Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Cara Membuat Master Drawing Untuk Screen

6 Mei 2011 | Sablon

Cara Membuat Master Drawing Untuk Screen. Cara membuat Master Drawing untuk screen sablon kaos sebagai berikut :

1. Untuk permukaan  screen yang kecil kita bisa menggunakan kuas dengan gerakan satu arah dari atas ke bawah untuk meratakan bahan kimia sablon.

2. Kita dapat menggunakan penggaris mika agar lebih cepat karena panjang. Caranya: diletakkan didalam kamar gelap dengan lampu hijau/kuning, ratakan dengan gerakan dari bawah ke atas dan dari kiri ke kanan, sampai bahan menjadi rata.

3. Alat yang paling baik untuk meratakan adalah rakel, karena permukaannya lebih lembut dan rata, sehingga tidak merusak screen jika sering dioleskan. Caranya sama seperti menggunakan penggaris mika.

4. Setelah dioleskan dengan rata, lalu biarkan kering dnegan membiarkan dalam ruangan gelap selama kurang lebih 1 jam. Bisa juga dibantu dengan menggunakan kipas angin, tapi jangan terlalu kencang karena bisa menggeser cairan pada screen.

5. Tanda – tanda jika screen sudah kering adalah keringnya bagian pinggir screen dan jika diketuk bunyinya seperti genderang. Setelah kering sebaiknya langsung di afdruk, sebab jika sampai terlambat 5 – 6 jam setelah kering maka bahan kimia yang sudah kering tadi sudah tidak sensitif lagi terhadap cahaya.

Demikian informasi mengenai Cara Membuat Master Drawing Untuk Screen, semoga menambah semangat bagi yang sedang belajar sablon kaos manual.

Related For Cara Membuat Master Drawing Untuk Screen