Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Cara memotong audio hasil rekaman kaset pita

25 Juli 2012 | Komputer

Cara memotong audio hasil rekaman kaset pita. Masih mengenai kaset pita, di sini saya akan melanjutkan artikel tutorial cara merekam kaset pita ke komputer, mungkin masih ada yang bingung bagaimana langkah selanjutnya setelah audio dari kaset pita berhasil direkam. Tentunya audio yang telah anda rekam masih tersimpan dengan rapi bukan?

Nah, sekarang tugas selanjutnya adalah mau diapakan audio tersebut. Jika audio yang direkam adalah lagu-lagu maka perlu kita memotong setiap lagunya dan disimpan menjadi 1 file mandiri dan bisa diberi judul tersendiri. Selain itu, sembari menyelam minum air, saat anda sudah selesai memotong tiap lagunya, anda bisa menyimpannya dalam format tertentu, misalnya saja mp3.

Bagaimana, praktis bukan? Nah, untuk kali ini saya ingin berbagi bagaimana cara memotong audio hasil rekaman kaset pita tadi menjadi potongan-potongan tertentu menurut kebutuhan, sekaligus merubah formatnya ke dalam format mp3. Tentunya tutorial ini tetap menggunakan sofware yang sama seperti pada tutorial cara merekam kaset pita ke komputer, yaitu Sound Forge 7.0.

Ikuti langkahnya sebagai berikut:
1. Buka Sound Forge 7.0, klik File pilih Open. Pilih audio hasil rekaman anda.
2. Setelah terbuka, cek dulu kualitas audionya dengan menekan tombol playnya. Jika ada yang perlu diperbaiki, olahlah terlebih dahulu dengan berbagai tool yang disediakan Sound Forge 7.0.
3. Pastikan audio anda bagus. Sekarang klik File > New, atur Sample rate, Bit-depth dan channels. Jika anda tak tahu maksud pengaturannya, anda bisa langsung menekan OK. Biarkan tetap terbuka.
4. Sekarang kita akan mulai memotong satu lagu pertama. Bagaimana caranya?
Klik tahan mouse pada awal audio, lalu tarik ke kanan hingga satu lagu habis.

5. Setelah pada akhir lagu, lepaskan mouse anda. Habisnya sebuah lagu ditandai dengan diagram yang semakin jarang dan akhirnya habis.

Bagaimana, sampai di sini masih ada kesulitan? Semoga saja lancar he he. Biarkan diagram audio terblok hitam.

6. Langkah selanjutnya, kita akan memindah potongan audio tersebut ke lembar sound mandiri. Tekan Ctrl C untuk mengcopy, lalu pastekan pada lembar New yang anda buka pada langkah ke-3 tadi dengan menekan Ctrl+V.

7. Klik Save As. Lihat jendela munculan baru, dan atur File name, Save as type dll. menurut kebutuhan.

8. Klik OK. Selesai. Mudah kan? Semoga membantu.

Related For Cara memotong audio hasil rekaman kaset pita