapun tubuh anda, terlalu gemuk, terlalu kendor, atau terlalu lebar toh itu tetap tubuh anda. Lupakan ungkapan-ungkapan: “Saya telah berusaha menguruskan badan, tapi saya tidak tahan bila disuruh terus menerus diet”. Atau, “Saya merasa sakit bila harus berolah raga”, ” Mungkin memang saya ditakdirkan gemuk”.

Sebaliknya, belajarlah untuk menyusun kembali ungkapan anda dan memprogram kembali pikiran-pikiran anda. Jadi, Anda pingin langsing? Bagus! Anda pasti bisa! Yakinilah hal itu dan lakukan!

Tentu saja ada trik-trik dan teknik tertentu yang harus anda pelajari. Tetapi yang perlu anda ucapkan kepada diri-sendiri adalah: “Saya mau mengemban kewajiban”. Apakah anda merasa perut anda relaks dan punggung anda tegak ketika mengucapkan kalimat ini?

2. Tetapkan target nyata
Ketahuilah dengan sungguh-sungguh apa yang ingin anda capai. Tanpa tujuan yang pasti, perjalanan tidak akan pernah sampai. Jika anda bepergian ke daerah yang masih asing dan tidak membawa peta, ada kemungkinan anda hanya akan berputar-putar karena tidak tahu jalan mana yang harus ditempuh. Anda harus memilih jalan yang benar untuk sampai ke tujuan. Dan yang penting tujuan itu harus realistis.

Seandainya tujuan itu memang jauh dan memakan waktu, terimalah. Toh percuma saja berusaha meyakinkan diri bahwa anda bisa menempuh jarak Jakarta-Surabaya dalam 6 jam perjalanan mobil.

Demikian pula dalam hal menurunkan berat badan. Naiklah ke tempat timbangan, lalu perkirakan berapa kilogram anda bisa menurunkan berat badan dalam waktu tertentu.

Bersabarlah, dan jangan terlalu keras terhadap diri-sendiri. Jika prosesnya ternyata terlalu lambat, itu tidak menjadi masalah, toh nantinya anda akan sampai ke tujuan.

3. Rencanakan cara mencapai tujuan
Bila anda terbiasa melahap makanan kecil ketika menonton tv, ketika tidak ada kegiatan, membaca koran dan sebagainya, maka berarti anda harus melakukan perubahan.

Tuliskanlah apa yang ingin anda lakukan untuk menjadi langsing. Tidak perlu berjanji, misal ” Saya akan makan seperti seorang atlet”, menjauhi makanan yang membuat gemuk, dan akan menjadi langsing. Itu tidak realistis, dan akhirnya anda akan kembali ke kebiasaan semula.

Buatlah perubahan secara berangsur-angsur, mulailah dengan makan pagi yang sehat dan seimbang gizinya. Kemudian benahi makan siang anda, lalu jauhi segala makanan kecil. Benahi pula makan malam anda, dan sebagainya.

Mulailah dengan latihan olah raga yang ringan saja, terutama bila anda selama ini sedikit sekali berolah raga. Mintalah pemeriksaan kesehatan pada dokter, dan setelah yakin sehat mulailah dengan latihan jalan kaki, aerobik ringan, menari, berenang atau tenis.

4. Berdamailah dengan diri
Berdamailah dengan diri anda sendiri dan bersikaplah fleksibel. Diet yang keras pada minggu ke-1 mungkin akan berubah menjadi membosankan pada minggu ke-3. Toh anda pasti keluar rumah, bertemu teman-teman dan di sana banyak makanan. Bagaimana pula jika teman anda menggoda?

Anda tidak perlu benar-benar berpuasa, tetapi bersikaplah bijaksana. Jauhi makanan berlemak lebih dan yang manis-manis. Jangan sampai karena anda berdiet lalu menjauhi pergaulan.

5. Pahami motif anda
Pertama, anda harus bisa mengatakan kepada diri-sendiri mengapa anda melakukan semua itu. Jika perlu tuliskanlah pada secarik kertas, lalu lekatkan di pintu kulkas, tempat tidur atau tempat di mana anda selalu bisa memandangnya setiap saat.

Sadarkah anda bahwa penampilan anda sekarang tidak secantik bila telah berhasil nanti? Apakah teman atau pacar anda telah mulai menyindir bahwa anda gemuk, kurang menarik dan sebagainya? Apakah pakaian anda mulai sesak dan tidak menarik lagi bila dipakai?

Apakah karena anda takut sakit jantung, kencing manis, atau stroke? Salah satu di antara semuanya ini mungkin menjadi alasan anda untuk melangsingkan tubuh, berdiet. Tapi, anda harus yakin akan hal ini. Dengan demikian terserah anda untuk memutuskan. Tidak ada yang memaksa. Apapun keputusan anda hanya anda sendiri yang tahu benar.

6. Carilah dukungan
Untuk semua hal-hal yang disebut di atas, anda memerlukan teman, keluarga atau pasangan yang memberi dukungan dan yang bersimpati kepada anda. Merekalah yang bisa membantu anda dalam berjuang menurunkan berat badan.

Tanpa dukungan teman-teman, keluarga atau pasangan, tidak mustahil anda bahkan disabotase sehingga sangat sulit untuk melakukannya. Anda memerlukan dukungan orang-orang yang tulus, yang menginginkan keberhasilan anda.

7. Bersungguh-sungguh
Enam kebiasaan yang diuraikan di atas hanya akan berhasil jika anda bersungguh-sungguh dan bersikap jujur terhadap diri-sendiri. Tidak dapat disangkal lagi, baik buruknya kehidupan anda banyak tergantung kepada kebiasaan anda sendiri.

Perlu dipahami, kebiasaan adalah kegiatan yang diulang-ulang. Dengan mengubah sikap serta cara berfikir anda, kebiasaan buruk juga bisa berubah. Kebiasaan ketujuh yang harus anda terapkan adalah menjaga keenam kebiasaan tersebut. Hasilnya, anda akan menjadi langsing, dan lebih sehat.

Tentu saja diet yang keras juga akan berhasil. Tetapi, bila landasannya kurang kuat, hasil jerih payah itu akan cepat hilang, jadi sifatnya hanya sementara. Lain halnya jika anda menerapkan ketujuh prinsip tersebut, maka anda bukan hanya bisa mengembalikan kelangsingan tubuh dan kesehatan, tetapi juga bisa menjaga kelestarian penampilan anda. Dan itulah kebiasaan yang paling baik.

tags:

Related For 7 kebiasaan efektif melangsingkan tubuh

Recent Post

Pada hari Selasa tanggal 8…
Benign chronic bullous disease of…
Herpes gestationis is a rankling…
Dermatitis herpetiformis is an endless…

Kategori