Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Cara membuat ukuran file foto lebih kecil

28 Juni 2014 | Photoshop

Cara membuat ukuran file foto. Dalam pekerjaan mengedit foto terkadang kita dituntut konsumen untuk secepat mungkin menyelesaikannya. Sedangkan mengedit foto agar maksimal untuk hasil outputnya dibutuhkan ketelitian dan kecermatan. Semakin anda teliti dan cermat pastinya semakin maksimal hasilnya. Tetapi, yang menjadi kendalanya ketelitian dan kecermatan membutuhkan waktu yang lebih lama.

Kita dituntut untuk pandai-pandai menggunakan tekniknya memang. Pada posting sebelumnya saya sudah mengajak anda belajar cara Mengubah format dan ukuran gambar secara otomatis dan mengedit foto dengan sekali klik pada photoshop. Dengan cara tersebut sudah banyak menghemat waktu dan tenaga anda. Untuk kali ini saya coba memberikan teknik berikutnya agar anda semakin menghemat waktu dan tenaga untuk pekerjaan yang menumpuk.

Kali ini saya mengajak anda untuk belajar bagaimana mengubah ukuran file foto menjadi lebih kecil. Apakah pengaruhnya? Dengan ukuran file yang lebih kecil komputer anda akan lebih ringan. Bayangkan jika satu file foto saja 5MB, bagaimana jika terdapat puluhan foto yang harus anda edit? Tentunya akan menghabiskan memory dan ruang hardisk anda, otomatis loadingnya semakin berat bukan?

Nah untuk itu kita perlu mengecilkan ukuran filenya agar lebih ringan. Namun ingat, dengan cara ini kualitas gambar anda sedikit menurun, tetapi menurut saya tidak seberapa. Hasil dari cara ini biasanya akan  dipergunakan untuk internet, dimaksudkan agar lebih ringan ketika di buka disebuah blog/web.

Cara membuat ukuran file foto lebih kecil

Bagaimana caranya? Ikuti langkahnya di bawah ini:

1. Buka Photoshop anda.

2. Untuk mencobanya, buka salah satu file foto anda.

3. Klik File>Save for Web (untuk Cs,Cs1 & Cs2) File>Save for Web & Devices (untuk Cs3)

4. Pada Photoshop Cs3 akan tampak jendela baru seperti di bawah ini. Atur Preset JPEG dan Low, atau lihat gambar di bawah:

Cara membuat ukuran file foto lebih kecil

5. Setelah selesai, klik Save.

6. Ketika muncul jendela baru pilih lokasi di manda anda akan menyimpan di komputer anda.

7. Selesai, lihat perbedaan ukuran file asli dan hasil modifikasi anda.

CATATAN: Pada pengaturan no 4 silahkan anda coba pilih pilihan yang lain agar anda paham betul perbedaan pengaturan yang satu dengan yang lainnya.

Demikian sekilas informasi mengenai Cara membuat ukuran file foto lebih kecil, semoga tutorial ini menjadikan manfaat.

Related For Cara membuat ukuran file foto lebih kecil