Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Cara mendeteksi Trojan 1

20 Juni 2011 | Komputer

Cara mendeteksi Trojan 1. Terkadang pemakai komputer menganggap normal ketika komputer menjalankan program tertentu dan memakai harddisk dengan kapasitas yang besar. Bahkan pemakai komputer tidak curiga. Hal ini dikarenakan mereka telah memasang software antivirus yang mampu menangkal keberadaan trojan.

Banyak yang mengira bahwa dengan antivirus yang selalu di-update dari situs pembuatnya, pemakai telah aman dari masalah di internet dan tidak akan terinfeksi trojan atau komputernya diakses orang lain. Anggapan tersebut tidak benar, karena banyak jalan dilakukan oleh penyerang untuk menyusupkan trojan ke komputer korban.

Tanda-tanda komputer yang terserang trojan dapat diketahui dengan melihat perilaku tampilan komputer atau hasil deteksi antivirus maupun trojan scanner. Tanda-tandanya sebagai berikut:

1. Saat mengunjungi suatu situs, terdapat beberapa pop-up yang muncul dan telah mengunjungi salah satu pop-up. Namun, ketika akan mengakhiri kunjungan (tidak sepenuhnya dikunjungi), tiba-tiba browser mengarahkan dan membuka secara otomatis beberapa halaman tidak dikenal.

2. Tampilan kotak pesan yang tak dikenal tampak dilayar monitor. Pesan berisi beberapa pertanyaan yang bersifat pribadi.

3. Tampilan windows mengalami perubahan dengan sendirinya. Misalnya, teks screensaver yang baru, tanggal/waktu, perubahan volume bunyi dengan sendirinya, pointer mouse bergerak dengan sendirinya, CD-ROOM drive membuka dan menutup sendiri.

4. Outlook Expres menggunakan waktu yang cukup lama saat menutup (close) atau terlihat hank (menggantung) ketika melihat previewnya.

5. Adanya file yang rusak atau hilang.

6. Program yang tidak diketahui aktif terlihat di task list.

7. Tanda atau informasi firewall tentang outbound komunikasi dari sumber yang tidak diketahui.

Sebagian tanda-tanda di atas biasanya dilakukan oleh penyerang tingkat pemula dengan ciri memberikan tanda atau pesan di layar monitor. Hal ini berbeda dengan penyerang tingkat lanjut. Ia akan berusaha untuk menutupi dirinya dan menghilangkan jejaknya saat melakukan penyusupan.

Penyerang tingkat lanjut melakukan penyadapan dan menggunakan komputer yang terinfeksi untuk beberapa alasan yang spesifik, serta tidak menggunakan cara-cara seperti penyerang tingkat pemula. Sehingga aktivitasnya diam-diam dan tidak mencurigakan.

tags:

Related For Cara mendeteksi Trojan 1