Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Awasi obsesi anda

26 Juni 2011 | Intelegensi

Awasi obsesi anda. Pola pikir yang tertutup akan sangat menyulitkan sesorang untuk mengatasi permasalahan-permasalahan kehidupannya. Itulah sebabnya salah satu munculnya stres dimulai dari pikiran yang tidak terkendali atau yang tertutup sama sekali.

Setiap individu sudah seyogyanya merenungkan apakah dirinya hingga saat ini masih terjajah dengan obses-obsesi yang tidak proporsional dalam meniti karier dan kehidupannya. Banyak orang yang terkungkung oleh obsesi menumpuk kekayaan dan kedudukan, ada pula yang masih terjajah dengan upaya yang terus-menerus mengakali perusahaan agar dapat keuntungan dari kegiatan tertentu.

Di pihak lain, masih banyak yang dijajah dengan pikiran akan kegagalan masa lalu hingga memvonis diri bahwa dia sudah tidak bisa apa-apa lagi. Banyak pula orang yang suka bernostalgia tentang masa lalu sehingga sulit untuk melihat perubahan yang sudah terus bergulir saat ini.

Beberapa ahli mengatakan bahwa permasalahan yang ada ditengah-tengah lingkungan kita dapat kita antisipasi dengan kemampuan kita untuk berpikir alternatif. Pola pikir yang terbuka akan merangsang kreativitas dan mental kewirausahaan yang tentunya sangat berguna dalam penyelesaian tugas-tugas kini maupun berbisnis lain sebagai persiapan dihari tua.

Seseorang tidak mungkin berpikir alternatif dan maju jika hingga saat ini masih takut-takut apalagi menjadi safety player (hanya mencari selamat sendiri). Seseorang tidak mungkin mampu membuka pikirannya jika selalu mengharapkan rekan-rekannya adalah yang sejalan dengan pikirannya, tidak ada perbedaan pendapat dan bebas konflik.

Terkadang merdeka dari pikiran yang terkungkung memerlukan perbedaan pendapat untuk membuka wawasan baru. Merdeka dari ketertutupan pikiran memang harus memerlukan terobosan baru dan berani untuk menyatakan yang benar, apa yang salah sesuai dengan etika yang berlaku.

Albert Einstein sebagaimana yang diungkapkan Scoot Thorpe dalam bukunya Berpikir Cara Einstin mengatakan “Setiap orang bodoh(tidak kompeten) yang sok intelijen bisa membuat segalanya lebih besar, lebih rumit dan lebih keras”. Dibutuhkan sentuhan seorang jenius dan banyak keberanian untuk bergerak ke arah sebaliknya.

tags:

Related For Awasi obsesi anda

Recent Post

Pada hari Selasa tanggal 8…
Benign chronic bullous disease of…
Herpes gestationis is a rankling…
Dermatitis herpetiformis is an endless…

Kategori