Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Bagian tubuh manusia yang unik dan otomatis

14 Juni 2012 | Health

Bagian tubuh manusia yang unik dan otomatis. Tubuh manusia sungguh luar biasa. Suatu mahakarya yang sangat sempurna sekaligus rumit. Bahkan, para dokter ahli sekalipun banyak yang mengaku masih belum mengetahui banyak tentang manusia. Maka, bukan hal yang aneh bila anda sendiri pun mungkin masih sangat awam tentang tubuh sendiri. Misalnya tentang pertumbuhan rambut, sinyal pada payudara, bagian-bagian tubuh yang peka terhadap rangsangan dan sebagainya.

Nah, berikut ini adalah hal-hal yang perlu anda ketahui tentang bagian-bagian tubuh yang ada pada manusia yang memang serba otomatis dan unik:

1. Rambut

Dalam keadaan normal, anda kehilangan 70-100 helai rambut setiap hari.
Pertumbuhan rambut terjadi paling cepat di waktu pagi.
Rambut anda akan tumbuh lebih cepat ketika anda sedang jatuh cinta.

2. Telinga

Dari mulai usia 30 sampai 70 tahun, daun telinga anda tumbuh kira-kira seperempat inci lebih panjang.
Bila sedang dalam keadaan terangsang, cuping telinga anda akan membesar karena dipenuhi darah. Pada saat ini, ia sangat peka terhadap sentuhan.

3. Mulut

Bila anda tersenyum, otot-otot wajah anda yang bekerja berjumlah 15 otot. Tetapi bila anda bersungut-sungut, otot wajah yang bekerja justru lebih banyak, yaitu, 43 otot.

4. Penglihatan

Daya penglihatan anda paling tajam pada waktu tengah hari.

5. Bulu mata

Jika bulu mata anda rontok, penggantinya baru akan tumbuh setelah tiga sampai lima bulan kemudian.
Bila anda menjumlahkan waktu berkedip selama satu hari, maka jumlahnya sama dengan tertutupnya mata anda selama setengah jam.

6. Pelupuk mata, ujung hidung, bibir, dahi dan genitalia

Bagian-bagian ini paling peka terhadap hawa dingin.

7. Punggung

Ada otot di punggung yang memungkinkan anda dapat memutar lengan dengan mudah. Mungkin tidak pernah anda duga sebelumnya. Otot tersebut di namai latissimus dorsi, yang juga merupakan otot yang paling besar pada tubuh anda.

8. Jantung

Ketika anda mengalami orgasme, denyutan jantung anda yang biasanya hanya 78 kali permenit, mengalami peningkatan sampai 140 kali permenit.

9. Paru-paru

Wanita sehat yang berusia 25 tahun atau lebih, menarik napas 20 kali permenit. Ini sama dengan kira-kira 23.040 kali perhari.

10. Otak

Puncak ingatan jangka pendek dan kemampuan anda memecahkan persoalan adalah ketika tubuh anda berada berada pada suhu paling tinggi, yaitu pagi hari.

11. Dahi

Jika anda terbiasa mengernyitkan dahi, maka dahi anda akan cepat membentuk garis-garis keriput.

12. Hidung/Penciuman

Wanita memiliki penciuman yang lebih tajam daripada pria, terutama terhadap aroma wangi.
Indera penciuman wanita berada pada puncaknya ketika sedang mengalami ovulasi.

13. Payudara

Suara tangisan bayi merupakan sinyal yang membuat otot-otot payudara pada ibu menyusui bergerak untuk mengeluarkan air susu. Payudara anda sebelah kiri selalu lebih besar ketimbang sebelah kanan.

14. Kl*toris

Kl*toris akan penuh dengan darah jika anda terangsang. Sama halnya dengan penis pada pria.

15. Bibir, Lidah, genetalia

Bagian-bagian ini sangat sensitif dan merupakan erogenous (peka terhadap rangsangan s*ksual), karena dipenuhi oleh reseptor saraf ultra-sensitif.

16. Pergelangan tangan

Pada pergelangan tangan anda terdapat delapan buah tulang.

17. Tangan

Mengapa tangan dan jari-jari anda begitu peka terhadap rasa sakit? Ini karena kira-kira seperempat (25%) dari seluruh input sensor pada otak mendapat masukan dari tangan.

18. Kuku jari

Jika anda tidak pernah memotong kuku dan usia anda mencapai 75 tahun, maka panjang kuku jari anda akan mencapai 13 kaki.

19. Kulit

Bila sel-sel kulit yang telah mengelupas dan dikumpulkan sejak anda masih bayi hingga 70 tahun, maka berat keseluruhannya mencapai kira-kira 20 kilogram.
Kira-kira tiga sampai sampai lima kilogram (16%) dari keseluruhan berat badan anda adalah jumlah berat kulit.

20. Perut

Pada waktu bayangan makanan melintas di benak anda, maka kelenjar asam lambung anda menjadi aktif dan melepaskan asam untuk persiapan pencernaan.

21. Pantat

Di antara otot-otot pada pantat anda, otot gluteus maximus merupakan otot yang paling besar dan paling kuat.

22. Paha

Masing-masing paha anda memiliki 17 otot yang kuat.
Paha bagian dalam memiliki banyak simpul saraf. Karenanya sangat peka terhadap sentuhan membuat anda mudah terangsang secara seksual.

23. Kaki

Bila anda duduk bersila cara yoga, anda mempergunakan otot sartorius yang merupakan otot paling panjang pada tubuh. Otot ini memanjang dari pinggang sampai ke lutut.

24. Telapak kaki

Telapak kaki memiliki reseptor saraf yang kurang peka terhadap dingin. Jangan mengukur suhu air kolam renang dengan telapak kaki, karena hasilnya tidak akan akurat. Walau telapak kaki seakan memberi tahu air kolam tidak dingin, tapi bila anda masuk dan berenang, anda akan merasa dingin. Telapak kaki merupakan bagian tubuh yang kulitnya relatif lebih tebal dan tidak memiliki bulu.

Dengan mengetahui bagian-bagian tubuh kita yang serba otomatis dan unik di atas semoga anda akan lebih mampu menggunakan semaksimal mungkin sesuai dengan fungsi dan kelebihannya. Dan jangan lupa bersyukurlah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, anda telah dikaruniai tubuh yang sempurna.

Related For Bagian tubuh manusia yang unik dan otomatis