Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Cara bijak mengurangi berat badan secara sehat

22 Maret 2014 | Health

Cara bijak mengurangi berat badan secara sehat. Kita semua ingin berpotongan langsing. Fisik yang langsing kelihatan lebih baik, lebih muda daripada seorang yang bertubuh bulat. Orang-orang yang langsing juga lebih aktif, lebih enerjik, dan secara statistik juga lebih tahan terhadap penyakit kronis yang meletihkan, seperti diabetes dan penyakit jantung.Akan tetapi, untuk dapat ramping secara keliru banyak orang cenderung untuk mengurangi kalori. Padahal, biang kerok yang sesungguhnya adalah kurangnya olahraga dan terlalu banyak lemak.

Kenyataannya, berusaha untuk mempertahankan berat badan dengan hanya mengurangi kalori bisa jadi bukanlah cara yang bijak. Dengan makan kurang, anda menghadapi resiko kekurangan gizi yang dibutuhkan.

Rumusnya mengurangi berat badan yang sehat ialah dengan lebih banyak berolah raga apabila sudah mencapai usia setengah baya. Juga, anda harus lebih banyak makan makanan yang mengandung kalori.

Tetapi jangan lupa, kalori itu berlemak rendah. Sekadar pegangan 60 sampai 70% dari susunan menu anda harus terdiri dari makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti roti dan kacang-kacangan.

Cara menurunkan berat badan secara alami

Menyempurnakan menu

Anda dapat melindungi diri dari penyakit jantung dan kanker dengan cara memakan lebih banyak makanan sumber vitamin E dan C serta betakaroten. Ketiganya dapat mengurangi kadar radikal bebas, yakni molekul-molekul yang rusak yang menyebabkan perubahan-perubahan yang merugikan dalam tubuh.

Sebuah teori mengatakan bahwa “proses penuaan itu sendiri merupakan dampak yang bersifat kumulatif karena ulah radikal-radikal bebas itu”.

Berbeda dari gizi-gizi lain, vitamin E dan C serta betakaroten aman dimakan dalam jumlah yang lebih tinggi. Oleh karena resikonya masih nihil, maka aman untuk dimakan lebih banyak. Jumlah terbanyak yang dimakan untuk mencegah antioksidan berkisar antara 100-400IU vitamin E, 500-1000mg vitamin C, dan 15-25mg betakaroten setiap harinya.

Related For Cara bijak mengurangi berat badan secara sehat