Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Brightness, contrast, auto color dan curves

14 Juni 2014 | Photoshop

Brightness, contrast, auto color dan curves. Jika sebelumnya saya telah membahas Teknik adjustment Level dan dan Auto level, selanjutnya saya ingin mengajak anda untuk belajar menggunakan teknik pilihan adjustment lainnya.

Hal ini dimaksudkan untuk mengatasi suatu foto yang tidak menghasilkan maksimal dengan salah satu adjustment saja. Dengan ini, diharapkan anda bisa menntukan mana yang pas buat foto yang sedang dikerjakan.

1. Brightness/contrast dan auto contrast

Adjustmen ini paling mudah dipahami, karena kebanyakan kasus dari hasil foto meupun hasil scanner memerlukan ini dalam hal gelap terangnya sebuah image. Pilihan auto contrast bekerja dengan hasil yang mirip dengan auto level.

Namun, apabila hasil kerja otomatis masih dirasa kurang sempurna, anda dapat membuka kotak dialog Brightness/contrast (Image > Adjustment > Brightness/contrast), dan melakukan adjustment dengan menggeser slidernya.

2. Auto color

Tool ini secara otomatis akan mengatur kontras dan warna image dengan mencari informasi warna pada image tersebut untuk mengidentifikasikan warna gelap (shadow tones), warna medium (midtones), dan warna terang (hightlight).

Mengingat Auto color dilakukan secara otomatis, anda dapat mengubah nilai defaultnya melalui kotak dialog Auto Color Correction yang diakses melalui kotak dialog Curves, tombol Options.

3. Curves

Fungsi Curves banyak kemiripan dengan fungsi Levels. Kelebihannya adalah memiliki 16 point untuk mengubah nilai tonal image, sedangkan level hanya 3 point, yaitu hightlight (putih), midtones (warna medium), dan Shadow (warna gelap).

Kotak dialog Curves memungkinkan anda untuk bekerja dengan persentase point antara 0 hingga 100 atau nilai tonal 0 hingga 225.

Untuk melakukan setting lewat kotak dialog Curve ada dua cara:

1. Dengan menggunakan pipet eyedropper.

Klik pipet untuk warna gelap, lalu tekan Ctrl dan klikkan ke warna dalam image yang anda jadikan standar paling gelap. Demikian juga warna terang, lakukan hal serupa untuk memilih warna yang akan anda jadikan warna paling terang.

2. Mengatur curve dengan cara menggeser-geser posisi kurva untuk memperoleh efek tonal yang sesuai.

Related For Brightness, contrast, auto color dan curves