Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Cara membersihkan komedo hitam dan putih di wajah atau hidung

11 Maret 2015 | Health

Cara membersihkan komedo hitam dan putih di wajah atau hidung. Komedo yang muncul di wajah memang sangat mengganggu penampilan, karena keberadaannya yang menempel di wajah kita. Komedo adalah salah satu dari jenis jerawat, komedo ini tumbuh karena pori-pori yang tertutup oleh kotoran.

Komedo ini muncul karena pori-pori kulit yang tertutup oleh kotoran. Selain karena kulit yang kotor, komedo juga bisa muncul karena kulit yang terlalu berminyak. Untuk menghindari wajah anda yang berminyak, sebaiknya dalam memilih kosmetik anda harus benar-benar teliti dan hati-hati, karena jika salah pilih, bukannya wajah cantik yang anda dapatkan, tetapi justru wajah anda yang rusak. Nah, sekarang bagaimanakah cara menghilangkan komedo itu?

Cara menghilangkan komedo

Sebelum menghilangkan komedo, ada baiknya anda mengenali terlebih dahulu jenis komedo. Komedo dibedakan menjadi dua yaitu:
1. Komedo hitam atau komedo terbuka (Blackhead) adalah bintik hitam yang muncul pada pori-pori wajah yang tidak terlapisi oleh epitel kulit. Jenis komedo ini banyak dialami oleh banyak orang terutama remaja.
2. Komedo putih atau komedo tertutup (whitehead) adalah bintik putih yang menonjol dari dalam kulit wajah (komedonya di bawah epitel kulit). Jenis komedo ini muncul tidak hanya di hidung, tetapi juga di pipi ataupun dahi.

Dibawah ini akan kami berikan bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk membersihkan atau menghilangkan komedo diwajah anda:

1. Jeruk lemon

Caranya: cukup dengan membalurkan air perasan jeruk lemon ke wajah atau bagian wajah yang terdapat komedo. Lakukan secara teratur.  Melakukannya pada saat malam hari menjelang tidur akan lebih efektif dibandingkan waktu yang lainnya. Selain airnya, kulit jeruk lemon pun juga bisa menghilangkan komedo, cara cukup dengan mengusapkan kulit jeruk lemon pada area komedo, lalu bilas hingga bersih.

2. Putih telur

Caranya: balurkan putih telur pada wajah, tunggu sampai mengering, lalu bilas dengan air hangat. Menggunakan putih telur sebagai masker juga sangat baik karena selain menghilangkan komedo juga menghaluskan kulit wajah anda.

3. Pepaya

Caranya: haluskan buah pepaya sampai lembut, lalu tambahkan dengan susu segar dan madu. Campur secara merata lalu gunakan seperti masker. Diamkan hingga menegring, lalu bilas dengan air hangat.

4. Ampas kopi

Ampas kopi ini ternyata juga mempunyai khasiat. Salah satunya adalah menghaluskan kulit. Jika telapak tangan anda terasa kasar, ambillah ampas kopi lalu usap-usapkan ditangan anda. Lakukan secara rutin. Nah, untuk wajah juga sama. Hanya bedanya, diamkan dulu ampas kopi ini semalaman, lalu gosokkan secara lembut dan perlahan di area yang terdapat komedo. Bilas dengan air bersih.

5. Pasta gigi

Caranya: gunakan sikat khusus yang tekstur bulunya lembut, lalu letakkan pasta gigi, dan sikatkan secara perlahan dan lembut di wajah anda yang terdapat komedo. Bilas hingga bersih.

Satu hal yang perlu diingat, jangan sekali-kali memencet komedo dengan menggunakan kuku anda, karena dapat mengakibatkan iritasi pada kulit yang disebabkan oleh kuku yang tidak steril atau kotor.

Demikian tips yang dapat kami berikan, semoga dapat bermanfaat bagi anda.

Related For Cara membersihkan komedo hitam dan putih di wajah atau hidung

Recent Post

Pada hari Selasa tanggal 8…
Benign chronic bullous disease of…
Herpes gestationis is a rankling…
Dermatitis herpetiformis is an endless…

Kategori