Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Bisnis memanfaatkan jaringan LAN

24 Januari 2014 | Business, Business, Internet

Jaringan LAN tak hanya digunakan untuk keperluan kantor, namun juga bisa dimanfaatkan bagi kepentingan bisnis, baik skala kecil atau menengah. Komputer bukan merupakan barang asing mahal seperti dahulu, jangankan pabrik atau bank, di kampung pun sudah banyak yang memiliki komputer/laptop. Tetapi, yang saya lihat alat canggih ini hanya biasa digunakan untuk ngetik, mendengarkan musik paling banter buat main game.

Padahal jika kita bisa memanfaatkannya dengan baik komputer merupakan alat yang serba bisa.Bagi anda yang mungkin masih sekolah atau berniat menekuni suatu pekerjaan, dunia komputer masih terbuka lebar bagi yang sudi belajar. Tuhan maha adil, siapa yang mau belajar tentu dia akan pandai, itu pasti!

Lihatlah di sekitar apa saja usaha/bisnis yang memanfaatkan alat ini dan bagaimana cara kerjanya, lebih menyenangkan. Namun tentu saja kita membutuhkan modal lebih untuk itu, jangan khawatir modal itu gampang yang penting kita menguasai dahulu ilmu yang akan kita gunakan.

Berikut saya contohkan usaha/bisnis yang menggunakan jaringan LAN baik skala kecil maupun dalam skala besar.

Skala Kecil dan Menengah

Warnet

Bisnis warung internet atau yang sering disingkat warnet memanfaatkan jaringan LAN sebagai media berbagi internet dan data.

Rental Komputer

Rental komputer dimanfaatkan sebagai media berbagi data, printer, drive, dsb. Dengan media ini lebih menghemat waktu dan biaya.

Game Center

Saat ini game yang memakai jaringan komputer seperti empire game sangat digandrungi remaja maniak game. Maka dari itulah mayoritas game center didirikan untuk menyalurkan hobi. Bisa kita lihat banyaknya pengusaha game center saat ini dan semuanya jarang sepi.

Skala Besar

Pendayagunaan jaringan komputer, baik LAN, MAN, dan WAN untuk perusahaan besar rasanya tak tidak asing lagi, sebab manfaatnya memang besar bagi kemajuan usaha itu sendiri. Sebagai contoh usaha seperti berikut :

Perbankan

Di zaman yang serba canggih ini, hampir semua bank telah memanfaatkan jaringan komputer sebagai media untuk laporan data dari cabang ke pusat, transaksi ATM, website, transfer, pengambilan dana. Dengan fasilitas akan memudahkan nasabah yang membutuhkan pelayanan secara optimal.

Bisnis Penerbangan

Bisnis penerbangan juga memanfaatkan jaringan komputer sebagai media sistem informasi . Seperti pemesanan tiket, data penumpang, data barang, dan lain-lain, yang dapat dicek dari semua cabang usaha, meskipun jaraknya yang sangat jauh.

Bisnis Energi

Bagi perusahaan-perusahaan raksasa baik swasta maupun BUMN seperti perusahaan pertambangan, PLN, Batubara, dan masih banyak lagi, dipastikan menggunakan jaringan komputer yang dimanfaatkan sebagai pelaporan data dan informasi pendapatan dari setiap cabang/kantor.

Dari contoh-contoh di atas dapat disimpulkan bahwa jaringan komputer sangat bermanfaat bagi dunia modern seperti sekarang ini. Semoga ini bisa menjadikan motivasi bagi rekan-rekan atau adik-adik akan pentingnya belajar komputer. Selain sebagai pengetahuan, suatu saat ini akan berguna jika anda melamar pada suatu perusahaan.

tags:

Related For Bisnis memanfaatkan jaringan LAN