Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Cara membuat video foto dengan Movie Maker

3 Februari 2012 | Komputer

Cara membuat video foto dengan Movie Maker. Pernahkah anda melihat sebuah video foto yang dimainkan di sebuah cd player dan ditampilkan pada layar monitor? Bagaimana membuatnya? Ada banyak program yang bisa digunakan untuk membuat video foto, seperti Nero dan program editing video.

Tetapi dengan menginstal program-program tersebut komputer anda akan semakin berat. Jika hardware komputer anda seperti RAM, hardisk, VGA dll tidak mendukung tentulah anda akan kesulitan untuk menjalankan sofware tersebut.

Nah, sebagai alternatif, bagi anda yang mempunyai komputer dengan spesifikasi yang kecil anda tidak perlu menginstal program-program tersebut. Anda bisa menggunakan program bawaan Windows, yaitu Movie Maker. Program tersebut ikut terinstal secara otomatis ketika komputer anda di instal Windows, baik Windows XP, Windows Vista maupun Windows 7.

Untuk tutorial ini saya menggunakan Windows Vista. Tapi bagi anda yang menggunakan Windows XP atau Windows 7 tak perlu khawatir, karena cara kerjanya tak jauh berbeda dengan Windows Vista. Saya tidak akan menjelaskan secara detail karena akan menjadikan tutorial ini sangat panjang. Tak perlu panjang lebar, mari kita mulai membuat Video Photo dengan Movie Maker.

Cara membuat video foto dengan Movie Maker

1. Sebagai persiapan baiknya anda buat sebuah folder baru terlebih dahulu untuk mengumpulkan foto yang akan anda buat video Photo. Cara ini nantinya akan memudahkan anda untuk mengambil banyak foto pada area kerja Movie Maker.

2. Buka Start> All Program > Windows Movie Maker.

Cara membuat video foto dengan Movie Maker

3. Pada Import pilih Picture.

Cara membuat video foto dengan Movie Maker

4. Pada kota dialog klik salah satu foto lalu tekan Ctrl+A untuk mengambil semua foto, lanjutkan dengan klik Import.

Cara membuat video foto dengan Movie Maker

5. Sekarang anda bisa memasukkan satu-persatu foto anda ke dalam Soryboard. Caranya klik salah satu foto lalu seret dan lepaskan pada Soryboard pertama. Lanjutkan foto-foto berikutnya hingga selesai.

Cara membuat video foto dengan Movie Maker

6. Sampai di sini, video anda sudah bisa anda mainkan dengan klik tombol play.

7. Simpan pekerjaan anda, bisa Save Project atau Save Project As.

Cara membuat video foto dengan Movie Maker

Selanjutnya tugas anda adalah bagaimana membuat agar video foto ini nantinya menjadi sebuah alur cerita perjalanan yang indah dan memikat. Di Movie Maker anda bisa menggunakan tool Edit untuk menghiasi video foto anda. Antara lain anda bisa menggunakan Tasks Edit yang memuat:

  • Effects: untuk memberi efek.
  • Transitions: untuk memberi efek transisi (perpindahan dari foto yang satu ke foto berikutnya)
  • Titles and credits: untuk memberi judul video foto.

Untuk menggunakan tool-tool tersebut akan saya bahas pada posting berikutnya. Terima kasih.

Related For Cara membuat video foto dengan Movie Maker